Langsung ke konten utama

Keuntungan Bisnis Coffee Shop, Coba Baca Deh

9 Perbedaan Pohon Kopi Arabika dan Robusta

Perbedaan Pohon Kopi Arabika dan Robusta, Ciri pohon kopi arabika, Jenis Kopi Arabika, Jenis Kopi Robusta
Gambar oleh Kaboompics dari Pixabay

Sepintaskopi.com - Perbedaan pohon kopi arabika dan robusta seringkali jadi pertanyaan yang mengiang. Sampai sampai mungkin sebagian dari sahabat ngopi nggak bisa tidur.

Nah, daripada nggak bisa tidur mikirin ayang eh maksudnya kopi mending, yuk baca aja perbedaan pohon kopi arabika dan robusta.

9 Perbedaan Pohon Kopi Arabika dan Robusta

Manis dan asam itulah rasa yang identik pada kopi arabika. Sedangkan, robusta terkenal dengan rasanya yang pekat dan mantap. Ternyata beda kedua jenis kopi ini tidak hanya dari segi rasa tapi juga dari segi pohonnya secara fisik.

Apa sajakah perbedaan pohon kopi arabika dan robusta. Simak di sepintaskopi.com ya.

1. Ukuran Daun Jenis Kopi Arabika dan Jenis Kopi Robusta

Salah satu ciri pohon kopi arabika yang dapat membedakan dengan jenis kopi robusta adalah ukuran daunnya. Secara penampilan kopi arabika dan robusta hampir memiliki tampilan daun yang sama. 

Namun, jika dilihat lebih seksama maka dapat diketahui ada perbedaan ukuran. Daun jenis kopi arabika lebih kecil dibandingkan dengan daun jenis kopi robusta.

2. Bentuk Daun Kopi Arabika dan Robusta

Inilah perbedaan pohon kopi arabika dan robusta lainnya yang dapat dilihat dengan mudah yaitu bentuk daunnya. Keduanya memiliki warna mengkilap pada bagian atasnya yang adalah lapisan lilin.

Lalu bedanya adalah, daun kopi arabika berbentuk lebih lonjong dengan ujungnya yang lancip. Sementara daun kopi robusta berbentuk memanjang dengan sisi daunnya yang bergelombang. 

3. Jumlah Buah pada Jenis Kopi Arabika dan Robusta

Ciri pohon kopi arabika lainnya yang dapat dilihat secara fisik adalah jumlah buah kopinya. Perbedaan pohon kopi arabika dan robusta ada pada kuantitas jumlah buahnya. 

Buah pada jenis kopi robusta lebih banyak dibandingkan dengan arabika. Meskipun jumlahnya lebih banyak jenis kopi robusta ini hanya dapat dipanen dua sampai tiga kali dalam setahun.

Lain halnya dengan pohon kopi arabika yang dapat dipanen sepanjang musim. 

4. Ukuran dan Bentuk Biji Kopi Arabika dan Robusta

Jenis kopi robusta memiliki biji kopi yang ukurannya lebih kecil (12-18 mm) dibandingkan dengan biji kopi arabika (8-16 mm). Selain itu biji kopi robusta memiliki bentuk yang lebih bulat.

Baca juga: 5 Manfaat Kopi Hitam Untuk Kulit Wanita

Berbeda dengan jenis kopi arabika yang justru memiliki bentuk biji yang lebih lonjong dan gepeng dibandingkan dengan biji kopi robusta. 

5. Habitat Tumbuh Pohon Kopi Arabika dan Robusta

Habitat tumbuh jenis kopi mempengaruhi daya tahan pohon kopi. Setiap jenis kopi memiliki habitat yang berbeda untuk dapat tumbuh dengan optimal. 

Untuk jenis kopi arabika akan lebih optimal jika tumbuh di daerah dataran tinggi. Sebaliknya, jenis kopi robusta justru lebih optimal jika tumbuh di daerah dataran rendah. 

Ketinggian 400-900 meter di atas permukaan laut sudah cukup baik untuk kopi robusta. Sedangkan ketinggian di atas 1000 meter di atas permukaan laut baik untuk kopi arabika.

6.  Sistem Perakaran Pohon Kopi Arabika dan Robusta

Pohon kopi arabika cenderung memiliki sistem perakaran yang lebih dalam dibandingkan dengan pohon kopi robusta. Akibatnya kopi arabika lebih tahan terhadap kekeringan.

