Langsung ke konten utama

Berapa Harga Kopi Indocafe 1 Renceng? Simak Di Sini

10 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula


Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, manfaat kopi pahit tanpa gula untuk diet, bahaya minum kopi tanpa gula, manfaat minum kopi tanpa gula untuk diet, manfaat kopi pahit untuk wanita, minum kopi tanpa gula saat perut kosong
Gambar oleh stokpic dari Pixabay

Sepintaskopi.com - Manfaat minum kopi tanpa gula sebenarnya sudah tidak menjadi sebuah rahasia lagi. Kita tau tanpa menambah pemanis buatan, kopi memiliki nilai gizi yang cukup menjanjikan. 

Namun, setiap pengetahuan juga perlu selalu diperbarui kembali bukan. Konsumsi kopi tidak pakai gula bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin tetap menikmati secangkir kopi di setiap harinya.

Kenapa Harus Kopi Tanpa Gula ?

Gula adalah bahan pemanis yang seringkali digunakan untuk berbagai keperluan konsumsi. Saking banyaknya penggunaan gula kadang kita tidak sadar sudah terlalu banyak mengonsumsi gula. 

Padahal makanan dan minuman bergula bisa menjadi penyebab banyak penyakit. Apalagi kalau dikonsumsi berlebihan.

Konsumsi gula berlebih bisa memicu obesitas. Pastinya kita tau dong, kalau obesitas ini bisa menjadi trigger penyakit-penyakit yang lain. Emang harus bisa mengukur takaran pemakaian gula sih.

Nah, kalau untuk kopi hitam sendiri, penambahan gula juga harus dikontrol. Tujuannya agar tidak merusak nilai gizi yang terkandung di secangkir kopi hitam kamu itu loh. 

Lalu apa aja sih manfaat minum kopi tanpa gula? Biar tau jawabannya, yuk simak ulasan di bawah ini.

10 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula 

Bagi kamu yang suka menambahkan gula pada kopi mungkin bisa mengubah kebiasaanmu tersebut. Karena, ternyata manfaat minum kopi tanpa gula sangat banyak loh. Ini buktinya.

1. Mengurangi Kadar Kalori Pada Kopi yang Kamu Minum

Biasanya kandungan kalori pada kopi bisa diperoleh dari gula. Meskipun selain gula juga ada yang lainnya sih seperti susu dan creamer. 

Nah, dari situ kita bisa tau nih kalau kopi tanpa gula bisa mengurangi kadar kalori yang kamu konsumsi. Kalau kamu penyuka minuman manis ingat ya batas konsumsi gula maksimal sekitar 6-9 sendok teh per harinya.

Terus, emang kenapa kalau kopi kita kadar kalorinya rendah? Ingat kamu juga memperoleh kalori dari makanan yang lain. Misalnya nasi yang kamu makan tiga kali sehari, belum lagi kalau mau ngemil. 

Jadi, mengurangi gula pada kopi yang kamu minum akan mencegah kamu mengonsumsi kalori berlebihan. Dampak dari kelebihan kalori bisa menimbulkan berbagai penyakit, terlebih jika terus dibiasakan.

Ingat ya sahabat ngopi kesehatan itu penting loh. Tapi ada fakta lain nih sahabat. Secangkir kopi hitam yang tidak ditambahi gula ternyata tidak sepenuhnya bebas dari kalori.

Baca juga : Kenali 5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung dalam Kopi

Lah, terus? Tenang dulu, meskipun mengandung kalori tetapi kadarnya tidak akan membahayakan tubuh kamu kok. Itu karena kadar kalori yang terkandung sangatlah kecil.

2. Kopi Tanpa Gula Bisa Memperkecil Potensi Terkena Penyakit Pembesaran Hati

Kelainan ini disebut dengan sirosis. Penyakit ini disebabkan adanya jaringan parut di dalam hati akibat konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

Sirosis juga disebabkan oleh penggunaan jarum suntik yang sama secara bergiliran. Ini bisa terjadi karena kita tidak pernah tau jika orang yang sebelumnya memiliki penyakit hati tersebut.

Hubungan seks yang tidak aman juga turut menjadi penyebab sirosis. Sangat disarankan untuk selalu mempertahankan berat badan ideal dan mengatur pola hidup sehat.

