Langsung ke konten utama

Bisnis Repacking Kopi Pasti Sukses, Yuk Langsung Coba

Cara Membuat Kopi Pahit Jaman Now

Cara Membuat Kopi Pahit, cara membuat kopi biasa, kopi pahit, Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas, Kopi Robusta, takaran membuat kopi hitam yang pas, Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak, cara membuat kopi tanpa gula, cara membuat kopi hitam kapal api yang enak, cara membuat kopi bubuk tanpa ampas
Gambar oleh Canva


Sepintaskopi.com - Cara membuat kopi pahit sangatlah simpel tidak jauh berbeda dengan cara membuat kopi biasa pada umumnya. 

Siapa saja bisa melakukannya, asal punya niat aja sudah cukup. Tapi selain niat juga harus sudah punya kopinya juga ya. 

Sahabat ngopi yang budiman, sejatinya kopi itu rasanya pahit. Dalam film filosofi kopi aja disebutkan kalo kopi itu bukan untuk diminum tapi untuk dinikmati. Sebuah filosofi yang sangat filosofis sekali bukan.

Tidak semua orang suka menikmati kopi pahit ini. Namun, taukah kamu kalo kopi pahit ini digadang-gadang punya kandungan yang lebih sehat bagi tubuh. 

Sehingga tidak ada salahnya bagi kamu belajar cara ini. Syukur-syukur bisa beralih dari peminum kopi plus gula jadi peminum kopi tanpa gula.

Baca juga : Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Tanpa berlama-lama lagi, sekarang saatnya untuk mengulasnya. Berikut penjelasannya hanya di sepintaskopi.com.

Kenapa Harus Tau Cara Membuat Kopi Pahit Jaman Now ?

Cara Membuat Kopi Pahit, cara membuat kopi biasa, kopi pahit, Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas, Kopi Robusta, takaran membuat kopi hitam yang pas, Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak, cara membuat kopi tanpa gula, cara membuat kopi hitam kapal api yang enak, cara membuat kopi bubuk tanpa ampas
Gambar oleh Alex Ramos dari Pixabay

Ini penting buat kamu loh, karena kopi-kopi sekarang sudah banyak dicampur dengan gula. Dan itu justru mengurangi manfaat kesehatan dari kopi yang kamu nikmati.

Tentu tidak akan mempengaruhi kesehatanmu jika kamu tidak terlalu berlebihan meminum kopi dengan tambahan gula dan pemanis lainnya. Tapi kamu juga harus waspada ya, karena yang enak itu terkadang sulit untuk dikontrol.

Cara Membuat Kopi Pahit Jaman Now

Cara Membuat Kopi Pahit, cara membuat kopi biasa, kopi pahit, Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas, Kopi Robusta, takaran membuat kopi hitam yang pas, Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak, cara membuat kopi tanpa gula, cara membuat kopi hitam kapal api yang enak, cara membuat kopi bubuk tanpa ampas
Gambar oleh Canva

Oke baiklah, sekarang yuk kita bahas bareng-bareng gimana sih cara membuat kopi yang pahit yang pastinya bakal memberi manfaat kesehatan untuk kita.

1. Pilih Jenis Kopi Robusta (Disarankan)

Kenapa kok harus robusta? Karena kopi ini memang terkenal lebih pahit dibandingkan jenis kopi yang lain.

Penyebab kenapa kopi robusta memiliki rasa yang lebih pahit dibandingkan dengan kopi yang lain karena kandungan kafeinnya. 

Kopi robusta memiliki kandungan kafein lebih banyak dibandingkan dengan jenis kopi yang lainnya. 

Sedangkan kopi arabika selain memiliki kadar kafein yang lebih rendah dia juga punya kadar gula yang lebih tinggi, sehingga akan terasa manis saat diminum bahkan tanpa tambahan gula.

2. Sangrai Kopi Robusta Yang Telah Dipilih

Setelah memilih jenis kopi robustanya, sekarang kamu bisa menyangrainya. Proses penyangraian perlu ditunggui ya untuk mencegah terjadinya kegosongan.

Gunakan kayu bakar sebagai bahan pembakar dan tempat penyangraian yang terbuat dari lempung. Tujuannya untuk mendapatkan kematangan yang merata lebih cepat.

Selain itu juga bisa memperoleh aroma kopi yang lebih kuat. Tanda kopi sudah harus diangkat jika warnanya sudah berubah menjadi dominan kehitaman dengan aroma yang khas.

3. Menghaluskan Biji Kopi Menjadi Bubuk

Untuk menghaluskan biji kopi kamu bisa menggunakan alat gilingan, alat tumbuk atau grinder modern khusus kopi yang sudah banyak beredar di pasaran.

Giling sampai memperoleh ukuran yang diinginkan. Setelah itu ayak kopi tadi agar bubuk kopi yang sudah halus bisa terpisah dari yang masih kasar.

4. Seduh Bubuk Kopi Pahit Tersebut

Setelah selesai proses penggilingan/penghalusan kopinya, kamu bisa menyeduh kopi tersebut. Gunakan takaran membuat kopi hitam yang pas untuk memperoleh hasil yang mantap ya. 

Gunakan satu sendok makan penuh kopi dan tambahkan air panas. Lalu aduk kopinya. Nah, kopi pahit jaman now siap dinikmati.

Disarankan untuk tidak lagi menambahkan gula pada kopi pahit ini agar bisa merasakan rasa kopi pahit yang nendang. Oke.

Baca juga : Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak

Sangat gampang sekali ya untuk cara membuat kopi pahit, ya hampir sama seperti cara membuat kopi biasa pada umumnya sih. 

Selain cara membuat kopi pahit, kamu bisa belajar juga cara membuat kopi tanpa gula, cara membuat kopi hitam kapal api yang enak, cara membuat kopi bubuk tanpa ampas, dan banyak informasi menarik seputar kopi yang sudah di pos di blog sepintaskopi.com ini loh. 

Referensi 

https://carasatu.web.id/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Pengen tau apa aja produk best seller kopi kenangan . Ini dia, sepintaskopi.com bakalan bahas tentang itu nih. Kopi kenangan yang sudah berdiri sejak tahun 2017 mempunyai berbagai produk yang sangat menarik untuk dicoba. Produknya ada yang menu kopi maupun non kopi. Baca juga :  Berapa Biaya Francise Kopi Kenangan? Tanpa berlama-lama lagi, yuk bahas tentang produk best seller kopi kenangan.  Produk Best Seller Kopi Kenangan Sebenarnya apa aja sih produk best seller kopi kenangan yang banyak diminati anak milenial. Ini dia produknya. 1. Kopi Kenangan Mantan Nama produk yang familiar membuat kopi kenangan mantan sangat mudah diingat oleh para konsumennya. Selain namanya yang mudah diingat rasanya pun enak. Kopi kenangan mantan dibuat dari kopi espresso dicampur dengan susu dan ditambah dengan gula aren asli. Tara terciptalah kopi kenangan mantan yang bakal menghapus rasa dahagamu dan kantukmu. Kombinasi antara kopi, susu, dan gula aren sangat pas. R