Selain itu sistem perakaran dalam pada pohon kopi arabika membuat pohon ini dapat berdiri dengan kokoh sehingga tidak mudah roboh terkena angin. 

Sistem perakaran pada pohon kopi robusta dangkal dan tidak kuat. Ini penyebabnya tanah pada lahan kopi robusta harus benar-benar subur dan berlimbah unsur hara.

7. Ketahanan Terhadap Penyakit Karat Daun (Hemileia vastatrix)

Pohon kopi robusta lebih kuat dibandingkan dengan kopi arabika dalam menangkal serangan karat daun. Untuk menghindari karat daun arabika perlu ditanam di dataran tinggi.

Karat daun tidak dapat tumbuh dengan optimal di daerah dataran tinggi. Tepatnya pada ketinggian lebih dari 1000 mdpl. 

Sekedar info, penyakit karat daun ini telah ada sejak abad 19 dan menjangkiti tanaman kopi. Bahkan, menimbulkan kerugian parah pada saat itu.

8. Lama Waktu Berbunga Pohon Kopi Arabika dan Robusta

Pohon kopi robusta berbunga lebih cepat 2 tahun dibandingkan kopi arabika. Pada umur 2 tahun jenis kopi robusta akan berbunga, sedangkan untuk jenis kopi arabika bunga akan muncul pada umur 4 tahun. 

9. Proses Penyerbukan Bunga Pohon Kopi Arabika dan Robusta

Perbedaan pohon kopi arabika dan robusta yang terakhir versi sepintaskopi.com adalah pada proses penyerbukan bunganya. 

Bunga pada pohon kopi arabika melakukan penyerbukan sendiri. Jadi cukup dengan satu bunga saja pohon kopi arabika bisa melakukan penyerbukan. 

Berbeda halnya dengan bunga pada pohon kopi robusta yang penyerbukannya dilakukan secara menyilang antara bunga jantan dan betina.

Gambar Pohon Kopi Arabika dan Robusta

Sekilas saja ya sahabat ngopi nih ada gambar pohon kopi arabika dan robusta. Moga-moga bisa memperjelas perbedaan pohon kopi arabika dan robusta.

Gambar Pohon Kopi Arabika dan Robusta, Perbedaan Pohon Kopi Arabika dan Robusta, Ciri pohon kopi arabika, Jenis Kopi Arabika, Jenis Kopi Robusta
Gambar oleh MarcusVu & vandelinodias dari Pixabay

Ada sedikit tambahan nih sahabat ngopi. Pada gambar di atas bisa kita liat perbedaan dari pohon kopi arabika dan robusta.

Pola buah kopi yang tumbuh di jenis kopi robusta lebih banyak dibandingkan dengan arabika. Nah, ini biar memperjelas saja.

Oke sahabat ngopi, itu dia sedikit tentang 9 perbedaan pohon kopi arabika dan robusta. I hope you enjoy it and see you next time.


Referensi

Rahardjo, P. (2012). Kopi Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta (2012th ed.). Penebar Swadaya.

https://www.padangekspres.co.id/2020/11/8-ciri-ciri-pohon-kopi.html

https://omahkopi.id/kenal-lebih-dekat-dengan-robusta-part-i/

https://www.pertanianku.com/berkenalan-dengan-karakteristik-tanaman-kopi-arabika/

https://youtu.be/ikj7nPUPlzo

https://youtu.be/ktADUCJ9Vuw


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Pengen tau apa aja produk best seller kopi kenangan . Ini dia, sepintaskopi.com bakalan bahas tentang itu nih. Kopi kenangan yang sudah berdiri sejak tahun 2017 mempunyai berbagai produk yang sangat menarik untuk dicoba. Produknya ada yang menu kopi maupun non kopi. Baca juga :  Berapa Biaya Francise Kopi Kenangan? Tanpa berlama-lama lagi, yuk bahas tentang produk best seller kopi kenangan.  Produk Best Seller Kopi Kenangan Sebenarnya apa aja sih produk best seller kopi kenangan yang banyak diminati anak milenial. Ini dia produknya. 1. Kopi Kenangan Mantan Nama produk yang familiar membuat kopi kenangan mantan sangat mudah diingat oleh para konsumennya. Selain namanya yang mudah diingat rasanya pun enak. Kopi kenangan mantan dibuat dari kopi espresso dicampur dengan susu dan ditambah dengan gula aren asli. Tara terciptalah kopi kenangan mantan yang bakal menghapus rasa dahagamu dan kantukmu. Kombinasi antara kopi, susu, dan gula aren sangat pas. R