Langsung ke konten utama

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas, Cara Membuat Kopi Hitam Kapal Api, Cara Membuat Kopi Bubuk, Takaran Kopi Yang Pas Berapa Gram, Takaran Buat Kopi Hitam dan Gula, Cara Membuat Kopi Biasa, Cara Membuat Kopi Hitam Kental, Cara Membuat Kopi dan Gula, Takaran Kopi Robusta
Gambar oleh Canva

Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu. 

Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam. Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua.

Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya.

5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas dan Mantap Pastinya, Cara Membuat Kopi Hitam Kapal Api, Cara Membuat Kopi Bubuk, Takaran Kopi Yang Pas Berapa Gram, Takaran Buat Kopi Hitam dan Gula, Cara Membuat Kopi Biasa, Cara Membuat Kopi Hitam Kental, Cara Membuat Kopi dan Gula, Takaran Kopi Robusta

Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder.

Baca juga : Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak

Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air minum kemasan, dan gula. Lalu inilah cara membuat kopi hitam yang pas.

1. Kopi Hitam 1 Gram

Masukan kopi hitam dengan takaran 1 gram kopi hitam. Jika kopi masih dalam bentuk biji maka kamu bisa menjadikannya bubuk dengan menggunakan grinder terlebih dahulu.

Kira-kira 1 gram kopi hitam ini setara dengan 1 sendok makan penuh bubuk kopi. Jika ingin pasti gunakan timbangan digital atau lebih baik lagi pakai timbangan khusus kopi.

2. Air 200 Mililiter

Air sebanyak 200 mililiter bisa kamu peroleh dengan cara menggunakan sendok makan juga dengan asumsi 1 sendok makan air sama dengan 15 mililiter air. Jadi bisa dihitung berapa kalinya.

3. Temperatur Air Harus Pas

Hal yang perlu diperhatikan untuk air ini adalah suhunya. Jangan sampai suhu terlalu panas dan terlalu dingin. Jika mempunyai termometer gunakan itu.

4. Gunakan Cangkir Kopi Berbahan Keramik

Kopi hitam yang nikmat adalah kopi yang tidak cepat dingin. Bahan keramik akan membuat kopi hitam kamu lebih tahan lama panasnya sehingga kamu bisa menikmatinya.

5. Teknik Mengaduk Kopi Hitam

Usahakan untuk mengaduk selama 20 detik. Setelah itu angkat sendok agar suhu yang ada pada kopi tidak turun karena tersalur melalui sendok tersebut. 

Durasi mengaduk kopi hitam selama 20 detik ini juga akan mengurangi kadar ampas yang ada meskipun sudah dilakukan penyaringan. Ampas akan lebih cepat mengendap.

Cara Membuat Kopi Hitam Kapal Api

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas dan Mantap Pastinya, Cara Membuat Kopi Hitam Kapal Api, Cara Membuat Kopi Bubuk, Takaran Kopi Yang Pas Berapa Gram, Takaran Buat Kopi Hitam dan Gula, Cara Membuat Kopi Biasa, Cara Membuat Kopi Hitam Kental, Cara Membuat Kopi dan Gula, Takaran Kopi Robusta
Gambar oleh Canva

Brand kopi ternama nusantara, kapal api adalah kopi hitam bubuk yang banyak dicari oleh para penikmat kopi hitam senior. Nah, gimana sih cara membuat kopi hitam kapal api. Selengkapnya ada di sepintaskopi.com.

1. Memilih Jenis Kopi Kapal Api Kesukaanmu

Pertama-tama yang harus dilakukan untuk membuat kopi hitam kapal api nikmat adalah memilih kopi kapal api kesukaanmu. Ada beberapa varian pilihan yang bisa kamu pilih.

Ada kapal api special, kapal api special mix, dan white coffee premium. Coba ya tiga-tiganya sama-sama bisa memanjakan lidahmu kok.

Beda antara kopi kapal api special dan special mix adalah adanya tambahan gula. Kalo yang kapal api special itu belum ada gulanya. Sedangkan, kalo kapal api special mix sudah ada gulanya.

2. Tuangkan Air Minum Kemasan Bersuhu Ruangan

Takar sedikit air bersuhu ruangan kira-kira 3 sampai 5 sendok makan. Tujuannya untuk sedikit melarutkan bubuk kopi kapal api terlebih dahulu. Cara ini merupakan alternatif cara buat kopi hita yang pas selain penggunaan air panas.

3. Tuangkan Air Panas Ke Dalam Gelas

Setelah dirasa kopi dan air tercampur, langsung tambahkan air panas. Tidak perlu sampai penuh cukup 3/4 gelas saja. Lalu aduk kembali kopi tersebut.

4. Tambahkan Gula Jika Diperlukan

Jika kamu suka menikmati kopi kapal api dengan tambahan gula maka bisa ditambahkan gula. Takaran gulanya jangan terlalu banyak ya apalagi untuk kamu yang memilih kopi kapal api special mix, kan udah ada gulanya sebenarnya.

