Langsung ke konten utama

20 Aroma Kopi yang Bisa Kamu Temui di Kopi yang Kamu Nikmati

20 aroma kopi
Gambar oleh J.J Jordan dari Pixabay

Sepintaskopi.com - Setiap kopi memiliki aroma yang khas dilihat dari berbagai sisi. Hal pertama yang bisa Kamu nikmati dari secangkir kopi adalah aromanya. Sebenarnya aroma kopi sudah memberitahukan kepada Kamu bagaimana rasa kopi yang akan masuk ke tenggorokanmu. 

Ternyata ada banyak aroma yang bisa ditemukan dalam secangkir kopi. Hasil pencarian saya di internet ada dua puluh aroma khas kopi yang bisa Kamu lihat di bawah ini. 
  1. Berry
  2. Floral
  3. Fruity
  4. Caramel
  5. Resinous
  6. Lemon
  7. Grapefruit
  8. Chocolate
  9. Spicy
  10. Earthy
  11. Nutty
  12. Malty
  13. Carbony
  14. Pepper
  15. Vanilla
  16. Hidy
  17. Musty
  18. Leather
  19. Butter
  20. Toast
Bagi seorang pemula, seperti saya masih harus mempelajari teknik sensory experience untuk bisa membedakan semua jenis aroma kopi tersebut. Lalu apa itu sensory experience?

Sensory Experience

Ini adalah sebuah cara yang harus untuk bisa mengenali karakteristik kopi yang meliputi aroma, cita rasa, kekentalan/tekstur, sampai pada flavor kopi itu sendiri. 

Semakin banyak Kamu melakukan dan belajar sensory experience ini, maka Kamu akan bisa membedakan ciri khas masing-masing kopi yang Kamu nikmati.

Faktor yang Mempengaruhi Aroma Kopi

Banyaknya aroma kopi pasti akan membuat setiap orang penasaran apa saja yang mempengaruhi beberapa aroma kopi yang ada.

Nah, inilah beberapa faktor yang telah sepintaskopi.com rangkum untuk menjawab rasa penasaran Kamu.

1. Jenis Kopi

Apa jenis kopi yang biasa Kamu minum? Jika arabika kemungkinan besar memiliki aroma yang kuat berbeda dengan aroma kopi robusta pada umumnya. 

Jenis kopi menentukan seberapa kuat aroma kopi yang akan Kamu minum. Ini disebabkan juga oleh kondisi geografis lahan penanaman kopi.

2. Teknik Pemetikan Kopi

Proses pemanenan kopi akan berpengaruh terhadap aroma kopi yang akan Kamu rasakan. Idealnya buah kopi layak untuk dipanen saat sudah berwarna merah.

3. Proses Pascapanen

Proses pascapanen ini dibedakan menjadi proses basah, semi basah dan kering. Keduanya cocok untuk jenis-jenis kopi tertentu. 

Metode yang digunakan ini bisa menghasilkan kopi berkualitas jika dilakukan secara benar setiap prosesnya yang meliputi sortasi, pengupasan kulit, fermentasi, pengambilan lendir dan pencucian.

4. Bentuk Kopi

Kopi berbentuk biji dijamin masih mempunyai kualitas aroma yang lebih bagus saat dibuat menjadi kopi. Hal ini disebabkan kopi bubuk lebih rentan terkontaminasi oleh aroma di luar kemasan kopi.

5. Cara Penyeduhan Kopi

Teknik penyeduhan kopi sangat mempengaruhi aroma kopi yang akan Kamu minum. Jika ingin menghasilkan aroma yang kuat gunakan teknik tubruk.

Namun, jika Kamu ingin mendapatkan aroma yang ringan bisa coba teknik cold brew. Semua aroma kopi tersebut sangat menarik untuk dicoba.



Sumber :

majalahottencoffee.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Kenali 5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung dalam Kopi

Gambar diambil dari Pixabay Sepintaskopi.com - Tidak heran jika kopi memiliki segudang manfaat, ternyata dalang dibalik semuanya manfaat kesehatan itu adalah kandungan asam klorogenat. Kandungan ini banyak membantu para penikmat kopi untuk terbebas dari resiko serangan penyakit.  5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung di Dalam Kopi Asam klorogenat merupakan jenis asam yang paling banyak terkandung di dalam biji kopi. Saat biji kopi belum melalui proses roasting kadar asam ini mencapai 8%. Sedangkan, setelah mengalami proses roasting kadarnya turun menjadi 4%. Berikut ini beberapa manfaat asam terbesar yang terkandung di dalam kopi. 1. Antivirus Hepatitis B Kandungan klorogenat pada kopi sudah terbukti dapat menjadi penghambat pertumbuhan hepatitis B di dalam tubuh. Penelitian menjelaskan klorogenat bisa mencegah virus hepatitis baik secara in vivo maupun in vitro.  2. Antioksidan Jika dibandingkan dengan aktivitas antioksidan kafein, bisa dibilang asam

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa B