Langsung ke konten utama

Toko Kopi Tuku Terdekat di Kota Besar Indonesia

Godaan Cita Rasa Kopi Gayo Aceh, Ayo Cobain !


Rasa Kopi Gayo Aceh, Jenis Kopi Gayo, Kopi Gayo Aceh Robusta Atau Arabica, Kopi Gayo berasal dari,  Kopi Gayo Termahal Di Dunia, karakter rasa kopi aceh gayo
Rasa Kopi Gayo Aceh, Gambar oleh Bisnis.tempo.co 


Sepintaskopi.com 
- Penasaran dengan godaan cita rasa kopi gayo Aceh, ayo cobain segera. Sudah disebutkan sebelumnya jika kopi gayo berasal dari Aceh. Jenis kopi gayo ini memang menyimpan sejuta rasa khas yang banyak diburu oleh para pecinta kopi di tanah air maupun manca negara. 

Kondisi alam Indonesia berupa kepulauan menyebabkan setiap varietas kopi yang ditanam di setiap daerah mempunyai rasa yang beraneka ragam baik dari segi aroma, fragrance, flavour, dan aftertaste.

Aceh, provinsi yang berada di ujung barat Indonesia ini memiliki produk kopi dengan cita rasa yang tiada taranya. Mengantongi brand kopi lokal organik, kopi asal Aceh ini sudah mampu menembus pasar-pasar internasional. Rasanya yang khas membuat para penikmatnya tak henti-hentinya mencari kopi legendaris ini.

Cita rasa kopi Gayo Aceh sudah dikenal di seantero dunia. Harusnya brand kopi lokal bisa semakin melejit. Para pecinta kopi harus tahu bahwa Indonesia merupakan surganya kopi lokal yang tidak henti-hentinya menghasilkan kopi terpercaya.

Produksi Kopi Gayo Aceh Robusta Atau Arabica

Tanahnya yang subur membuat wilayah Aceh menjadi sentra produksi kopi yang sukses dengan cita rasa kopi Gayo yang tidak ada taranya. Hasil produksi kopi gayo Aceh robusta atau arabika cukup menjanjikan. 

Ada tiga kabupaten penghasil kopi Gayo yaitu Kabupaten Bener Meriah, Gayo Lues, dan Aceh Tengah. Setiap tahun produksi jenis kopi gayo selalu mendapatkan permintaan yang semakin melonjak.

Dilansir dari humas.aceh.prov.go.id, panen jenis kopi Gayo spesifiknya arabika, per tahun mencapai 61.761 ton dengan rata-rata produktivitas 773 ton per hektar. 

Panenan ini sebagian besar dihasilkan melalui lahan pertanian milik masyarakat sebesar 80%. Jadi pihak swasta hanya menyumbang 20% dari total lahan pertanian kopi arabika Gayo.

Panenan dilakukan dua kali dalam setahun. Panen pertama dilakukan di bulan Maret sampai dengan bulan Mei. Sedangkan, masa panen kedua berlangsung pada bulan Oktober sampai dengan Desember akhir. Siklus panen ini memang sudah tetap di dataran tinggi Gayo.   

Varietas yang dikembangkan di tanah  Gayo ini sebagian besar merupakan kopi gayo aceh arabika. Hebatnya lagi kopi arabika dari dataran tinggi Gayo ini sudah berhasil menyumbang 40% dari total ekspor kopi arabika nasional.

Selain kopi arabika, di Gayo kamu juga bisa menemui kopi robusta yang banyak di tanam di dataran rendah. Kopi ini ditanam di lahan seluas 22.276 hektar. Ini menjadikan kopi robusta juga banyak diminati oleh para pecinta kopi lokal.

Sasaran Ekspor Kopi Gayo Termahal Di Dunia                                                                           

Pasar kopi Gayo sebagian besar ada di luar negeri. Data dari pemerintah provinsi, setiap tahun Aceh selalu mengekspor kopi ke delapan belas negara pengimpor kopi. 

Negara-negara tersebut antara lain Singapura, Amerika, Korea, China, Jepang, Hong Kong, Malaysia, dan Australia. Di antara semua negara tersebut Amerika menjadi negara pengimpor kopi terbesar.

Dilansir dari republika.co.id, ekspor kopi Gayo pada selama tahun 2018 mencapai 81,67 juta dollar AS. Nilai ekspor ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. 

Ini menunjukan permintaan kopi dari manca negara akan semakin meningkat dari tahun-tahun sebelumnya sehingga petani harus siap memberikan produk dengan kuantitas serta kualitas yang terbaik.

