Cari Tahu Semua tentang Kopi Latte Art



Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Sepintaskopi.com-Halo sobat ngopi, bagaimana kabar hari ini? Semoga kalian tetap sehat dan selalu bahagia. Apakah sobat ngopi tahu tentang kopi latte dan latte artnya? 

Tentu sebagian besar dari sobat ngopi sudah tahu tentang salah satu kopi based espresso ini. Ini dia kopi latte art, ciri khas kopi susu yang selalu melekat pada latte.

Sebutan Kopi Latte bagi Barista

Very milky coffee itulah sebutan barista untuk kopi latte yang mereka buat. Ya, karena kopi ini memang memiliki komposisi susu yang lebih banyak. 

Itulah yang menyebabkan kopi ini terasa milky dan sedikit pahit. Sehingga tidak mengherankan buat para pecinta makanan manis latte selalu menjadi pilihan utama.

Sejarah Kopi Latte Art

Kopi latte yang terdiri atas espresso dan susu. Ini merupakan perpaduan sempurna untuk menghilangkan penat setelah bekerja seharian. 

Apalagi bisa menikmati mahirnya sang barista saat membuat lukisan indah di kopi yang akan kita minum. Itu sebuah pemandangan yang spesial tentunya bagi para pecinta kopi.

Tapi dibalik keindahan kopi latte art, ternyata seni yang tertuang di atas secangkir kopi ini tidak lahir begitu saja. Pertama kali ditemukan di Amerika pada tahun 1980-an. 

Tepatnya oleh seorang warga Amerika Serikat. Dia memiliki ambisi kuat untuk melukis di atas secangkir kopi. 

Namanya David Schomer, dialah yang menginisiasi seni di atas kopi yang melegenda sampai sekarang ini. Perlu kamu tahu juga bahwa dia orang yang sudah mematenkan lukisan hati pada  kopi latte art. 

Jadi, bisa disimpulkan lukisa hati itu telah lama ada. Bahkan menjadi salah satu yang sangat dibanggakan oleh penciptanya. Buktinya sampai dibuat artikelnya.

Ow iya, ada juga sejarah unik tentang kopi latte ini. Sebelum disajikan pada cangkir, ternyata kopi ini juga pernah disajikan dalam wadah berupa mangkok dan gelas bir juga. 

Nah, barulah setelah masa tersebut latte disajikan dalam cangkir. Semenjak disajikan dalam cangkir munculah ide kopi latte art tersebut.

Teknik Latte Art

Proses pembuatan latte arti pada kopi latte ternyata juga memerlukan teknik-teknik yang harus dikuasai. Teknik-teknik ini perlu dipelajari secara khusus oleh barista.

1. Free Pouring

Teknik mendasar berikut merupakan teknik kopi latte art berupa tahap penuangan susu steam ke dalam cangkir. Jadi ibaratnya wadah susu tersebut adalah kuas yang akan digunakan untuk melukis gambar di atas espresso. 

Mula-mula barista akan menuangkan sedikit demi sedikit susu steam ke dalam cangkir. Setelah mulai terlihat adanya susu steam di bagian tengah kopi barulah dituang keseluruhannya sambil membentuk gambar yang diinginkan.

2. Etching

Teknik yang satu ini cukup kompleks karena dibutuhkan skill melukis di atas kopi espresso. Sebenarnya etching sendiri diawali dengan teknik free pouring, lalu dilanjutkan dengan proses membuat lukisannya. 

Hasil akhir dari teknik ini bisa berupa lukisan hewan, bunga bahkan lukisan wajah seseorang atau lukisan abstrak lainnya.  Harus diakui teknik ini perlu skill khusus. 

Biasanya barista akan menggunakan alat bantu yang ujungnya lancip untuk memperindah lukisan seperti  alat pengaduk kopi. Teknik ini  juga bisa dipermudah dengan bantuan cetakan. 

Kamu yang ingin membuat latte art bisa pake alat bantu ini. Caranya hanya dengan memasang cetakan di atas cangkir yang sudah terisi kopi latte. Lalu tuangkan bubuk coklatnya, nah jadilah kopi latte art ala kamu.

Bentuk-Bentuk Desain Kopi Latte Art

Sampai detik ini sudah banyak kreasi para barista yang berhasil mengembangkan desai kopi latte art. Nah, berikut ini bentuk-bentuk hasil karya barista latte art.

1. Hati

        Gambar oleh JINSILO814 dari Pixabay

2. Rosetta

           Gambar dari StockSnap dari Pixabay

3. Angsa

          Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

4. Siput











Gambar oleh Mon Rey dari Pixabay

Bagaimana baguskan? Masih ada banyak lagi desain kopi latte yang bakal memesona kamu. Tapi untuk sekarang cukup ini dulu ya. 

Itu dia sekilas tentang kopi latte art mulai dari sejarah sampai bentuk desainnya. Masih penasaran dengan latte art, kamu bisa nih kunjungi kedai kopi kesayangan kamu dan bisa cari tahu lebih lanjut di sana ya.


Referensi :

https://majalah.ottencoffee.co.id/membuat-latter-art-simak-teknik-menuang-steamed-milk-ini/

https://www.wanitawirausaha.com/article/inovasi-produk/2-teknik-latte-art-ini-perlu-dikuasai-pemilik-kedai-kopi

https://majalah.ottencoffee.co.id/5-hal-yang-perlu-kamu-ketahui-tentang-latte-art/

https://www.kompasiana.com/dwiariyani/55283e666ea83401178b45c8/latte-art-menyesap-sejarah-dan-seni-dalam-secangkir-kopi



Komentar