Langsung ke konten utama

Contoh Usaha Warung Kopi Modern di Indonesia

Usaha Warkop Rumahan, Bawa Cuan

usaha warkop rumahan, apa saja yang dijual di warung kopi, usaha warung kopi sederhana, isi warung kopi, usaha warung kopi sachet
Gambar Usaha Warkop Rumahan oleh sepintaskopi.com

Sepintaskopi.com - Pengen bisnis kopi tapi nggak ada dana buat bayar sewa tempat, usaha warkop rumahan bisa jadi solusinya. Tenang, dengan usaha warung kopi sederhana ini kamu tidak perlu pusing memikirkan sewa tempat.

Ini karena kamu bisa memanfaatkan bagian rumah kamu sebagai kedai usaha warung kopi sachet milikmu. Mungkin bagian rumah yang digunakan bisa bagian halaman, ruang tamu, dan garasi serta bagian ruangan lain yang memungkinkan. 

Bisnis dengan konsep usaha warung kopi sederhana ini jelas lebih terjangkau dibandingkan dengan franchise yang mengharuskan kamu untuk bayar sewa tempat. 

Usaha Warkop Rumahan 

Nah, untuk membuka usaha warkop rumahan ini, sahabat ngopi harus tau dulu apa saja yang dijual di warung kopi. Agar tahu lebih banyak simak uraian di bawah ini ya.

Apa Saja Yang Dijual di Warung Kopi ? 

Perencanaan usaha warkop rumahan harus dilakukan denga teliti supaya cuan benar-benar didapatkan. Meskipun ini termasuk usaha warung kopi sederhana, sahabat ngopi harus menentukan dulu apa saja yang dijual di warung kopi biasanya.

Baca juga: Kopi Terkenal di Bandung Versi Sepintaskopi.com

Berikut sedikit rekomendasi tentang apa saja yang dijual di warung kopi untuk usaha warung kopi sederhana dari sepintaskopi.com yang bisa kamu pertimbangkan juga.

1. Cemilan yang cuma ada di usaha warkop rumahan kamu

Meskipun ini adalah usaha warung kopi sederhana, prioritaskan cemilan otentik yang hanya bisa ditemukan di warung kopi sahabat ngopi. 

Coba lakukan riset sederhana untuk menentukan cemilan unik yang cocok dengan lidah masyarakat baik itu yang rasanya manis maupun asin. 

Sahabat ngopi juga bisa menyediakan berbagai jenis cemilan yang cocok untuk konsumen yang kamu sasar. 

Misalnya, sasarannya adalah mahasiswa maka pilih jenis cemilan dengan harga yang terjangkau kisaran Rp 2.000,00 sampai Rp 10.000,00.

Atau ternyata sasaran konsumen kamu adalah bapak bapak maka jenis cemilannya bisa berupa ubi goreng, gorengan, sesuai dengan perilaku konsumen yang disasar/ditargetkan.

2. Menu makanan berat khusus usaha warkop rumahan kamu

Buat memilih menu makanan untuk usaha warung kopi sederhana, kamu bisa nih coba cari tau apa sih minat dari para calon konsumenmu. Selain itu pilih juga makanan yang hanya bisa ditemui di usaha warkop rumahan milik kamu.

Biasanya menu makanan berat ini juga bisa disesuaikan dengan target konsumen yang menjadi sasaran kamu. Gimana kira-kira kondisi lingkungan rumah kamu, apa profesi yang dominan dan lainnya juga.

Penentuan menu yang akan dijual dapat didasarkan pada minat  sasaran konsumen yang dapat digali juga dengan riset pasar. Ini dapat dilakukan dengan cara melakukan survey atau langsung mencobakan menu kepada calon konsumen. 

Tapi kalau mau lebih hemat dapat juga dengan cara melakukan pengamatan di warung-warung kopi lain yang berada di sekitaran lokasi rumah kamu. Dari situ kamu bisa tau kira-kira konsumen itu minat ke kopi jenis apa dan seperti apa.

3. Menu minuman non kopi spesial yang hanya ada di usaha warkop rumahan kamu

Meskipun ini adalah usaha warung kopi sederhana, sahabat ngopi juga boleh menyediakan menu non kopi. Ini agar usaha warkop rumahan kamu bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi, tidak hanya mereka yang suka kopi aja gitu.

Di sini kamu bisa nih nambahin beberapa minuman non kopi yang sekiranya memiliki banyak peminat. Misalnya jus buah segar, sup buah, es buah, minuman bersoda dan minuman segar lainnya. 

