Yuk Cari Tahu Kandungan Kopi Espresso dan Tips Dietnya Ala Pecinta Kopi

Gambar oleh Ryan McGuire dari Pixabay

Sepintaskopi.com-Kopi espresso menawarkan kenikmatan hakiki secangkir kopi ala Italia yang tersaji secara cepat dan tepat. Konsistensi rasa yang dibangun dengan parameter yang tepat menghasilkan espresso berkualitas. 

Tapi, ada satu hal yang menarik untuk dikulik tentang espresso ini. Satu hal itu adalah kandungan yang terdapat pada secangkir si kopi hitam nan modern ini. Penasaran? Yuk, kita simak bersama uraian berikut.

Kandungan Gizi dalam Secangkir Kopi Espresso 

Satu cangkir kopi espresso mengandung hanya kalori dan kafein. Untuk lebih jelasnya berikut sepintaskopi.com sajikan untuk kamu. 

1. Kalori

Dilansir dari hellosehat.com, kalori yang terkandung dalam secangkir kopi espresso one shot sebanyak 5 miligram. Tidak terlalu banyak bukan. Jumlah kalori bisa membantu menambah berat badan, namun jika dalam takaran sedikit tidak akan berdampak signifikan.

Satu gram sama dengan empat kalori, jadi lima miligram sama dengan berarti 0,008 kalori. Perlu diketahui jika rata-rata kebutuhan kalori per hari untuk laki-laki dewasa adalah 2.500 kalori sedangkan perempuan dewasa mencapa 2.000 kalori. 

Bisa disimpulkan di sini untuk memenuhi kebutuhan kalori dengan menggunakan kopi kamu butuh minum espresso sebanyak 312.500 cangkir. Faktanya itu tidak mungkin dilakukan. Buat kamu pencinta kopi, khususnya espresso jangan khawatir, kopi ini tidak akan buat kamu jadi gendut kok. 

2. Kafein

Kafein selalu menjadi kandungan utama yang selalu ada dalam secangkir kopi meskipun itu adalah sebuah kopi zero cafein. Sama halnya dengan kopi-kopi lainnya, espresso tidak luput dari kafein. Secangkir kopi espresso mengandung 80-120 miligram kafein.

Apabila kafein dikonsumsi dalam jumlah yang normal, maka akan mengurangi resiko kepikunan. Kafein juga membantu kamu untuk lebih aktif saat melakukan aktivitas yang membutuhkan fokus dan energi yang tidak sedikit.

Tips Minum Kopi Espresso untuk Diet

Kopi espresso yang rendah kalori memang tepat untuk kamu pecinta kopi yang sedang diet. Nah, ini dia nih tips diet ala sepintas kopi khusus buat para kopi lovers.

1. Batasi Jumlah Minum Kopi per Hari

Meskipun memiliki kandungan kalori yang sedikit bukan berarti kamu bisa seenaknya minum bercangkir-cangkir kopi espresso ya. Ingat sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

2. Tidak Perlu Menambahkan Gula dan Susu

Kalau yang satu ini wajib dilakukan ya. Minum kopi espresso tanpa menambahkan gula tujuannya untuk mengurangi resiko diabetes mengingat sudah banyak makanan yang mengandung gula. Cukup yang lain saja ya yang ditambah gula, kopi jangan.

Susu juga mengandung lemak yang bisa memicu penambahan berat badan. Selama masa diet disarankan untuk tidak menambah susu pada kopimu. 

Untuk kamu yang belum mampu minum kopi tanpa susu. Coba ganti susu sapi dengan susu kedelai ya.

3. Puasa Cemilan sebagai Teman Ngopi

Buat kamu yang suka ngopi sambil ditemani cemilan-cemilan manis. Mulai sekarang bisa dikurangi dulu ya. Pada cemilan kamu itu terdapat kandungan kalori yang bisa menambah berat badan kamu.


Referensi :

https://www.cigna.co.id/health-wellness/empat-jenis-kopi-untuk-sukseskan-diet

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/11/201058320/mana-yang-lebih-buruk-lemak-atau-gula?page=all



 

Komentar