Sebab jika sudah parah, penyakit ini bisa mengakibatkan gagal hati loh sahabat. Mau tidak mau orang yang sudah gagal hati harus melakukan transplantasi hati.

Kabar gembiranya salah satu manfaat minum kopi tanpa gula bisa mengurangi potensi seseorang terkena sirosis. Bahkan studi mencatat presentasenya bisa mencapai 44-57% loh sahabat. 

Sangat disarankan untuk mengonsumsi kopi 2-3 cangkir per harinya untuk mencegah sirosis. Luar biasa, sudah tidak perlu diragukan lagi nih manfaat minum kopi tanpa gula untuk para sahabat ngopi.  

3. Membuat Kamu Lebih Bersemangat dan Produktif

Minum kopi bisa membuat kamu lebih bersemangat dan produktif dalam menjalani hari. Ini karena kandungan kafein kopi bisa memberikan tambahan energi untuk kamu.

Selain tambahan energi kamu juga bisa lebih fokus di setiap pekerjaan yang dipercayakan kepada kamu. Sehingga kamu bisa jadi jauh lebih produktif lagi. 

Ini sudah banyak dibuktikan oleh para atlet. Mereka menggunakan kopi sebelum melakukan latihan. Tak heran jika manfaat minum kopi tanpa gula ini memang banyak dirasakan para penikmatnya.

Faktanya kafein pada kopi memang memunculkan adrenalin pada tubuh. Berdasarkan hasil riset dari suatu universitas di Inggris para peminum kopi mempunyai kemungkinan besar terhindar dari keinginan untuk bunuh diri.

Kehidupan kota yang keras seringkali memang membuat pusing kepala. Tetapi minum kopi dua sampai tiga cangkir sehari bisa membuat pikiran jadi jauh lebih fresh dan kembali bersemangat.

4. Minum Kopi Tanpa Gula Mampu Mencegah Kamu dari Kemungkinan Obesitas

Siapa sih yang ingin mengalami kegemukan, pasti tidak ada dong ya. Sebagian besar dari sahabat ngopi pasti menginginkan tubuh yang ideal dan manfaat itu ada pada minuman hitam ini.

Dengan minum kopi tanpa gula kamu sudah mengurangi kalori sekaligus membuat kafein bekerja lebih optimal. Konsumsi kafein bisa menghasilkan energi bagi tubuh.

Energi yang dihasilkan akan membuat kamu lebih produktif sehingga tidak ada sisa-sisa energi yang menjadi lemak. Justru lemak tubuh yang diubah menjadi energi. 

Kamu yang belum merasakan manfaat minum kopi tanpa gula perlu mencoba ini. Khususnya bagi kamu yang sedang melakukan program diet.

Tidak hanya mencegah obesitas, kopi tanpa gula juga bisa menurunkan berat badan. Ini keren loh sahabat ngopi sepintaskopi.com. 

5. Kopi Tanpa Gula Mampu Meningkatkan Kemampuan Otak untuk Mengingat

Sudah bukan rahasia lagi kalau minum kopi bisa mencegah terjadinya kepikunan diusia senja. Zat yang terdapat di dalam segelas kopi tanpa gula bisa mengurangi enzim penyebab kepikunan itu.

Zat itu adalah kafein yang berperan penting dalam menjaga kemampuan kognitif pada otak manusia. Sebuah studi menunjukan bahwa minum kopi setiap pagi bisa mengurangi risiko demensia.

Baca juga : 5 Langkah Mudah Memunculkan Aroma Kopi Arabika

Kebayang nggak sih sahabat ngopi kalau kepikunan itu bisa membuat penderitanya  tergantung banget sama orang lain. Tentu sahabat ngopi tidak mau kan kena demensia ini. 

6. Mengefektifkan Pembuangan Racun dari Tubuh

Efek diuretik yang ditimbulkan oleh kopi sekaligus membuang racun-racun dari tubuh. Semua racun ini dibuang melalui urin yang dikeluarkan.

Efek ini tidak akan membuat kamu dehidrasi kok. Itu karena cairan yang dikeluarkan melalui urin adalah cairan sisa metabolisme tubuh. Sedangkan cairan yang dibutuhkan sudah terserap baik di tubuh.

