Langsung ke konten utama

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Minum Kopi Secara Konsisten di Pagi Hari

minum kopi
Gambar oleh Stokpik dari Pixabay

Sepintaskopi.com - Hai Kamu sahabat ngopi yang selalu setia menunggu informasi menarik seputar dunia perkopian. Tahukah Kamu ternyata minum kopi dipagi hari banyak manfaat kesehatannya loh. Ini kata hasil penelitian loh ya, bahwa mengonsumsi kafein pada pukul 09.30 setelah sarapan merupakan waktu yang tepat karena pada saat itulah intensitas hormon kortisol mulai berkurang.

Hah, hormon kortisol apaan tu? Hormon kortisol adalah sebuah senyawa dalam tubuh Kamu yang bertugas layaknya sebuah mesin pembangun tidurmu di pagi hari. Tidak hanya itu saja biang Kamu merasa ngantuk di malam hari ya si kortisol ini nih. 

Kenapa Harus Minum Kopi di Pagi Hari ?

Padahal pagi hari adalah saat Kita masih semangat-semangatnya menjalani hari, tapi kok malah butuh kopi. Itu benar, pagi hari sebelum pukul 09.30 Kita bisa terbebas dari kantuk. Hal itu karena senyawa kortisol masih bekerja secara optimal. 

Memasuki pukul 09.00 intensitas kortisol menurun sehingga minum kopi hangat sangat diperlukan. Baiklah, sekarang mari Kita cari tahu sebenarnya kenapa sih kopi sangat penting diminum saat pagi hari.

1. Produktifitas Kerja Kamu Akan Semakin Meningkat

Zat ajaib yang ada di dalam kopi namanya kafein akan masuk ke dalam pusat sel saraf Kamu dan bisa membuat tubuhmu lebih segar lagi. Hal ini baik untuk Kamu karena Kamu akan jadi lebih fokus dalam mengerjakan tugas-tugas dari bos.

2. Olah Raga Jadi Lebih Efektif

Asupan kafein yang masuk ke tubuhmu sebelum berolah raga bisa membuat Kamu lebih bertenaga saat menjalankan gerakan-gerakan olah tubuh. Bahkan, Kamu akan merasakan perbedaannya secara jumlah repetisi yang bisa Kamu lakukan. 

3. Sumber Antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas

Kopi bisa menangkal radikal bebas yang biasanya berasal dari faktor-faktor di luar tubuh Kamu. Salah satu penyebabnya bisa dari makanan yang Kamu konsumsi. Lalu seberapa parahnya radikal bebas ini? Tentu sangat parah karena radikal bebas bisa memicu hipertensi.

4.  Melancarkan Sistem Pencernaan 

Pagi hari adalah saat yang tepat untuk Kamu minum kopi karena panas yang dihasilkan akan membantu sistem pencernaanmu bekerja. Jika pencernaan di tubuhmu lancar akan ada banyak dampak kesehatan lain yang mengikuti.

5. Terhindar dari Pikun di Masa Tua

Kepikunan kerapkali jadi penyakit yang menyerang para lansia. Jika Kamu ingin terhindar dari kepikunan, maka minum kopi dipagi hari secara konsisten adalah hal yang tepat. 

6. Melancarkan Aliran Darah di Pembuluh Darah

Inilah hebatnya minum kopi yang bisa melancarkan peredaran darah. Penyumbatan pembuluh darah bisa terjadi karena adanya lapisan zat besi yang menghalangi aliran darah. Nah, kandungan antioksidan kopi ini bisa mencegah endapan zat besi tersebut.

7. Bebas dari Penyakit Jantung Koroner

Peredaran darah yang lancar bisa membuat seseorang terbebas dari resiko jantung koroner. Selain itu kafein bisa mengoptimalkan kerja jantung jadi lebih efektif sehingga energi yang disebarkan bisa dimanfaatkan tubuh dengan baik.

Bagaimana sahabat ngopi, jadi lebih tahu kan kok minum kopi dipagi hari sangat penting untuk Kamu. Banyak juga ya manfaat kesehatannya yang tentu saja akan mempengaruhi efektivitas aktivitas yang Kamu lakukan. Akhir kata, salam ngopi.


Sumber :
 
jawapos.com/kesehatan/13/11/2019/raih-5-manfaat-rutin-minum-secangkir-kopi-di-pagi-hari/

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Berapa Sih Kandungan Kafein Pada Kopi?

Sumber : https://nationalgeographic.grid.id/ Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi, semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini kita akan bahas kopi dari sudut pandang sains lagi nih, khususnya untuk topik kandungan kafein pada kopi. Tentu sahabat ngopi sudah tahu ya, kopi tidak bisa dijauhkan dari yang namanya kafein. Salah satu senyawa kopi ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk setiap sahabat ngopi loh. Tapi ada syaratnya, manfaat ini bisa terasa jika sahabat ngopi tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Yuk Bahas Tuntas Kandungan Kafein Pada Kopi Setiap sahabat ngopi pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat ngopi. Ada yang ingin mendapatkan fokus selama bekerja atau mencari manfaat kesehatan lainnya dari kopi. Manfaat ini salah satunya disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi. Makin penasaran kan ya, yuk kita bahas satu per satu tentang kafein di dalam kopi. 1. Kandungan Kafein Pada Secangkir Kopi Sampa

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa Bar