Sebagian besar bentuk kopi yang diekspor berupa biji kopi basah yang belum mengalami proses pemanggangan dan masih ada kandungan kafein. 

Proses distribusi kebanyakan melalui jalur di luar Aceh seperti pelabuhan Belawan dan Bandara Kualanamu di Medan, Sumatera Utara. Sedangkan, hanya sebagian kecil yang didistribusikan melalui pelabuhan di Aceh.  

Karakter Rasa Kopi Aceh Gayo

Karakter rasa kopi Aceh Gayo memang tidak ada yang bisa menandingi. Dataran tinggi Gayo dengan kondisi alamnya yang terjaga membuat kopi bisa tumbuh subur di wilayah ini. 

Tidak hanya tumbuh subur saja, kopi asal provinsi paling barat Indonesia ini mempunyai karakteristik rasa yang kuat dan ciri khas tersendiri. Inilah keunikan cita rasa kopi Gayo yang sayang untuk dilewatkan.

      1. Tingkat Kekentalan Kopi Gayo Takengon Ringan

Kekentalannya yang ringan membuat kopi gayo mempunyai rasa pahit yang hampir tidak terasa di lidah.

    2. Acidity Kopi Gayo Takengon Seimbang

Tingkat keasaman yang dirasakan tidak terlalu tinggi dan nyaman di lambung.

    3. Aroma Kopi Arabika Aceh Asli pasti Harum

Kopi gayo mempunyai aroma khas humus ditambah ada aroma manis khas gula yang bisa kamu temukan di secangkir kopi lokal ini.

    4. Tingkat Rasa Pahit Kopi Arabika Gayo Cukup Rendah

Rasa pahit pada kopi arabika gayo rendah dan inilah yang menjadi kelebihan dari karakter rasa kopi aceh gayo. Kandungan kafein pada kopi arabika gayo membuat kopi ini memiliki tingkat rasa pahit yang rendah.


Sajian Modern Kopi Gayo Aceh Asli


Kopi gayo memiliki keragaman jenis sajiannya yang bisa kamu coba. Kamu bisa menjajal olahan kopi gayo dengan berbagai kreasi dari barista tempat kedai kopi favoritmu. Berikut ini adalah contoh sajian kopi gayo arabika asli aceh yang bisa kamu nikmati.

      1. Kopi Gayo Americano Blend

Kopi ini ditemukan pada era perang dunia kedua ini sangat layak kamu coba. Rasa kopi gayo yang tidak terlalu pahit akan bisa kamu nikmati saat santai. Awal mula pembuatan kopi ini dikarenakan orang-orang Amerika yang lebih menyukai espresso yang lebih encer sehingga terciptalah americano blend.

      2. Kopi Gayo Cinnamon

Sajian kopi arabika gayo akan sangat cocok disajikan sebagai coffee cinnamon. Cita rasa kopi gayo yang dipadukan dengan aroma kayu manis serta creamer akan semakin menambah kenikmatan minum kopi kamu.

      3. Kopi Gayo Cappucino Blend

Kopi gayo yang dipadukan dengan susu, krim dengan susu coklatnya akan membuat kamu berasa fresh kembali. Apalagi ditambah dengan toping berupa bubuk coklat di atasnya, pas banget menemani harimu.

Nah, demikian ulasan mengenai godaan cita rasa kopi gayo aceh yang fenomenal. Kamu bisa coba rasakan nikmatnya kapanpun kamu mau. Jangan lupa diseruput dulu ya.


 Sumber











Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Takaran Membuat Kopi Hitam yang Pas

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi semua, lagi cari informasi takaran membuat kopi hitam yang pas? Selamat, kamu berada di blog yang tepat. Bagi para pencinta kopi, takaran membuat kopi hitam tidak boleh dianggap sepele loh. Iya, karena inilah yang akan memperkaya cita rasa kopi hitam yang kamu buat.  Pada kesempatan kali ini segenap kru sepintaskopi.com akan membahas tuntas nih mengenai takaran membuat kopi hitam yang pas.  Nah, kami berharap semoga sedikit ulasan takaran membuat kopi hitam ini bisa membantu kamu, sahabat ngopi semua untuk menemukan rasa terbaik kopi hitammu ya. Takaran Membuat Kopi Kapal Api yang Pas Rasa kopi yang spesial akan dirasakan jika mempunyai takaran yang pas. Takaran membuat kopi kapal api juga harus diperhatikan dengan baik.  Baca juga :  Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak Lalu, apa berapa sih takaran membuat kopi kapal api yang akan menghasilkan rasa kopi yang spesial? Di sinilah jawabannya. 1. Takaran Kopi Kapal Api Takaran kopi

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m