7. Kopi Tanpa Gula Mampu Membakar Lemak Lebih Baik

Ya, kopi bisa membakar lemak. Pernah dengar apa itu thermogenesis? Itulah sifat kopi tanpa gula yang kamu minum setiap harinya.

Menurut studi, kopi dapat mengaktifkan kinerja lemak coklat yang ada pada tubuh manusia. Lemak ini berfungsi untuk melakukan pembakaran kalori-kalori. Beda halnya dengan lemak putih.

Kalau lemak putih itu merupakan hasil dari pencadangan energi yang terlalu berlebihan. Jadi, thermogenesis itu berarti peningkatan metabolisme tubuh. Bahkan bisa mencapai lebih dari 30%. 

Buat kamu yang ingin tubuh ideal. Perhatikan manfaat minum kopi tanpa gula yang satu ini ya.

8. Membantu Kamu Terhindar dari Penyakit Jantung

Kafein kopi memberikan kontribusinya sebagai pencegah penyakit jantung. Kandungan kafein pada secangkir kopi bisa memberikan perlindungan prima pada saluran arteri dan vena yang menuju ke jantung.

Efek dari sehatnya kedua pembuluh darah tersebut adalah untuk kesehatan jantung sendiri. Sehingga proses pemompaan darah yang dilakukan oleh jantung berjalan dengan lancar.

Dari sini dapat diketahui jika kopi dan jantung juga bisa bersahabat. Paling tidak dalam hal penguatan pembuluh darah yang terhubung ke jantung.

9. Risiko Terkena Diabetes Berkurang

Minum kopi tanpa gula bisa memperkecil risiko terkena diabetes. Alasannya sudah pasti karena tanpa gula. Tapi diabetes bukan hanya disebabkan minum kopi tanpa gula ya. 

Kamu perlu juga menerapkan pola hidup yang sehat. Termasuk tidak meminum kopi dengan gula dan campuran-campuran pemanis lainnya yang justru mengurangi nilai gizi dari kopi itu sendiri.

10. Kopi Tanpa Gula Dapat Mencegah Penuaan Dini

Kalau manfaat minum kopi tanpa gula yang ini pasti banyak yang minat nih. Ingat kopi juga punya yang namanya antioksidan. Pasti sudah pada tidak asing dong dengan antioksidan ini.

Baca juga : 10 Tips Minum Kopi Agar Terhindar dari Gangguan Kesehatan

Kandungan ini memang sudah dipercaya bisa mencegah penuaan dini dengan cara menangkal radikal bebas dari sinar matahari. Selain antioksidan, kafein juga ikut berperan dalam mencegah penuaan dini.

Nah, itulah tadi manfaat minum kopi tanpa gula. Selanjutnya kita akan bahas mengenai cara minum kopi tanpa gula, manfaat minum kopi tanpa gula untuk diet, dan merk kopi hitam tanpa gula. 

Stay tune ya di sepintaskopi.com


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Takaran Membuat Kopi Hitam yang Pas

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi semua, lagi cari informasi takaran membuat kopi hitam yang pas? Selamat, kamu berada di blog yang tepat. Bagi para pencinta kopi, takaran membuat kopi hitam tidak boleh dianggap sepele loh. Iya, karena inilah yang akan memperkaya cita rasa kopi hitam yang kamu buat.  Pada kesempatan kali ini segenap kru sepintaskopi.com akan membahas tuntas nih mengenai takaran membuat kopi hitam yang pas.  Nah, kami berharap semoga sedikit ulasan takaran membuat kopi hitam ini bisa membantu kamu, sahabat ngopi semua untuk menemukan rasa terbaik kopi hitammu ya. Takaran Membuat Kopi Kapal Api yang Pas Rasa kopi yang spesial akan dirasakan jika mempunyai takaran yang pas. Takaran membuat kopi kapal api juga harus diperhatikan dengan baik.  Baca juga :  Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak Lalu, apa berapa sih takaran membuat kopi kapal api yang akan menghasilkan rasa kopi yang spesial? Di sinilah jawabannya. 1. Takaran Kopi Kapal Api Takaran kopi

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m