Apa aja isi warung kopi ?

Sebelum membuka usaha warkop rumahan rasanya penting juga untuk melakukan list apa aja isi warung kopi yang ingin kamu buka. Kamu bisa mempertimbangkan konsepnya, dan pemilihan pernak-pernik lainnya.  

Berikut isi warung kopi yang mungkin dapat kamu gunakan untuk usaha warkop rumahan kamu.

1. Kursi dan Meja

2. Lemari Pendingin

3. Gelas

4. Piring

5. Sendok

6. Kipas angin/pendingin ruangan lainnya

Keenam isi warung kopi ini juga dapat kamu tambahkan atau kamu kurangi lagi ya sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa usahakan juga untuk memberikan desain terbaik agar pelanggan juga merasa nyaman  ada di warung kopi kamu.

Usaha Warung Kopi Sachet

Kalau kamu mau cari usaha yang relatif lebih mudah cari bahan bakunya bisa juga mencoba usaha warung kopi sachet. Pemilihan produk ini karena jenis kopi tersebut sifatnya lebih merakyat.

Sudah banyak kopi-kopi kemasan yang digemari oleh masyarakat. Hanya saja perlu pertimbangan lagi jika mau membuka usaha warung kopi sachet, karena sudah banyak yang melakukannya.

Jika masih memilih usaha warkop rumahan maka menu kopi sachet bisa menjadi salah satu pilihan di samping menu kopi lainnya.

Lalu, merk kopi sachet apa saja sih yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. 

1. Kopi Kapal Api 

Merk kopi kapal api pastinya sudah menjadi merk yang merakyat bagi masyarakat Indonesia. Karena alasan tersebutlah kopi kapal api bisa menjadi salah satu merk kopi yang kamu sediakan di usaha warkop rumahan kamu.

Selain itu varian dari merk kopi kapal api produksi santos jaya abadi ini juga begitu beragam sehingga kamu tidak perlu bingung lagi untuk memilih merk kopi ini. 

Berdasarkan hasil riset sederhana yang telah dilakukan oleh tim sepintaskopi.com harga kopi kapal api untuk dengan berat 165 gr berkisar dari Rp 11.398,00 sampai dengan Rp 16.888,00.

Berikut harga kopi kapal api sachet untuk ukuran 165 gram dari salah satu e-commerce.

  • Rp 11.398,00
  • Rp 12.000,00
  • Rp 12.500,00
  • Rp 12.600,00
  • Rp 12.700,00
  • Rp 12.900,00
  • Rp 12.950,00
  • Rp 13.000,00
  • Rp 14.000,00
  • Rp 14.700,00
  • Rp 14.800,00
  • Rp 16.888,00

2. Kopi Good Day

Siapa yang nggak tau kopi good day. Kopi ini sangat digemari di Indonesia. Berbagai macam varian rasanya juga selalu menjadi favorit masyarakat Indonesia saat ini. 

Salah satu varian yang bisa kamu jajakan adalah good day cappucino dengan coklat granul yang menambah sensasi minum kopi lebih nikmat.

Komposisi dari kopi good day cappucino ini terdiri atas kopi instan, gula, coklat bubuk, kreamer, dan perasa cappuccino.

Harga satu sachet kopi good day cappucino ukuran 25 gram adalah Rp 2.072, 00. Tentu jika kamu membeli dalam jumlah banyak akan mendapatkan harga yang lebih murah pastinya. 

3. Luwak White Coffee

Kopi dengan komposisi kreamer, kopi rendah asam, dan gula ini cocok dengan lidah orang Indonesia. Luwak white coffee bisa jadi pilihan merk kopi sachet di usaha warung kopi sachet milik sahabat ngopi.

Tentunya luwak white coffee ini sudah terbukti halal karena memperoleh ijin dari MUI. Tidak ada kandungan-kandungan yang digunakan pada merk luwak white coffee yang menyalahi aturan sehingga kopi ini layak untuk dikonsumsi. 

Selain itu kopi luwak white coffee ini juga mengklaim produknya aman dikonsumsi oleh orang yang mempunyai masalah dengan asam lambung. Itu karena rasanya yang ringan dan aman bagi pencernaan.

Harga luwak white coffee berat 500 gram untuk 10 pcs yaitu Rp 10.500,00. Berarti harga untuk 1 pcs mencapa Rp 1.050,00. Cukup murah bukan.

