Langsung ke konten utama

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Cara Buat Kopi Hitam Yang Mantap

Cara Buat Kopi Hitam, Kopi Hitam, Cara Membuat Kopi Hitam Kental, Cara Membuat Kopi Hitam Tanpa Gula, Cara Membuat Kopi Hitam Kapal Api yang Enak
Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay


Sepintaskopi.com
- Cara buat kopi hitam yang mantap, gimana sih caranya? Gampang kok, semuanya bakalan dibahas tuntas di blog kesayangan kita semua.

Oke, kopi hitam ini memang legendanya kopi-kopi ya. Inilah bentuk original dari si kopi itu sendiri. Idealnya kopi hitam dinikmati tanpa gula. Tapi, tidak ada yang salah sih menikmatinya dengan gula. 

Sebenarnya tutorial cara buat kopi hitam itu sudah banyak diposting di berbagai laman. Namun itu tidak menghalangi sepintaskopi.com untuk tetap memproduksi konten-konten premium yang membahas tentang topik ini. Yuk kita langsung aja.

Cara Buat Kopi Hitam Yang Mantap

Bagaimana sih cara buat kopi hitam yang mantap? Pantengin aja hanya di sepintaskopi.com.

1. Rebus Air untuk Proses Ekstraksi Kopi Hitam

Sangat disarankan untuk memakai air minum dalam kemasan. Kenapa harus air minum dalam kemasan? Ini karena air yang digunakan akan berefek pada rasa kopi hitam kamu nantinya. 

Gunakan dua cangkir air minum dalam kemasan. Takaran ini akan mempengaruhi tingkat kekentalan kopi juga nantinya. Jika ingin hasil yang lebih kental bisa mengurangi takaran airnya.

2. Tuang Bubuk Kopi Ke Dalam Tempat Merebus Air

Setelah air nyaris mendidih, kamu bisa menambahkan kopi ke dalam tempat tersebut. Pastikan dahulu airnya ya. 

Selain itu jangan lupa juga untuk mengecilkan apinya saat proses penyeduhan kopi. Agar air tidak cepat menguap. 

3. Aduk Kopi Hitam Pelan-Pelan Saja

Selanjutnya ambil sendok dan aduk kopi hitam secara perlahan-lahan. Tunggu sampai air mendidih, setelah itu kamu dapat mematikan kompornya. 

4. Saring Kopi Hitam Perlahan

Nah, langkah selanjutnya saring kopi hitam yang telah mendidih tadi. Ambil gelas atau cangkir kopi yang biasa kamu gunakan. Jangan lupa pilih saringan kopi yang berkualitas agar ampas kopi hitam bisa terpisah dengan sempurna.

Taruh saringan di atas gelas atau cangkir kopi. Lalu tuangkan kopi hitam ke dalamnya. 

5. Kopi Hitam Siap di Nikmati

Setelah selesai disaring, maka kopi hitam buatan kamu sudah siap untuk dinikmati. Bagi kamu yang biasa menambah gula bisa ditambahkan secukupnya saja. 

Baca juga : 5 Kopi Lokal Arabika Indonesia, Silahkan Dicoba

Kamu bisa memilih jenis cangkir dengan berbahan keramik yang akan membuat kopimu lebih lambat dinginnya. 

Cara Membuat Kopi Hitam Kental 

Setelah tau gimana cara buat kopi hitam yang mantap, sekarang yuk belajar juga cara membuat kopi hitam kental. Buat para pecintak kopi hitam kental wajib tau nih cara membuat kopi hitam kental ini.

Gimana sih caranya? Yuk simak hanya di sepintaskopi.com.

1. Takar Kopi Hitam Dengan Tepat

Jika kamu ingin tau cara membuat kopi hitam kental maka harus tau juga takaran yang tepat bubuk kopi hitam. Kurang lebih untuk memperoleh kopi hitam kental membutuhkan 3 sendok makan bubuk kopi hitam. 

2. Rebus air untuk Ekstraksi Kopi Hitam Di Panci

Proses ini sama dengan cara membuat kopi hitam yang mantap pada poin sebelumnya. Takaran airnya cukup dengan dua cangkir air kemasan. 

3. Masukan Kopi Hitam Ke Panci

Kemudian sahabat ngopi bisa langsung memasukan kopi hitam yang sudah ditakar tadi ke dalam panci. Usahakan masukan kopi hitam sebelum air mendidih. 

4. Kecilkan Nyala Api Sambil Aduk Kopi Hitam

Setelah itu kecilkan nyala api agar kopi tidak cepat menguap. Sembari menunggu kopi mendidih aduk kopi hitam tersebut. 

5. Saring Kopi  Hitam ke Dalam Gelas

Sesudah kopi sudah mendidih, kamu bisa menuangkan kopi ke dalam gelas. Tapi jangan lupa disaring ya, untuk menghilangkan ampas kopinya.

6. Kopi Hitam Kental Siap Dinikmati

Nah, setelah selesai menyaring kopi, kamu udah bisa menikmatinya. Bisa juga menambah kopi hitam dengan gula sesuai dengan selera. Gimana ? cara membuat kopi hitam kental gampangkan. Cobain ya.

