Langsung ke konten utama

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

5 Kopi Lokal Arabika Indonesia, Silahkan Dicoba

Kopi Lokal Arabika Indonesia, Kopi Lokal Robusta, Jenis Kopi Di Indonesia,

Sepintaskopi.com - Kopi lokal arabika Indonesia memang sudah jadi idola di lidah pecinta kopi lokal. Dan inilah kenapa sampai hari ini Indonesia masih menjadi salah satu negara pengekspor kopi besar yang diakui banyak negara. 

Kualitas kopi lokal arabika Indonesia tidak perlu lagi dipertanyakan. Dari segi rasa, kopi lokal arabika Indonesia memberikan rasa kopi yang mantap, ditambah dari segi aroma yang khas nusantara di mana setiap daerah memiliki karakter yang berbeda-beda. 

Jenis Kopi di Indonesia 

Sebelum membahas tentang kopi lokal arabika Indonesia, mungkin kita juga perlu tau mengenai jenis kopi di Indonesia. Sebenarnya, apa saja sih kopi-kopi yang tumbuh subur di negeri nusantara raya ini. Nah ini dia penjelasannya singkatnya.

1. Kopi Lokal Arabika

Bisa dibilang arabika ini sesepuhnya kopi di Indonesia. Lantaran inilah jenis kopi di Indonesia yang pertama kali menginjakan kaki di bumi pertiwi. 

Tapi sayang, penanaman kopi lokal arabika sempat mengalami masalah karena serangan hama. Hama ini adalah karat daun yang merusak tanaman kopi arabika tersebut. 

Selain hama, kegagalan juga disebabkan oleh datangnya banjir yang membuat tanaman kopi terendam dan rusak pada masa kolonial Belanda. Sampai akhirnya ditemukan solusi untuk menanam tanaman ini pada wilayah yang lebih tinggi. 

2. Kopi Lokal Robusta

Selanjutnya, adalah kopi lokal robusta yang terkenal dengan rasanya yang cenderung pahit. Jika ada yang bertanya di mana bisa menemukan kopi robusta terbaik  di Indonesia maka jawabannya adalah di Kota Lampung. 

Baca juga : Kopi Hitam Untuk Diet Memang Paling Jos !

Di sana kamu dapat menemui dan merasakan nikmatnya kopi robusta terbaik di Indonesia itu. Biasanya robusta dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan kopi lokal arabika.   

3. Kopi Lokal Liberika  

Kalo kopi lokal arabika bisa dibilang sesepuhnya kopi nusantara, beda lagi dengan kopi lokal liberika ini. Dia sangat tepat dijuluki si kopi raksasa, karena buahnya bisa mencapai dua kali lipat buah kopi arabika maupun robusta. 

Sayangnya, meskipun besar buahnya menjanjikan tapi ukuran biji kopinya hanya 10% dari total ukuran buahnya. Tapi kopi lokal liberika ini memiliki rasa yang khas, tidak kalah dengan kopi arabika maupun robusta.

Arabika, Kopi Yang Paling Wangi 

Yah, bisa dikatakan kalo kopi lokal arabika memiliki aroma yang nikmat. Tapi tentunya ini sangat relatif karena tidak semua orang bisa menikmati aroma kopi yang paling wangi bagi para pencinta kopi.

Wangi kopi bisa terasa setelah biji kopi diroasting. Apalagi setelah disajikan dalam bentuk minuman kopi. Wah pasti dapet deh aromanya.

5 Kopi Lokal Arabika Indonesia

Setelah tau sedikit tentang kopi lokal Indonesia, sekarang saatnya masuk pada topik utama kita hari ini yaitu kopi lokal arabika Indonesia. Apa saja itu? Yuk simak di sepintaskopi.com.

1. Arabika Gayo khas Aceh

Siapa sih yang nggak tau arabika gayo? Pasti sudah pada tau kan ya asal usul kopi lokal arabika Indonesia yang satu ini. Ya kopi lokal yang ada di ujung bagian barat Indonesia ini pernah menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Bayangin tuh, kopi termahal loh sobat ngopi yang budiman.

Pertanyaannya kenapa kok bisa jadi yang termahal? Karena karakteristik yang ada pada kopi ini benar-benar digemari oleh warga dunia. 