4. Kopi Indocafe Coffemix

Indocafe coffee mix mempunyai rasa kopi, creamer, dan gula yang pas. Satu sachet indo cofffee mix sudah terdiri atas ketiga unsur tersebut sehingga terdapat label 3 in 1. 

Sama seperti kopi sachet pada umumnya cara penyajian coffee mix ini sangat mudah. Sahabat hanya tinggal membuka bungkus kopi lalu menuangkan ke dalam gelas. 

Sesudah itu tuangkan air panas ke dalam gelas tadi. Aduk hingga bubuk kopi, creamer, dan gula tercampur sempurna. Untuk mendapatkan rasa yang pas gunakan air sebanyak 150 ml. 

Harga dari merk kopi sachet ini berkisar dari Rp 11.000,00-12.000,00 per 10 pcs. Cukup terjangkau, pastinya harganya akan jauh lebih murah jika kamu membeli dalam jumlah banyak. 

5. Kopi Nescafe

Kopi nescafe ini sudah banyak di pasaran Indonesia. Selain itu juga familiar bagi masyarakat Indonesia khususnya para penikmat produk kopi sachet. 

Usaha warkop rumahan kamu akan semakin lengkap dengan adanya produk kopi nescafe ini. Ada dua produk yang sepintaskopi rekomendasikan karena harganya yang terjangkau.

Produk kopi nescafe untuk usaha warkop rumahan kamu yang pertama adalah nescafe classic. Kopi yang digunakan adalah biji kopi robusta dengan rasa yang kuat dan mantap.

Selain nescafe classic ada juga nescafe gold dengan cita rasa kopi dari campuran antara arabika dan robusta. Ciri khas rasa kopi ini yaitu lebih lembut dan kaya. 

Harga kedua produk kopi sachet dari nescafe hanya berkisar Rp 1.000,00 - Rp 2.000,00.

6. Kopi Torabika

Kalau yang satu ini juga bisa nih kamu sajikan di usaha warkop rumahan kamu. Kopi torabika dengan rasa capucino memang punya rasa kopi yang mantap.

Jangan lupa kopi ini punya coklat granul yang menambah kekayaan rasa si kopi sachet ala cafe ini. Selain rasanya yang nikmat dan banyak digemari, harganya pun juga terjangkau. 

Harga tiap 10 pcs nya hanya Rp 17.500,00 saja. So tunggu apa lagi, lengkapi menu kopi di usaha warkop rumahan kamu dengan kopi torabika capucino ini ya. 

Bikin usaha warkop rumahan memang kelihatannya mudah, tapi kamu harus mempertimbangkan banyak hal agar dapat cuan maksimal. Semoga usaha warung kopi sederhana kamu bisa sukses ya. 


Referensi

https://blog.amartha.com/tips-sukses-usaha-warung-kopi-modal-kecil/

https://www.rumah.com/panduan-properti/warung-kopi-54892

https://artikel.rumah123.com/9-tips-sukses-usaha-warung-kopi-di-rumah-modal-kecil-cuan-besar-60581

https://www.gramedia.com/best-seller/merek-kopi/ 

https://www.blibli.com/harga/kopi-kapal-api--kapal-api

https://www.kominfo.go.id/content/detail/17062/hoaks-minuman-white-koffie-mengandung-babi/0/laporan_isu_hoaks

 https://youtu.be/zT9efjeif6s

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Pengen tau apa aja produk best seller kopi kenangan . Ini dia, sepintaskopi.com bakalan bahas tentang itu nih. Kopi kenangan yang sudah berdiri sejak tahun 2017 mempunyai berbagai produk yang sangat menarik untuk dicoba. Produknya ada yang menu kopi maupun non kopi. Baca juga :  Berapa Biaya Francise Kopi Kenangan? Tanpa berlama-lama lagi, yuk bahas tentang produk best seller kopi kenangan.  Produk Best Seller Kopi Kenangan Sebenarnya apa aja sih produk best seller kopi kenangan yang banyak diminati anak milenial. Ini dia produknya. 1. Kopi Kenangan Mantan Nama produk yang familiar membuat kopi kenangan mantan sangat mudah diingat oleh para konsumennya. Selain namanya yang mudah diingat rasanya pun enak. Kopi kenangan mantan dibuat dari kopi espresso dicampur dengan susu dan ditambah dengan gula aren asli. Tara terciptalah kopi kenangan mantan yang bakal menghapus rasa dahagamu dan kantukmu. Kombinasi antara kopi, susu, dan gula aren sangat pas. R