Langsung ke konten utama

Contoh Usaha Warung Kopi Modern di Indonesia

Berapa Sih Keuntungan Kedai Kopi?

Keuntungan kedai kopi, potensi bisnis kopi, apakah bisnis kopi menjanjikan, peluang usaha kopi kekinian
Gambar oleh Engin_Akyurt dari Pixabay

Sepintaskopi.com - Pengen tau nih, berapa sih keuntungan kedai kopi? Yaps kali ini kami akan mengulik sejenak tentang laba yang bisa diperoleh dari berbisnis kopi. 

Berapa Sih Keuntungan Kedai Kopi

Oke, tapi sebelum itu tau tentang keuntungan kedai kopi yuk kita coba cari tahu dulu potensi bisnis kopi di Indonesia saat ini.

Ini Dia Keuntungan Kedai Kopi Saat Ini

Tim kami tidak akan memberikan gambaran secara gamblang berapa jumlah nominal keuntungan kedai kopi. Namun, lebih kepada keuntungan yang didapat secara kualitatif yaitu memperoleh omset harian.

Bisnis kopi ini memberikan omset harian kepada para pelakunya. Kamu bisa menghitung omset dan keuntungannya melalui harga per gelas yang kamu jual. 

Oke mari kita hitung dengan permisalan. Jika kamu menjual kopi per gelas Rp 5.000,00 dan dalam satu hari 100 kopi terjual. Artinya kamu mendapat omset sebesar Rp 500.000,00. Lumayan kan.

Lalu untuk keuntungannya, jika kamu menghitung pembelian kopi sachet sebesar Rp 3.000,00 per bungkus. Artinya laba setiap gelas adalah Rp 2.000,00. Jadi laba yang kamu dapat adalah Rp 200.000,00 per harinya. Eits bentar ini baru kopinya aja ya.

Setelah menghitung keuntungan kedai kopi tersebut maka kamu bisa memperkirakan berapa uang yang kamu peroleh selama sebulan. Ternyata cukup menggiurkan ya.

Potensi Bisnis Kopi di Indonesia

Sebenarnya apakah bisnis kopi menjanjikan ya saat ini. Pertanyaaan ini sering muncul dalam benak calon pengusaha bisnis kopi. Hal itu tidak mengherankan mengingat banyaknya para pelaku bisnis kopi saat ini yang sudah bertebaran di mana mana. 

Mencari Tau Besarnya Potensi Bisnis Kopi Nusantara

Nah, untuk mengetahui tentang potensi bisnis kopi di Indonesia kami akan membahas beberapa hal berikut ini.

1. Indonesia Merupakan Negara Pengonsumsi Kopi Terbesar Peringkat 7 Dunia

Dilansir dari buku peluang usaha IKM Kopi, Indonesia meruapakan negara dengan jumlah konsumen kopi terbesar ke 7 dunia. Bayangkan, negara kita ini kaya akan penikmat kopi loh. Tentu saja hal ini akan sangat disayangkan jika potensi pasar ini dilewatkan.

2. Indonesia Sebagai Produsen Kopi Ke 4 Terbesar di Dunia

Ternyata tidak hanya sebagai pengonsumsi kopi, negara kita ini juga penghasil kopi terbesar ke 4 setelah Kolombia. 

Sebagai negara penghasil kopi, sudah selayaknya jika bisnis-bisnis kopi ini bisa tumbuh dengan subur. Ini dikarenakan pasokan bahan baku yang melimpah.

3. Kopi Sebagai Produk Perkebunan Terbesar Ke 6 di Indonesia

Ini juga merupakan sebuah bukti nyata bagaimana besarnya komoditas sang emas hitam dari nusantara. 

Ternyata kopi di Indonesia menjadi produk terbesar ke 6 setelah kelapa sawit. Bayangkan kelapa sawit sebagai bahan baku di rumah tangga aja hampir tersaingi dengan kopi.

4. Pesatnya Pertumbuhan Peminum Kopi di Indonesia

Masih dilansir dari buku peluang usaha IKM kopi, ternyata Indonesia memiliki pertumbuhan peminum kopi sebesar 8% per tahunnya. 

Faktanya, angka ini lebih besar dibandingkan dengan pertumbuhan peminum kopi di dunia sebesar 6% tiap tahunnya.

