10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Kopi Lokal
Gambar Oleh Birgl dari Pixabay

Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga. 

Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal.


Apa itu Brand ?

Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik. 

Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu.

Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara

Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras segala sesuatu itu menjadi mungkin terjadi. 

Nah, berikut ini 10 brand kopi Indonesia yang terkenal sampai ke manca negara yang mungkin layak juga masuk dalam daftar kopi terbaik.

1. Dua Coffee

dua coffee
Sumber : goodnewsfromindonesia.id

Brand kopi Indonesia yang diusung oleh Omar Karim Prawiranegara dan Rinaldi Nur Pratama ini mampu mencapai pasar luar negeri tepatnya di Washington DC. 

Cerita ini bermula saat Omar dan Rinaldi mendapatkan dukungan dari kementrian pariwisata untuk menjajakan kopi khas Indonesia di New York. Mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan berangkat ke negeri paman sam itu.

Tidak disangka, produk mereka yang sebagian besar memakai kopi-kopi lokal diterima baik oleh masyarakat di sana. Sampai akhirnya ada tawaran dari investor di sana untuk mendirikan sebuah kedai kopi. Tanpa berpikir panjang, kedua partner bisnis ini langsung mengiyakan kesempatan tersebut.

2. Coffee Toffee

coffee toffee
Sumber : infobrand.id

Brand kopi lokal ini sempat mengalami kegagalan bahkan nyaris bangkrut, bukan karena kualitas kopi yang mereka buat tapi karena konsep pelayanan yang kurang sesuai dengan budaya lokal. Saat itu Coffee Toffee mengusung konsep take away.

Sadar bahwa konsep ini yang menjadi penyebab defisitnya pendapatannya, akhirnya owner coffee toffee mengubah konsep cafenya menjadi cafe shop. Sejak saat itu kedai mulai ramai dan sampai sekarang sudah memiliki lebih dari seratus cabang di seluruh Indonesia.

Coffee toffee tidak hanya memenuhi permintaan dari dalam negeri saja, tapi juga di luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. Kedai yang mengangkat kopi-kopi lokal sebagai produknya juga pernah dipromosikan oleh Presiden Jokowi. 

3. Tanamera Coffee

Tanamera Coffee
Sumber : tanameracoffee.com

Brand kopi lokal tanamera coffee telah menunjukan taringnya di pasar internasional. Pertengahan tahun 2019 lalu, kedai kopi ini telah hadir di negeri jiran Malaysia. 

Jumlah kedai di Indonesia sudah mencapai lebih dari 15 kedai di antaranya Jakarta, Medan, Semarang, dan Surabaya. Semuanya menjajakan kopi-kopi lokal Indonesia yang sudah terpercaya kualitasnya. 

Tidak hanya menyediakan kopi-kopi berkualitas, tanamera juga menyediakan pelatihan teknik dasar pembuatan kopi. Pendampingan ini dilakukan oleh barista profesional. Kamu yang tertarik dengan pelatihan ini bisa datang langsung ke Serpong, Tangerang. 

Kualitas produk dari kedai kopi kekinian ini sudah terbukti melalui berbagai penghargaan yang telah diperoleh. Salah satunya tanamera pernah mendapat penghargaan dari internasional coffee award sebanyak 44 kali. 

4. Kopi Janji Jiwa

kopi janji jiwa
Sumber : merdeka.com

Para kawula muda pencinta kopi pasti sudah tidak asing dengan kopi janji jiwa. Tahun 2020 ini, janji jiwa memiliki target untuk go internasional loh. Mereka yakin bahwa produk-produk yang disajikan sudah pantas untuk memasuki pasar manca negara. 

Tim kopi janji jiwa ingin agar masyarakat bisa mengenal cita rasa kopi dicampur dengan manisnya gula aren khas kopi janji jiwa. Inilah andalan produk kopi yang ditawarkan kopi yang sempat viral di media sosial karena prestasinya mengolah biji kopi.  

Baca juga : 10 Pebisnis Kopi Sukses di Indonesia dan Dunia

Kedai kopi janji jiwa pernah mendapat penghargaan dari MURI atas prestasinya sebagai kedai kopi dengan pertumbuhan tercepat hanya dalam satu tahun saja. Saat ini kopi janji jiwa sedang fokus pada penambahan jumlah outlet di seluruh Indonesia. 

5. Djournal Coffee

djournal coffee
Sumber : myguidejakarta.com

Rencana ekspansi djournal coffee mulai digaungkan pada pertengahan tahun 2018 lalu. Mereka mengincar pasar di bandara-bandara internasional yang cukup strategis. 

Bukan tanpa alasan djournal coffee berani melakukan ini. Brand kopi lokal ini pernah memperoleh penghargaan dari FAB Award 2018. Mereka menang dalam kategori airport coffee, tea, non-alcoholic beverage shop of the year. 

Kopi andalan dari kedai ini adalah sajian kopi Wamena asli dari Papua. Selain kopi Wamena juga terdapat berbagai jenis kopi lokal lainnya yang bisa Kamu nikmati.

