Langsung ke konten utama

Berapa Harga Kopi Indocafe 1 Renceng? Simak Di Sini

Rasa Kopi Arabika Eksklusif, Paling Pas dan Mantap untuk Santai

Rasa kopi arabika, Kopi arabika
Rasa kopi arabika, gambar oleh Christoph dari Pixabay


Sepintaskopi.com - Ting..ting..ting, ini dia rasa kopi arabika nan spesial dan khas, siapa yang mau coba? Ada dua jenis varietas kopi yang sangat masyur di Indonesia yaitu arabika vs robusta. 

Menurut sejarah dunia perkopian, biji kopi pertama yang ditanam di Indonesia termasuk jenis arabika. 

Belanda sengaja memilih emas hitam ini karena permintaan pasar memang sedang membludak. Tak heran jika biji kopi arabika spesial bagi orang-orang kumpeni.

Ciri Rasa Kopi Arabika Nan Spesial

Minuman mengandung kafein ini sudah menyebar ke seluruh dunia dan menjadi populer di Eropa menyaingi jenis minuman beralkohol. Inilah karakter rasa khas kopi arabika yang menambah kenikmatan rasa khas kopi beraroma kuat ini.

1. Rasa Kopi Arabika Memiliki Acidity yang lebih Kuat 

Acidity merupakan tingkat keasaman kopi. Arabika mempunyai acidity yang kuat sehingga untuk kamu yang ingin mengonsumsinya pastikan sudah makan terlebih dahulu sebelumnya. 

Tingkat keasaman pada kopi arabika bisa berasal dari buah-buahan yang ditanam di sekitaran kebun kopi tersebut. Seperti halnya kopi kintamani dari Bali yang mempunyai rasa asam dari buah jeruk. 

2. Kadar Kafein Kopi Arabika Lebih Rendah 

Apabila dibandingkan dengan kopi robusta, kadar kafein pada kopi arabika jauh lebih rendah dua kali lipat yaitu mencapai 0,8-1,5%. 

Inilah yang membuat jenis kopi ini mempunyai rasa pahit yang masih bisa ditolerir oleh para penikmat kopi pemula. 

Oleh sebab kadar kafein yang rendah inilah, rasa manis dan asam pada arabika semakin bisa dirasakan.

3. Kadar Gula Kopi Arabika Lebih Tinggi

Rasa manis pada kopi arabika bisa dirasakan karena adanya kandungan glukosa yang lebih banyak. Manisnya arabika tidaklah sama dengan manisnya gula pasir. 

Jadi yang dimaksud manis di sini yaitu mirip seperti manisnya yang seperti rasa buah-buahan. Kadar gula arabika dipengaruhi oleh kondisi lingkungan tempat penanaman kopi. 

Baca juga : Kopi Hitam untuk Diet, Memang Paling Jos !

4. Keberagaman Rasa Kopi Arabika di Setiap Daerahnya

Tanaman kopi arabika akan menghasilkan rasa yang berbeda jika ditanam di daerah yang berbeda pula. Inilah mengapa di setiap daerah mempunyai ciri khas kopi arabika yang berbeda-beda.

Faktor-faktor yang mempengaruhi keunikan ini yaitu cuaca, ketinggian, jenis tanah, serta hasil persilangan. Cukup unik ya si arabika ini.

5. Warna Air Hasil Seduhan Kopi Arabika Tidak Terlalu Pekat 

Ciri khas yang melekat pada kopi arabika ini yaitu warna airnya yang tidak terlalu pekat. Berbeda halnya dengan kopi robusta yang memiliki tingkat warna seduhan yang pekat. 

Saran Penyajian untuk Memperoleh Rasa Kopi Arabika Terbaik 

Setiap minuman memiliki cara tersendiri untuk dinikmati, begitu juga dengan kopi arabika spesial ini. Untuk menghasilkan cita rasa asli dari arabika tentu ada cara khusus. 

Tujuannya, agar kamu dapat menikmati kenikmatan maksimal dari jenis kopi tersebut. Berikut ini merupakan saran penyajian kopi arabika yang bisa kamu coba.

1. Rasa Kopi Arabika Lebih Nikmat Tanpa  Tambahan Gula 

Disarankan untuk tidak menambahkan gula untuk memperoleh rasa kopi arabika yang lebih berkarakter. Pasalnya, gula justru merusak rasa otentik dari kopi. 

Selain itu, gula juga justru menambah kandungan asam pada jenis kopi ini. Padahal arabika sudah memilki acidity yang cukup tinggi dibandingkan kopi robusta.

2. Gunakan Biji Kopi Arabika Utuh untuk Rasa Kopi Arabika yang Mantap

Usahakan beli biji kopi arabika utuh dan lakukan pemrosesan sendiri agar kualitas rasa kopi arabika terjamin. Ini penting untuk mendapatkan hasil kopi yang maksimal. 

Hasil kopi yang maksimal itu bisa diperoleh khususnya saat proses pemanggangan. Pastikan tingkat pemanggangan sampai pada tingkat light roasted sampai medium. 

Baca juga : 5 Pilihan Menu Kopi Janji Jiwa yang Wajib Dicoba

3. Seduh Kopi Arabika Secepatnya Setelah Proses Penggilingan

Ambil biji kopi arabika, lalu lakukan proses penggilingan. Hasil dari proses penggilingan ini bisa langsung diseduh dengan air panas. Hasil metode ini akan memunculkan rasa kopi yang otentik. 

Nah, itulah cara penyajian kopi arabika spesial dari sepintaskopi.com sarankan. Semoga informasi mengenai rasa kopi arabika nan spesial dan khas ini bisa menambah wawasan kamu. 


Referensi

https://caswellscoffee.com/jenis-dan-karakteristik-kopi-arabika/

http://membuatkopi.blogspot.com/2016/02/membuat-kopi-arabika-dengan-cara-sederhana-tetapi-hasil-memuaskan.html

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3168689/mana-lebih-aman-kopi-arabika-atau-robusta

https://coffeeland.co.id/membuat-kopi-tetap-manis-tanpa-tambahan-gula/

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/11/083356720/apa-beda-kopi-arabica-dan-robusta

https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/perbedaan-kopi-arabika-kopi-robusta/

https://food.detik.com/info-kuliner/d-4229894/ini-5-perbedaan-kopi-arabika-dan-robusta-suka-yang-mana

https://www.gordi.id/blogs/updates/perbedaan-rasa-kopi-arabika-vs-kopi-robusta 




    

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Takaran Membuat Kopi Hitam yang Pas

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi semua, lagi cari informasi takaran membuat kopi hitam yang pas? Selamat, kamu berada di blog yang tepat. Bagi para pencinta kopi, takaran membuat kopi hitam tidak boleh dianggap sepele loh. Iya, karena inilah yang akan memperkaya cita rasa kopi hitam yang kamu buat.  Pada kesempatan kali ini segenap kru sepintaskopi.com akan membahas tuntas nih mengenai takaran membuat kopi hitam yang pas.  Nah, kami berharap semoga sedikit ulasan takaran membuat kopi hitam ini bisa membantu kamu, sahabat ngopi semua untuk menemukan rasa terbaik kopi hitammu ya. Takaran Membuat Kopi Kapal Api yang Pas Rasa kopi yang spesial akan dirasakan jika mempunyai takaran yang pas. Takaran membuat kopi kapal api juga harus diperhatikan dengan baik.  Baca juga :  Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak Lalu, apa berapa sih takaran membuat kopi kapal api yang akan menghasilkan rasa kopi yang spesial? Di sinilah jawabannya. 1. Takaran Kopi Kapal Api Takaran kopi

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m