Dari sini dapat kita ketahui ni sahabat ngopi ternyata potensi bisnis kopi di Indonesia cukup besar. Lalu apakah bisnis kopi menjanjikan? Jawabannya ada di sini.

Apakah Bisnis Kopi Menjanjikan di Indonesia?

Seiring dengan membludaknya para penikmat kopi maka bisnis ini akan tetap menjanjikan. Saat ini minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup khususnya bagi para anak muda. 

Sekarang kopi sudah tidak lagi hanya dikenal sebagai minuman kalangan tua saja.

Bahkan, ada yang menggunakan kopi sebagai alat pengukur status sosial seseorang. 

Misalnya kamu membeli kopi di salah satu cafe yang mempunyai brand internasional, disitu kamu akan dianggap mampu dan kaya. Mari melihat segala sesuatu sebagai potensi yang positif.

Jadi gimana? Semoga pertanyaan mengenai apakah bisnis kopi menjanjikan di Indonesia sudah terjawab ya. 

Peluang Usaha Kopi Kekinian 

Jika berbicara tentang peluang usaha kopi kekinian maka sasaran konsumen yang paling tepat adalah anak muda. 

Siapa lagi, orang yang mau menghabiskan waktunya untuk menikmati secangkir kopi bersama teman-teman nongkrongnya.

Inilah alasan kenapa peluang usaha kopi kekinian sangat menjanjikan.

1. Ketertarikan Anak Muda Pada Sesuatu Yang Viral

Sesuatu yang viral sangat disukai oleh anak muda jaman sekarang. Ini juga berlaku pada sebuah produk, kopi salah satunya. 

Jika kamu dapat membuat produk kopi yang kamu miliki viral, siap-siaplah memperoleh keuntungan yang besar. Cobalah bekerja sama dengan influencer untuk memviralkan produkmu ini.

2. Tingginya Minat Anak Muda Pada Kopi Kekinian

Rasa kopi kekinian yang beraneka ragam menjadi salah satu alasan tingginya peluang usaha kopi kekinian. 

Jika kamu bisa menemukan sebuah formula baru dalam produk kopimu, tidak menutup kemungkinan usaha kamu akan kebanjiran pembeli.

3. Tidak Memerlukan Tempat yang Rumit

Usaha kopi kekinian sekarang dapat dilakukan dimana saja. Bahkan hanya di rumah dengan konsep ghost kitchen. Adanya kemajuan teknologi akan mempermudah kamu menjalankan usaha ini.

4. Peluang Pasar Yang Sangat Luas

Tidak hanya anak muda, hampir semua umur menyukai kopi. Jika kamu sudah mengetahui minat kopi dari masing-masing generasi maka akan lebih mudah untuk menentukan produk kopimu.

Jadi seperti itulah kira-kira gambaran dari keuntungan kedai kopi. Semoga bisa menginspirasi kamu ya untuk terus maju. Yuk berani bergerak.

Referensi

https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/tren-bisnis-kopi/

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-meraup-untung-besar-melalui-peluang-bisnis-kopi/

http://www.pengusahasukses.com/peluang-bisnis-kopi-dan-analisa-usahanya/

https://post.app/blog/keuntungan-bisnis-kopi-kekinian/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Pengen tau apa aja produk best seller kopi kenangan . Ini dia, sepintaskopi.com bakalan bahas tentang itu nih. Kopi kenangan yang sudah berdiri sejak tahun 2017 mempunyai berbagai produk yang sangat menarik untuk dicoba. Produknya ada yang menu kopi maupun non kopi. Baca juga :  Berapa Biaya Francise Kopi Kenangan? Tanpa berlama-lama lagi, yuk bahas tentang produk best seller kopi kenangan.  Produk Best Seller Kopi Kenangan Sebenarnya apa aja sih produk best seller kopi kenangan yang banyak diminati anak milenial. Ini dia produknya. 1. Kopi Kenangan Mantan Nama produk yang familiar membuat kopi kenangan mantan sangat mudah diingat oleh para konsumennya. Selain namanya yang mudah diingat rasanya pun enak. Kopi kenangan mantan dibuat dari kopi espresso dicampur dengan susu dan ditambah dengan gula aren asli. Tara terciptalah kopi kenangan mantan yang bakal menghapus rasa dahagamu dan kantukmu. Kombinasi antara kopi, susu, dan gula aren sangat pas. R