6. Kopi Banjar Patroman

kopi banjar patroman
Sumber : tokopedia.com

Brand kopi lokal ini berasal dari Kota Banjar, Jawa Barat. Awalnya kopi banjar patroman hanya menyediakan kopi luwak saja, namun kini sudah berhasil menambah menu kopi baru, salah satunya kopi natural.

Produk kopi banjar patroman tidak hanya diminati oleh warga lokal saja, masyarakat luar negeri juga tertarik dengan produknya. Hal ini terbukti dengan aktivitas ekspor brand kopi asal Jawa Barat ini.

Bahan baku yang digunakan langsung didapat dari petani-petani di sekitar Jawa Barat. Kedai ini memang sengaja memperkenalkan kopi-kopi khas Jawa Barat yang memiliki kualitas tinggi.

7. Otten Coffee

otten coffee
Sumber : tripadvisor.com

Bisnis kopi lokal ternama ini sudah berhasil memasuki pasar luar negeri. Produk-produk dari otten coffee banyak yang telah diekspor ke berbagai negara. Salah satu negara tujuannya adalah Korea yang ketagihan dengan produk kopi mandailing. 

Tidak hanya green bean saja, kopi roasted otten coffee banyak diminati di luar negeri seperti Amerika, Australia, Singapura, Afrika, dan Jepang. Sistem bisnis yang dirancang otten coffee sangatlah rapi.

Baca juga : 7 Kedai Kopi di Semarang yang Ramah di Kantong

Mereka memiliki strategi pemasaran yang handal dengan menggandeng sejumlah blogger kopi dan banyak menghasilkan tulisan-tulisan mengenai kopi di web resminya. Tidak lupa juga memanfaatkan kanal online yang telah teroptimasi untuk media pemasaran yang efektif.

8. Kopi Minang


kopi minang solok
Sumber : LintasKopi.com

Kopi arabika khas Sumatera Barat yang satu ini mendapat respon positif dari negeri Paman Sam. Permintaan impor greenbean dari negeri tersebut sangat banyak.

Mereka menginginkan kopi Minang bisa tersediaka sebanyak 20 ton greenbean per minggu seperti yang dilansir dari harian Indonesia.id. Sayangnya, pengelola kopi Minang belum bisa menyanggupinya mengingat keterbatasan alat yang ada.

Tidak hanya Amerika saja yang tertarik, ternyata kopi Minang juga menarik perhatian Australia. Tidak sebanyak Amerika memang, mereka menginginkan 2 ton greenbean per bulannya. Meskipun begitu, kopi Minang masih belum sepenuhnya bisa menyediakan greenbean secara produktif.

9. Kopi Kenangan

Kopi kenangan
Sumber : pergikuliner.com

Kesuksesan kopi kenangan dalam menggaet pelanggan di dalam negeri dilatar belakangi harga kopi yang murah dan merakyat. Salah satu founder kopi kenangan pernah mengungkapkan jika di Indonesia masih jarang kedai kopi yang menyediakan harga kopi yang terjangkau.

Strateginya juga berhasil dengan memilih nama brand kenangan. Setiap orang pasti memiliki kenangan yang tidak mudah untuk dilupakan, itulah alasannya  memilih nama kopi kenangan.

Brand lokal ini juga dilirik oleh investor asing dari India dan Amerika. Dua investor dari Amerika tersebut adalah Jay-Z yang merupakan rapper kenamaan di Amerika dan Serena Williams, seorang atlet tenis profesional asal Amerika. 

10. Kapal Api


kopi kapal api
Sumber : shopee.co.id

Siapa yang tidak kenal dengan brand kopi instan ini. Kopi instan yang melegenda ini ternyata asli dari Indonesia. Namun, eksistensinya sudah sampai manca negara. 

Negeri Tirai Bambu contohnya, di sana kapal api berjaya juga. Pasalnya banyak sekali pebisnis online yang memasarkan produk kapal api di sana. 

Setiap brand kopi lokal mempunyai keunikannya masing-masing. Tentunya Kamu bisa cobain nih satu per satu dan mana yang paling Kamu suka? Silahkan tulis di kolom komentar ya. 




Sumber : 

https://travel.kompas.com/mengenal-kopi-kenangan-yang-diberi-suntikan-dana-oleh-jay-z
https://www.lazone.id/inspiration/inspiring-people/pemuda-ini-bikin-kopi-indonesia-go-internasional
https://mix.co.id/marcomm/news-trend/tahun-ini-tanamera-coffee-ekspansi-ke-malaysia-dan-singapura/
https://www.ayotasik.com/kopi-banjar-patroman-produk-lokal-siap-jajal-pasar-dunia
https://www.harianindonesia.id/serba-serbi/kopi-minang-brand-kopi-arabica-asli-sumbar-go-internasional.html
https://www.goodnewsfromindonesia.id/andalkan-kopi-lokal-kafe-djournal-coffee-siap-ekspansi-ke-luar-negeri
http://coffeetoffee.co.id/index.php/news/u/getberita/115
https://www.beritasatu.com/bawa-kopi-janji-jiwa-mendunia
https://www.goodnewsfromindonesia.id/coffe-toffee-dan-impian-menduniakan-indonesia
https://bisnis.tempo.co/kisah-sukses-robin-boe
https://marketeers.com/kapal-api-kopinya-kakek-bapak-sampai-anak-muda/

Komentar