Cara Membuat Kopi Hitam Tanpa Gula

Nah, sekarang sepintaskopi.com juga akan membahas kembali tentang cara membuat kopi hitam tanpa gula nih. Kopi tanpa gula sangat penting untuk kesehatan kalian loh para sahabat ngopi. So, tetap stay tune di sepintaskopi.com ya.

1. Takar Kopi Hitam Pilihanmu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menakar kopi hitam yang akan kamu buat. Kamu ingin kopi hitam kental atau encer ya tinggal menyesuaikan saja seperti cara membuat kopi hitam kental atau cara membuat kopi hitam mantap di atas.

2. Didihkan Air di Dalam Panci Sebelum Kopi Hitam Dimasukan

Sama seperti cara membuat kopi hitam sebelumnya, silahkan didihkan air di dalam panci. Lalu sebelum air mendidih masukan kopi hitam yang telah ditakar.

3. Saring Kopi Hitam Setelah Air Mendidih

Setelah air kopi hitam mendidih, saring air tersebut dan masukan ke dalam gelas atau cangkir khusus kopi.

4. Kopi Hitam Siap Dinikmati

Kopi hitam tanpa gula sudah siap dinikmati. Selamat menikmati. 

Cara Membuat Kopi Hitam Kapal Api yang Enak

Kopi kapal api, merk kopi sachet yang sudah merakyat di Indonesia sejak lama. Bagi para sahabat ngopi yang suka bikin kopi ini, nih sepintaskopi.com juga akan kasih tau cara membuat kopi hitam kapal api yang enak.

1. Pilih Varian Kopi Hitam Kapal Api

Kopi kapal api sebagai merk ternama kopi hitam di Indonesia memiliki berbagai varian. Kamu bisa pilih mana yang sesuai dengan selera kamu.

Ada kapal api white coffee, kapal api special mix, dan kapal api special. Kalo kopi kapal api white coffee dia memiliki tingkat kekentalan yang lebih tinggi dibanding kedua kopi lainnya.

Kopi kapal api special, dia kopi hitam tanpa tambahan gula. Sedangkan untuk kopi hitam special mix, udah ada gulanya. Tinggal pilih aja ya.

2. Tuangkan Air dengan Suhu Ruangan

Tujuannya agar kopi terasa lebih ramah dimulut. Serta rasa bubuknya bisa lebih berkurang. Ini akan memberikan rasa yang nikmat serta aroma yang maksimal pada kopi hitam yang kamu buat.

3. Tambahkan Air Panas Ke Kopi Hitam Tadi

Setelah larut di air suhu ruangan, masukan air panas ke dalamnya. Pastikan kamu menggunakan air yang panas yang memang baru saja didihkan. Jangan air panas yang tersimpan di dalam termos dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga : Kopi Hitam untuk Diet, Memang Paling Jos !

Ini akan membuat rasa kopi hitam kamu kurang mantap. Apalagi kalo kamu memakai air panas yang sudah mendingin lalu kamu panaskan lagi. Rasa air setelah didihkan akan berbeda dan ini akan mempengaruhi rasa kopi hitam kapal apimu nantinya.

4. Gunakan Air Dengan Suhu di atas 90 Derajat Celsius untuk Aroma Kopi Maksimal

Suhu air juga perlu diperhatikan. Pastikan jika suhu air sudah mencapai di atas 90 derajat celsius. Jangan sampai kurang dari itu karena akan berpengaruh terhadap keluarnya aroma kopi hitam yang kamu racik tadi.

5. Tambahkan Pemanis Ke dalam Kopi Hitam Kamu

Buat kamu yang lebih suka kopi hitam kapal api yang manis bisa tambahkan berbagai macam pemanis. Entah itu gula pasir, creamer, susu kental manis, gula aren, coklat dan sebagainya. Takar sesuai selera dan pastikan tidak terlalu banyak.

6.  Pilih Cangkir Khusus Kopi Hitam

Kopi hitam sangat nikmat diminum sewaktu panas. Maka tempat khusus kopi hitam juga harus disiapkan. Pilih cangkir keramik yang sudah teruji bisa mempertahankan suhu kopi yang kamu buat. Gimana ? Mudahkan cara membuat kopi hitam kapal api yang enak. 

Itu dia sahabat ngopi cara buat kopi hitam yang mantap ala sepintaskopi.com. Selanjutnya akan ada banyak topik seputar kopi yang akan dibahas di sini. 

Referensi

Bacaterus.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Berapa Sih Kandungan Kafein Pada Kopi?

Sumber : https://nationalgeographic.grid.id/ Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi, semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini kita akan bahas kopi dari sudut pandang sains lagi nih, khususnya untuk topik kandungan kafein pada kopi. Tentu sahabat ngopi sudah tahu ya, kopi tidak bisa dijauhkan dari yang namanya kafein. Salah satu senyawa kopi ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk setiap sahabat ngopi loh. Tapi ada syaratnya, manfaat ini bisa terasa jika sahabat ngopi tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Yuk Bahas Tuntas Kandungan Kafein Pada Kopi Setiap sahabat ngopi pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat ngopi. Ada yang ingin mendapatkan fokus selama bekerja atau mencari manfaat kesehatan lainnya dari kopi. Manfaat ini salah satunya disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi. Makin penasaran kan ya, yuk kita bahas satu per satu tentang kafein di dalam kopi. 1. Kandungan Kafein Pada Secangkir Kopi Sampa

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa Bar