Langsung ke konten utama

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Takaran Membuat Kopi Hitam yang Pas

Takaran Membuat Kopi Hitam yang Pas, Takaran Membuat Kopi Kapal Api yang Pas, Takaran Membuat Kopi Susu, Takaran Membuat Kopi Robusta, Takaran Kopi Tubruk
Gambar oleh Canva

Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi semua, lagi cari informasi takaran membuat kopi hitam yang pas? Selamat, kamu berada di blog yang tepat.

Bagi para pencinta kopi, takaran membuat kopi hitam tidak boleh dianggap sepele loh. Iya, karena inilah yang akan memperkaya cita rasa kopi hitam yang kamu buat. 

Pada kesempatan kali ini segenap kru sepintaskopi.com akan membahas tuntas nih mengenai takaran membuat kopi hitam yang pas. 

Nah, kami berharap semoga sedikit ulasan takaran membuat kopi hitam ini bisa membantu kamu, sahabat ngopi semua untuk menemukan rasa terbaik kopi hitammu ya.

Takaran Membuat Kopi Kapal Api yang Pas

Rasa kopi yang spesial akan dirasakan jika mempunyai takaran yang pas. Takaran membuat kopi kapal api juga harus diperhatikan dengan baik. 

Baca juga : Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak

Lalu, apa berapa sih takaran membuat kopi kapal api yang akan menghasilkan rasa kopi yang spesial? Di sinilah jawabannya.

1. Takaran Kopi Kapal Api

Takaran kopi kapal api sebanyak 1 sendok makan. Kalau ditimbang, satu sendok makan kopi hitam kapal api itu beratnya kurang lebih 8-9 gram. 

2. Takaran Gula untuk Membuat Kopi Kapal Api

Untuk gula, tentunya setiap sahabat ngopi punya selera masing-masing dalam menakar gula. Bahkan, ada yang lebih memilih untuk tidak menambahkan gula. Itu bebas- bebas saja tentunya.

Tapi untuk kamu yang lebih suka menikmati dengan gula, sepintaskopi.com menyarankan untuk menggunakan gula sebanyak setengah sendok makan, atau kalau mau presisi bisa 7 gram aja.

3. Takaran Air Panas untuk Membuat Kopi Kapal Api 

Kurang lebih 200 ml. Untuk menghitungnya kamu bisa menggunakan gelas yang memang sudah ada ukuran mililiternya. 

Atau jika tidak ada bisa gunakan sendok makan dengan hitungan satu sendok makan itu dapat memuat 15 ml air. Jadi tinggal dibagi aja ya.  

Takaran Membuat Kopi Susu

Buat kamu yang kurang suka dengan kopi hitam polos tanpa tambahan apapun, bisa coba untuk buat kopi susu sesuai takaran membuat kopi susu ala sepintaskopi.com.

Sebelum masuk ke pembahasan takaran membuat kopi susunya, siapkan dulu bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan ya.  Kalo udah yuk langsung aja kita bahas.

1. Takaran Kopi Hitam

Biang kopi ini bisa berupa kopi espreso. Tapi untuk kamu yang tidak mempunyai alat untuk membuat espreso bisa juga menggunakan kopi sachet seperti kopi kapal api contohnya. 

Takaran kopi yang dibutuhkan sebanyak 1 sendok teh kopi hitam untuk seperempat gelas air mendidih. 

2. Takaran Susu untuk Kopi Susu

Kamu bisa menggunakan jenis susu UHT atau jenis susu pasteurisasi. Takaran susu untuk membuat kopi susu yang pas bisa 100-120 ml.

3. Takaran Pemanis untuk Kopi Susu

Kopi susu akan lebih enak jika menggunakan tambahan pemanis. Pilihan pemanis kopi susu bisa menggunakan gula aren, susu kental manis, maupun gula pasir. 

Untuk takarannya sesuai selera sahabat ngopi semua yah. Sangat disarankan untuk mencairkan gula aren untuk mendapatkan rasa yang nikmat.

4. Takaran Creamer Kopi Susu

Ini rahasia dari rasa creamy kopi susu apalagi kalo bukan creamer. Tambahkan kurang lebih 20 gram creamer. Kamu bisa mencoba sendiri berapa takaran yang menurut kamu pas ya.

Takaran Membuat Kopi Robusta

Nah, setelah selesai membahas tentang takaran membuat kopi kapal api dan takaran membuat kopi susu yang pas, sekarang kita lanjut nih untuk membahas takaran membuat kopi robusta. 

Sebenarnya kopi robusta ini juga punya takarannya sendiri. Tapi balik lagi ke masing-masing karena setiap orang punya selera yang berbeda-beda.

Baca juga : Cara Buat Kopi Hitam Yang Mantap

Berapa sih takaran membuat kopi robusta untuk memperoleh rasa yang pas? Ini dia persembahan dari sepintaskopi.com.

1. Takaran Kopi Robusta

Segelas kopi robusta yang nikmat bisa ditakar sebanyak 1 gram kopi. Disarankan untuk menggunakan kopi yang baru saja digiling untuk mendapatkan rasa terbaiknya.

2. Takaran Air Panas

Untuk air panas, sepintaskopi.com menyarankan 150 ml air panas. Gunakan air minum kemasan untuk hasil yang maksimal. Hindari menggunakan air hasil penyulingan.

Takaran Kopi Tubruk

Bahasan selanjutnya kita akan membahas tentang takaran kopi tubruk. Mungkin kopi tubruk ini banyak disukai oleh sahabat ngopi yang nggak suka ribet-ribet untuk menikmati minuman dari biji emas hitam ini.

Nah, untuk memperoleh rasa kopi tubruk yang pas maka perlu takaran kopi tubruk yang pas juga. Ini dia ulasannya.

1. Takaran Kopi untuk Kopi Tubruk

Satu gelas kopi tubruk bisa ditakar sebanyak 20 gram kopi hitam. Kamu bisa menggunakan kopi sachet atau kopi asli dari biji kopinya. Takaran kopi tubruk ini bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu juga ya.

2. Takaran Air untuk Kopi Tubruk

Air yang dibutuhkan untuk membuat segelas kopi tubruk adalah 200 ml. Gunakan air yang segar tidak berbau.

Kamu bisa memilih mana nih kopi yang kamu suka untuk dibuat. Jika takaran membuat kopi hitam ini kurang sesuai dengan selera kamu, kamu bisa melakukan eksperimen sendiri sampai menemukan takaran yang pas.

Referensi

https://kopikopikopi.com/

https://medium.com/

https://travel.kompas.com/

https://www.kopimat.com/

https://youtu.be/L96L32VjGwU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Berapa Sih Kandungan Kafein Pada Kopi?

Sumber : https://nationalgeographic.grid.id/ Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi, semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini kita akan bahas kopi dari sudut pandang sains lagi nih, khususnya untuk topik kandungan kafein pada kopi. Tentu sahabat ngopi sudah tahu ya, kopi tidak bisa dijauhkan dari yang namanya kafein. Salah satu senyawa kopi ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk setiap sahabat ngopi loh. Tapi ada syaratnya, manfaat ini bisa terasa jika sahabat ngopi tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Yuk Bahas Tuntas Kandungan Kafein Pada Kopi Setiap sahabat ngopi pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat ngopi. Ada yang ingin mendapatkan fokus selama bekerja atau mencari manfaat kesehatan lainnya dari kopi. Manfaat ini salah satunya disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi. Makin penasaran kan ya, yuk kita bahas satu per satu tentang kafein di dalam kopi. 1. Kandungan Kafein Pada Secangkir Kopi Sampa

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa Bar