Langsung ke konten utama

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Hitamnya Kopi O, Penghangat Kebersamaan

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Sepintaskopi.com 
- Slurp, suara seruput kopi terdengar di sudut kedai sederhana. Nampak kesibukan di dapur kedai berseliweran para karyawan untuk mengantar pesanan ke meja-meja konsumen.

Satu konsumen memesan ‘Bang kopi O-nya satu ya.’ Dengan sigap seorang karyawan segera menyiapkan racikan minuman berkafein itu.

Baca juga : Ini Dia 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berkunjung ke Kopitiam

Kopi O, sebutan untuk kopi tradisional yang dulunya banyak dijajakan oleh etnis Tionghoa di kopitiamnya. Minuman ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda.

Gambar Alat Penyaring Kopi O
Sumber : https://youtu.be/-WoupcjRlng

Masuknya kopi O di Indonesia dibawa langsung oleh keturunan orang Tionghoa yang menetap di Singkawang. Ya, salah satu kota di Kalimantan ini merupakan pintu gerbang perkenalan kita (rakyat Indonesia) dengan kopi O.

Baca juga : Sejarah Kopitiam, Kedai Kopi Tradisional Yang Melegenda

Kopi hitam ditambah gula, itulah kopi O. Sederhana bukan, menu sederhana di kedai kopi sederhana. Panas maupun dingin tetap nikmat. Apalagi dinikmati bersama orang-orang terkasih.

Proses pembuatan kopi O di kedai kopi tradisional tidak biasa. Resep ini sudah turun temurun diajarkan kepada masing-masing generasi.


Ciri khas pembuatan kopi O adalah penyaringnya yang merupakan kaus kaki. Namun, jangan salah sangka dulu, itu merupakan kain baru yang belum pernah dipakai sama sekali. Jadi sangat higienis.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Berapa Sih Kandungan Kafein Pada Kopi?

Sumber : https://nationalgeographic.grid.id/ Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi, semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini kita akan bahas kopi dari sudut pandang sains lagi nih, khususnya untuk topik kandungan kafein pada kopi. Tentu sahabat ngopi sudah tahu ya, kopi tidak bisa dijauhkan dari yang namanya kafein. Salah satu senyawa kopi ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk setiap sahabat ngopi loh. Tapi ada syaratnya, manfaat ini bisa terasa jika sahabat ngopi tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Yuk Bahas Tuntas Kandungan Kafein Pada Kopi Setiap sahabat ngopi pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat ngopi. Ada yang ingin mendapatkan fokus selama bekerja atau mencari manfaat kesehatan lainnya dari kopi. Manfaat ini salah satunya disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi. Makin penasaran kan ya, yuk kita bahas satu per satu tentang kafein di dalam kopi. 1. Kandungan Kafein Pada Secangkir Kopi Sampa

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa Bar