Langsung ke konten utama

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak

Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak,Cara Membuat Kopi Dari Biji Kopi, Cara Membuat Kopi Ala Barista, Cara Membuat Kopi Tubruk, kopi hitam

Sepintaskopi.com - Cara membuat kopi hitam yang enak bukanlah perkara sulit. Ya, asal sahabat ngopi berani melakukan eksperimen sendiri kira-kira mana sih kopi hitam yang pas untuk sahabat ngopi semua.

Tapi tenang, kali ini sepintaskopi.com akan mencoba memberikan sedikit pengetahuan tentang cara membuat kopi hitam yang enak. Gimana sih caranya? Yuk simak di sini aja ya.

Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak

Tanpa perlu berlama-lama, ini dia ulasannya. Semoga bisa memberi inspirasi bagi sahabat ngopi semua ya.

1. Rebus Air Secukupnya untuk Kopi Hitam

Langkah pertama untuk membuat kopi hitam yang enak yang pasti rebus dulu airnya ya. Disarankan menggunakan air minum kemasan. 

Silahkan dicoba sendiri mana sih air minum kemasan yang paling cocok untuk kamu.

2. Ambil Gelas atau Cangkir Khusus Kopi Hitam

Lalu kamu bisa mengambil gelas atau cangkir. Pilih gelas yang memang bisa menahan panas lebih lama ya. Biasanya gelas atau cangkir yang berbahan keramik.

3. Takar Gula Pasir untuk Kopi Hitam Kurang Lebih 1-2 Sdm

Sebenarnya ini tergantung selera dan juga harus disesuaikan dengan ukuran gelas atau cangkir yang digunakan. Namun, umumnya takaran gula pasir yang pas kurang lebih 1-2 sdm.

4. Takar Kopi Hitam Kamu Kurang Lebih 2 Sdm

Langkah selanjutnya, kamu bisa menakar kopi hitam kamu. Takarannya cukup 2 sdm saja. Ambil dan tuangkan langsung ke dalam gelas.

5.  Tuangkan Air Panas Ke dalam Gelas 

Selanjutnya kamu bisa langsung menuangkan air panas ke dalam gelas. Tahap pertama isi gelas dengan air panas sebanyak seperempat gelas. 

Lalu aduk kopi hitam tersebut. Setelah tercampur rata tambahkan lagi air panasnya. 

6. Kopi Hitam Enak Siap Dinikmati

Nah, sekarang kopi hitam buatan kamu sudah siap untuk dinikmati. Selamat mencoba ya. 

Gimana ? Ternyata mudah bukan cara membuat kopi hitam yang enak ini. Jangan lupa untuk terus update informasi menarik seputar kopi hanya di sepintaskopi.com

Baca juga : Cara Buat Kopi Hitam Yang Mantap

Selain cara simpel tersebut, sebagai penikmat kopi juga harus tau nih cara membuat kopi dari biji kopi langsung. Penasaran? Infonya ada di sini ya.

Cara Membuat Kopi Dari Biji Kopi 

Sahabat ngopi yang senang mencoba hal baru bisa coba cara membuat kopi dari biji kopi asli. Nah, bedanya kalo biasanya bikin kopi berbentuk bubuk, sekarang bikin kopi berbentuk biji.

Keuntungan menggunakan cara ini adalah aroma kopi hitam yang dibuat akan lebih mantap. Selain itu cara membuat kopi dari biji kopinya langsung menunjukan kualitas kopi asli. 

Biasanya kopi-kopi bubuk sudah ditambahi bahan-bahan lain. Langsung aja ya sahabat ngopi, ini dia cara membuat kopi dari biji kopi.

1. Proses Penggilingan Biji Kopi Hitam

Langkah pertama yang harus sahabat ngopi lakukan adalah proses penggilingan biji kopi hitamnya. Sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu mesin penggiling yang akan digunakan. 

Pastikan mesin penggiling sudah bersih dan siap digunakan. Karena hal tersebut yang akan mempengaruhi rasa dari si kopi hitam yang akan kamu buat. 

Giling biji kopi secukupnya saja, untuk takarannya bisa menggunakan perbandingan 1 : 15, 1 untuk kopi dan 15 untuk air yang digunakan. 

Oh iya ada tips untuk cara membuat kopi dari biji kopi jika dirasa terlalu banyak, simpan diwadah yang tidak terjangkau sinar matahari karena akan merusak kualitas kopi yang telah digiling. Pastinya gunakan wadah yang kedap udara juga ya.

2. Didihkan Air Minum Kemasan untuk Kopi Hitam

Selanjutnya sahabat ngopi bisa mendidihkan air untuk kopi hitam tersebut. Perhatikan suhu air yang akan digunakan yaitu di atas 90 derajat Celcius.

3. Ambil Kopi Hitam Yang Telah Digiling

Lalu sahabat ngopi bisa langsung mengambil kopi hitam yang telah selesai digiling tadi. Dan memasukannya ke dalam sebuah gelas. 

Setelah itu tambahkan air panas tadi ke dalam gelas yang sudah terisi kopi hitam.