5. Tambahkan Creamer Pada Kopi Kapal Apimu

Kamu bisa menambahkan creamer untuk menambah cita rasa kopi kapal apimu semakin mantap. Ada dua pilihan creamer yang bisa kamu pilih baik itu bubuk maupun dalam bentuk creamer siap pakai.

Baca juga : Takaran Membuat Kopi Hitam yang Pas

Karena creamer mengandung cukup banyak kalori maka batasi penggunaannya ya. Secukupnya saja jangan terlalu banyak. oke

6. Tambahkan Susu Kental Manis 

Jika tidak ada creamer kamu juga bisa kok pakai susu kental manis.

7. Tambahkan Gula Aren

Kamu juga bisa menambahkan gula aren untuk rasa kopi kapal api yang benar-benar mantap. Gula aren juga akan membuat rasa manis yang berbeda jika dibandingkan dengan gula pasir. 

Coba deh pasti kamu bakal kaget kok kopi kapal api buatanmu nggak jauh beda dengan kopi-kopi ala cafe. 

8. Nikmati Kopi Kapal Apimu

Selamat, kopi kapal api buatanmu sudah siap untuk dinikmati. 

Gimana mudah bukan cara buat kopi hitam yang pas. Selamat mencoba di rumah masing masing ya.

Cara Membuat Kopi Bubuk

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas dan Mantap Pastinya, Cara Membuat Kopi Hitam Kapal Api, Cara Membuat Kopi Bubuk, Takaran Kopi Yang Pas Berapa Gram, Takaran Buat Kopi Hitam dan Gula, Cara Membuat Kopi Biasa, Cara Membuat Kopi Hitam Kental, Cara Membuat Kopi dan Gula, Takaran Kopi Robusta
Gambar oleh Elias Falla dari Pixabay

Alasan kesehatan membuat sebagian orang memilih untuk mengolah kopi sendiri. Jika kamu tertarik maka uraian cara membuat kopi bubuk ini sangat tepat untuk kamu sahabat ngopi.

Selain memperoleh manfaat secara kesehatan, membuat kopi bubuk sendiri juga menyehatkan kantong kita. Untuk itu, yuk kita simak bersama cara membuat kopi bubuk rumahan ini.

1. Siapkan Biji Kopi yang akan dibuat

Pilih biji kopi yang masih segar. Pisahkan biji kopi yang sekiranya kurang bagus agar bubuk kopi yang dihasilkan nantinya juga berkualitas.

2. Sangrai Biji Kopi yang telah dipilih

Kemudian sangrai biji kopi tadi dengan teliti. Sangat disarankan jika proses pembakaran dengan menggunakan kayu bakar untuk hasil terbaik. 

Tapi jika tidak ada tungku, bisa juga menggunakan kompor biasa. Tak ada rotan kompor pun jadi kok.

Tunggu hingga sekiranya biji kopi sudah nampak hampir matang. Lalu ambil sedikit garam dan tambahkan ke dalam sangraian tadi.

3. Tunggu Sampai Warna Jadi Hitam Kecoklatan

Warna itu menandakan kopi sudah matang dan siap untuk digiling. Ow iya saat proses penyangraian usahakan untuk tidak ditinggal ya agar kopi tidak mengalami kematangan yang berlebihan.

4. Giling Kopi Dengan Menggunakan Grinder

Setelah kopi matang, maka langkah selanjutnya adalah melakukan penggilingan kopi. Kamu bisa menggunakan grinder, mesin blend atau alat gilingan lainnya yang ada di rumah dan mudah kamu jangkau.

5. Kopi Bubuk Buatan Rumahan Siap Dibuat

Sesudah proses penggilingan selesai. Kopi bubuk sudah bisa dibuat menjadi secangkir kopi hitam yang nikmat. 

Gimana gampangkan cara buat kopi hitam yang pas dari sepintaskopi.com. Buat kamu yang pengen tau info-info seputar kopi bisa kunjungi blog ini ya.

Referensi 

https://bacaterus.com/

https://cookpad.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Berapa Sih Kandungan Kafein Pada Kopi?

Sumber : https://nationalgeographic.grid.id/ Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi, semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini kita akan bahas kopi dari sudut pandang sains lagi nih, khususnya untuk topik kandungan kafein pada kopi. Tentu sahabat ngopi sudah tahu ya, kopi tidak bisa dijauhkan dari yang namanya kafein. Salah satu senyawa kopi ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk setiap sahabat ngopi loh. Tapi ada syaratnya, manfaat ini bisa terasa jika sahabat ngopi tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Yuk Bahas Tuntas Kandungan Kafein Pada Kopi Setiap sahabat ngopi pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat ngopi. Ada yang ingin mendapatkan fokus selama bekerja atau mencari manfaat kesehatan lainnya dari kopi. Manfaat ini salah satunya disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi. Makin penasaran kan ya, yuk kita bahas satu per satu tentang kafein di dalam kopi. 1. Kandungan Kafein Pada Secangkir Kopi Sampa

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa Bar