7 Alasan Kenapa Kamu Harus Minum Kopi Secara Konsisten di Pagi Hari

minum kopi
Gambar oleh Stokpik dari Pixabay

Sepintaskopi.com - Hai Kamu sahabat ngopi yang selalu setia menunggu informasi menarik seputar dunia perkopian. Tahukah Kamu ternyata minum kopi dipagi hari banyak manfaat kesehatannya loh. Ini kata hasil penelitian loh ya, bahwa mengonsumsi kafein pada pukul 09.30 setelah sarapan merupakan waktu yang tepat karena pada saat itulah intensitas hormon kortisol mulai berkurang.

Hah, hormon kortisol apaan tu? Hormon kortisol adalah sebuah senyawa dalam tubuh Kamu yang bertugas layaknya sebuah mesin pembangun tidurmu di pagi hari. Tidak hanya itu saja biang Kamu merasa ngantuk di malam hari ya si kortisol ini nih. 

Kenapa Harus Minum Kopi di Pagi Hari ?

Padahal pagi hari adalah saat Kita masih semangat-semangatnya menjalani hari, tapi kok malah butuh kopi. Itu benar, pagi hari sebelum pukul 09.30 Kita bisa terbebas dari kantuk. Hal itu karena senyawa kortisol masih bekerja secara optimal. 

Memasuki pukul 09.00 intensitas kortisol menurun sehingga minum kopi hangat sangat diperlukan. Baiklah, sekarang mari Kita cari tahu sebenarnya kenapa sih kopi sangat penting diminum saat pagi hari.

1. Produktifitas Kerja Kamu Akan Semakin Meningkat

Zat ajaib yang ada di dalam kopi namanya kafein akan masuk ke dalam pusat sel saraf Kamu dan bisa membuat tubuhmu lebih segar lagi. Hal ini baik untuk Kamu karena Kamu akan jadi lebih fokus dalam mengerjakan tugas-tugas dari bos.

2. Olah Raga Jadi Lebih Efektif

Asupan kafein yang masuk ke tubuhmu sebelum berolah raga bisa membuat Kamu lebih bertenaga saat menjalankan gerakan-gerakan olah tubuh. Bahkan, Kamu akan merasakan perbedaannya secara jumlah repetisi yang bisa Kamu lakukan. 

3. Sumber Antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas

Kopi bisa menangkal radikal bebas yang biasanya berasal dari faktor-faktor di luar tubuh Kamu. Salah satu penyebabnya bisa dari makanan yang Kamu konsumsi. Lalu seberapa parahnya radikal bebas ini? Tentu sangat parah karena radikal bebas bisa memicu hipertensi.

4.  Melancarkan Sistem Pencernaan 

Pagi hari adalah saat yang tepat untuk Kamu minum kopi karena panas yang dihasilkan akan membantu sistem pencernaanmu bekerja. Jika pencernaan di tubuhmu lancar akan ada banyak dampak kesehatan lain yang mengikuti.

5. Terhindar dari Pikun di Masa Tua

Kepikunan kerapkali jadi penyakit yang menyerang para lansia. Jika Kamu ingin terhindar dari kepikunan, maka minum kopi dipagi hari secara konsisten adalah hal yang tepat. 

6. Melancarkan Aliran Darah di Pembuluh Darah

Inilah hebatnya minum kopi yang bisa melancarkan peredaran darah. Penyumbatan pembuluh darah bisa terjadi karena adanya lapisan zat besi yang menghalangi aliran darah. Nah, kandungan antioksidan kopi ini bisa mencegah endapan zat besi tersebut.

7. Bebas dari Penyakit Jantung Koroner

Peredaran darah yang lancar bisa membuat seseorang terbebas dari resiko jantung koroner. Selain itu kafein bisa mengoptimalkan kerja jantung jadi lebih efektif sehingga energi yang disebarkan bisa dimanfaatkan tubuh dengan baik.

Bagaimana sahabat ngopi, jadi lebih tahu kan kok minum kopi dipagi hari sangat penting untuk Kamu. Banyak juga ya manfaat kesehatannya yang tentu saja akan mempengaruhi efektivitas aktivitas yang Kamu lakukan. Akhir kata, salam ngopi.


Sumber :
 

 

 

Komentar