4. Aduk Kopi Hitam Hingga Merata

Setelah itu sahabat ngopi bisa mengaduk kopi tersebut hingga tercampur merata. Kemudian tambahkan susu kental manis untuk rasa yang lebih nikmat.

5. Kopi Hitam Dari Biji Kopi Siap Dinikmati

Sekarang adalah langkah terakhir dari cara membuat kopi dari biji kopi yaitu menikmatinya. Selamat menikmati ya sahabat ngopi.  

Cara Membuat Kopi Ala Barista

Wah, menarik nih, gimana sih cara membuat kopi ala barista? Barista adalah peracik kopi profesional yang sudah tidak diragukan lagi kehandalannya.

Jadi, pasti deh kopi-kopi bikinan para barista ini numero uno deh. Tapi apa cuma barista aja yang bisa bikin kopi enak? 

Tentu tidak sahabat ngopi, semua orang bisa kok. Simak cara membuat kopi ala barista berikut ini ya.

1. Pilih Roasted Bean Aja Ya (Biji Kopi Yang Telah Di Roasting)

Nah, penggunaan kopi bubuk memang dinilah lebih praktis. Tapi tau gak sahabat ngopi kalau kualitas kopi hitam akan lebih baik jika diolah langsung setelah proses penggilingan si biji kopinya. 

2. Giling Biji Kopi Yang Telah Dipilih Tadi

Lalu giling biji kopi hitam yang sudah kamu pilih tadi ya. Proses ini akan mengeluarkan aroma dan rasa dari kopi hitam yang akan kamu minum itu.

3. Tambahkan Air Panas Ke dalam Kopi

Sebelum ditambah dengan air panas, pasang porta filter di atas gelas atau cangkir yang akan kamu gunakan. Porta filter ini akan memisahkan ampas dan ekstrak kopi kamu.

Tuangkan air panas tadi di atas porta filter. Disarankan menggunakan ceret leher angsa agar ekstraksi kopi lebih merata dan sempurna.

4. Tambahkan Pemanis Ke Dalam Kopi Hitam

Kamu bisa memilih jenis-jenis pemanis kopi hitam kamu sesuai selera. Demikian pembahasan sepintaskopi.com tentang cara membuat kopi ala barista. Semoga bisa memberikan sedikit insight untuk kamu ya.

Cara Membuat Kopi Tubruk

Hai, ini dia pembahasan terakhir dari sesi cara membuat kopi hitam yang enak, yaitu cara membuat kopi tubruk. 

Kopi sejuta umat ini meski sederhana tapi jika ingin mendapatkan rasa yang mantap perlu beberapa hal yang harus diperhatikan.

Apa saja hal yang perlu sahabat ngopi perhatikan untuk membuat kopi tubruk. Nah, berikut pembahasan cara membuat kopi tubruk dari sepintaskopi.com.

1. Panaskan Air yang Akan Digunakan Untuk Membuat Kopi Tubruk

Pastikan suhunya di atas 90 derajat celsius dan di bawah 100 derajat celcius. Gunakan termometer untuk memastikannya.

2. Tambahkan dan Takar Kopi Yang Akan Dibuat Kopi Tubruk

Disarankan untuk memilih kopi yang masih fresh untuk hasil kopi tubruk yang maksimal baik dari segi rasa dan aromanya.

3. Tambahkan Air Panas Yang Sudah Mendidih Tadi Ke Dalam Gelas Kopi Tubruk

Lalu sahabat ngopi bisa menambahkan air panas tadi ke dalam gelas. Tunggu beberapa saat agar proses penyeduhan bisa berlangsung maksimal. Kurang lebih 5 menit waktu tunggu.

4. Kopi Tubruk Spesial Siap Dinikmati

Nah, setelah itu sahabat ngopi bisa menikmati kopi tubruknya. Gimana gampangkan cara membuat kopi tubruknya. 

Baca juga : 5 Kopi Lokal Arabika Indonesia, Silahkan Dicoba

Itu dia sesi cara membuat kopi hitam yang enak ala sepintaskopi.com. Semoga apa yang disampaikan ini bisa bermanfaat untuk para sahabat ngopi semua. 

Referensi :

Liputan6.com

kopikopikopi.com

caswellscafe.com

coffeeland.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Berapa Sih Kandungan Kafein Pada Kopi?

Sumber : https://nationalgeographic.grid.id/ Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi, semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini kita akan bahas kopi dari sudut pandang sains lagi nih, khususnya untuk topik kandungan kafein pada kopi. Tentu sahabat ngopi sudah tahu ya, kopi tidak bisa dijauhkan dari yang namanya kafein. Salah satu senyawa kopi ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk setiap sahabat ngopi loh. Tapi ada syaratnya, manfaat ini bisa terasa jika sahabat ngopi tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Yuk Bahas Tuntas Kandungan Kafein Pada Kopi Setiap sahabat ngopi pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat ngopi. Ada yang ingin mendapatkan fokus selama bekerja atau mencari manfaat kesehatan lainnya dari kopi. Manfaat ini salah satunya disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi. Makin penasaran kan ya, yuk kita bahas satu per satu tentang kafein di dalam kopi. 1. Kandungan Kafein Pada Secangkir Kopi Sampa

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa Bar