Baca juga : 5 Pilihan Menu Kopi Janji Jiwa yang Wajib Dicoba

Salah satu kopi lokal arabika Indonesia ini mempunyai karakter yang kuat di antaranya pada bagian rasanya yang mempunyai sensasi rempah. Rempah sebagai cita rasa alami yang jarang dijumpai di Benua Amerika dan Eropa menjadikan kopi lokal ini nomor wahid di dunia.  

2. Arabika Toraja Khas Sulawesi

Ini dia arabika toraja, kopi wangi yang bikin hati jadi lebih hepi. Yah, kopi lokal Indonesia yang bisa kamu temukan di Pulau berbentuk huruf K ini sudah jadi incaran banyak warga. Bahkan, arabika toraja khas Sulawesi ini sudah punya pasar tersendiri di negeri sakura. Nggak nyangka kan?

Cita rasa rempah dari kopi lokal ini juga cukup kentara. Ditambah juga dengan tingkat keasamannya yang medium untuk kopi arabika, menjadikan arabika toraja menang di hati para pecinta kopi.  

3. Arabika Lintong Khas Sumut

Setelah ke Pulau Sulawesi menikmati kopi lokal arabika toraja, sekarang kita balik lagi ke Sumatera nih tepatnya di Lintong, Kabupaten Humbang Hasundutan. Di sini ada kopi arabika lintong khas Sumatera Utara.

Berbeda dengan dua kopi arabika sebelumnya, arabika lintong memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Tapi, tentunya ini tidak masalah untuk para sobat ngopi yang gemar akan kopi lokal arabika Indonesia yang satu ini dong ya. 

Selain memiliki tingkat keasaman yang tinggi, arabika lintong juga memiliki aroma khasnya yang wangi. Ini nih yang bikin penasaran mau nyobain.

4. Arabika Wamena, Khas Papua

Dari barat, kita kembali lagi ke timur tepatnya di Papua. Di sini kita bisa menemukan arabika wamena yang bibit pertamanya berasal dari kopi arabika blue montain yang ada di Jamaika. Keunggulan dari arabika wamena adalah cara penanaman kopi ini yang masih organik.

Ini berdampak pada cita rasa arabika wamena yang kuat. Dia punya sensasi floral, aroma yang mantap serta rasa rempah yang pas. Sekedar info saja, arabika wamena ini banyak dicari oleh para eksportir.

5. Arabika Kintamani, Khas Bali

Inilah dia kopi lokal arabika Indonesia yang terakhir yaitu arabika kintamani, khas pulau dewata. Sama halnya dengan arabika wamena, arabika kintamani ditanam secara organik. Tidak ada pemakaian bahan kimia sedikitpun. 

Selain ditanam secara organik arabika kintamani juga banyak diproses dengan pengeringan alami dari sinar matahari langsung. Untuk cita rasanya sendiri salah satu kopi lokal arabika Indonesia ini sangat unik. 

Uniknya dikarenakan mempunyai cita rasa dengan aroma fruty cenderung ke jeruk. Mungkin karena sekitar tanaman arabika banyak ditanami buah jeruk yang menambah cita rasa dari arabika kintamani ini. 

Nah, sobat ngopi itu dia tadi ulasan sepintaskopi.com tentang 5 kopi lokal arabika Indonesia, silahkan dicoba ya. Semoga bisa meramaikan khasanah dunia perkopian di bumi nusantara tercinta ini.

Referensi

Ahlikopilampung.com

Sentrakopi.com

Kompasiana.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Berapa Sih Kandungan Kafein Pada Kopi?

Sumber : https://nationalgeographic.grid.id/ Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi, semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini kita akan bahas kopi dari sudut pandang sains lagi nih, khususnya untuk topik kandungan kafein pada kopi. Tentu sahabat ngopi sudah tahu ya, kopi tidak bisa dijauhkan dari yang namanya kafein. Salah satu senyawa kopi ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk setiap sahabat ngopi loh. Tapi ada syaratnya, manfaat ini bisa terasa jika sahabat ngopi tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Yuk Bahas Tuntas Kandungan Kafein Pada Kopi Setiap sahabat ngopi pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat ngopi. Ada yang ingin mendapatkan fokus selama bekerja atau mencari manfaat kesehatan lainnya dari kopi. Manfaat ini salah satunya disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi. Makin penasaran kan ya, yuk kita bahas satu per satu tentang kafein di dalam kopi. 1. Kandungan Kafein Pada Secangkir Kopi Sampa

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa Bar