5 Menit Mengenal Kopi Lokal

Sumber : Elias Shariff Falla Mardini dari Pixabay 

Sepintaskopi.comSahabat ngopi pasti sudah banyak yang tahu ya tentang kopi lokal asli dari Indonesia. Ya betul sekali, ada tiga jenis kopi lokal yang ditanam di Indonesia yaitu kopi arabika, robusta, dan liberika. Ketiga jenis kopi tersebut telah lama ada di Indonesia sejak zaman penjajahan. 

Bagi sahabat ngopi yang ingin tahu bagaimana ciri khas dari masing-masing kopi lokal bisa nih simak ulasan berikut ini. Sebab, dengan mengenal kopi lokal bisa membuat sahabat ngopi semakin tahu sehingga tidak ketinggalan informasi seputar kopi.

Mengenal Kopi Lokal Asli Indonesia

Kopi lokal di negeri yang dahulu pernah menggunakan berbahasa sansekerta ini telah banyak dikenal sampai penjuru dunia. Jadi akan sangat disayangkan jika sahabat ngopi tidak mengenalnya. Ada istilah tak kenal maka tak sayang, maka sekarang saatnya kita mengenal kopi lokal Indonesia yang melegenda ini.

1. Kopi Arabika


Sumber :  Bronisław Dróżka dari Pixabay 

Penanaman kopi arabika sempat mengalami kegagalan karena terserang hama karat daun dikala masa penjajahan Belanda. Ini menunjukan jika kopi ini memiliki antibodi yang lemah karena rentan terkena hama khususnya karat daun. 

Baca juga : 10 Fakta Menarik Tentang Kopi di Indonesia

Namun, usut punya usut ternyata arabika adalah jenis kopi yang paling banyak digemari loh. Uniknya lagi, jenis ini memiliki cita rasa dan aroma berbeda saat ditanam di tanah yang berbeda sehingga rasanya sangat bervariasi. 

2. Kopi Robusta


Sumber :  ongconoicoffee dari Pixabay 

Berbeda dengan kopi arabika, kopi robusta mempunyai ketahanan yang kuat terhadap karat daun. Ini terbukti saat masa kolonial Belanda, kopi robusta tumbuh subur di lahan kopi arabika. Perawatan kopi robusta ini lebih mudah dibandingkan kopi arabika. 

Baca juga : Cara Membuat Kopi Robusta Untuk Penderita Maag

Cita rasa yang dimiliki cenderung pahit karena kandungan kafeinnya yang tidak sedikit. Sampai saat ini kopi robusta menempati peringkat pertama sebagai komoditas terbesar di antara kedua jenis kopi lokal lainnya.   

3. Kopi Liberika  


Sumber : travelingyuk.com/

Mengenal kopi lokal akan terasa kurang jika belum mengulas kopi liberika. Varietas kopi liberika merupakan yang paling sedikit ditanam di Indonesia. Sahabat ngopi bisa tuh mengunjungi Kabupaten Kepulauan Meranti di Riau yang merupakan lokasi kopi liberika banyak ditanam.

Jika kita lihat dari daya tahannya, kopi liberika sebenarnya mampu bertahan di lahan gambut. Tidak hanya mampu bertahan, bahkan bisa tumbuh dengan baik di sana. Selain itu tanamannya juga cukup baik dalam menghadapi serangan penyakit. 

Oke sahabat ngopi, itu tadi merupakan perkenalan singkat kita dengan kopi lokal yang ada di Indonesia. Jangan lupa untuk terus update pengetahuanmu di sepintaskopi.com ya karena akan ada banyak info menarik seputar kopi lainnya.




Sumber :

https://pdfs.semanticscholar.org/cffe/afa2f07894416a940b4436b71f0f01587ab0.pdf
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/7-jenis-kopi-lokal-asli-indonesia-yang-sukses-mendunia/full
http://itpc.or.jp/wp-content/uploads/2017/01/Market-Intelligence-2015-Kopi-dan-Produk-Kopi.pdf

Komentar