Langsung ke konten utama

Ini Lho Indonesia Gudangnya Kopi Terbaik Dunia


SEMARANG - Sepintaskopi.com - Hasil perkebunan kopi di Indonesia dinilai produktif karena selalu mengalami kenaikan dari tahun ketahun. Dalam jangka waktu satu tahun saja Indonesia mampu memproduksi biji kopi seberat 674.000 ton ditahun 2018, meskipun masih belum bisa mendekati negara Brazil. 

Sebagian besar jenis kopi yang diproduksi di Indonesia adalah kopi robusta. Perlu diketahui, kopi merupakan komoditi agrikultur penghasil devisa terbesar keempat di Indonesia.  

Kopi lokal sudah menjadi idola di banyak negara, salah satunya adalah kopi luwak. Harganya yang mahal setara dengan sensasi rasa yang diberikan tentunya. Bahkan, digadang-gadang kopi luwak sudah menjadi kopi termahal di dunia. 

Namun, tidak bisa dipungkiri ada beberapa orang yang kurang suka dengan jenis kopi lokal ini karena asal kopi dari sisa kotoran luwak yang selalu mempertanyakan tentang aspek kesehatannya. 

Tahukah kamu, jika ada kopi lokal yang sudah dipatenkan oleh Jepang? Negara Jepang sudah berhasil mematenkan kopi lokal asal pulau Sulawesi ini. 

Apalagi kalau bukan kopi toraja, kopi yang memiliki rasa unik, utamanya pada rasa pahit yang hanya terasa diawal saja. Salah satu jenis kopi arabika yang ada di Indonesia ini banyak digemari oleh pengunjung kedai kopi di Jepang.

8 Kopi Lokal Indonesia yang Wajib  Dicoba

Kopi lokal memiliki banyak varian yang bisa kamu rasakan. Inilah kopi lokal yang ada di Indonesia dan wajib kamu ketahui sebagai pecinta kopi-kopi lokal. 

1. Kopi Kintamani

Kopi asal Pulau Dewata ini banyak digemari oleh masyarakat Eropa dan Jepang. Ciri khas dari kopi kintamani adalah aciditynya yang sedang. Aromanya pun harum mengarah ke wangi bunga dengan dominasi rasa asam yang berasal dari tanaman buah jeruk. 

2. Kopi Toraja

Ciri khas dari kopi toraja terletak pada aftertastenya yang unik karena tidak meninggalkan rasa pahit sedikitpun. Inilah yang menyebabkan kopi toraja banyak diminati, bahkan sudah diekspor di negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika.

3. Kopi Mandailing

Karakteristik kopi yang telah mendunia ini sangatlah khas, terutama pada aromanya yang harum. Oleh sebab harumnya aroma kopi yang berasal dari Pulau Sumatera ini, banyak yang mencampurkan jenis kopi ini dengan kopi lain dengan tujuan memantapkan aromanya. 

Baca juga : 10 Fakta Menarik Kopi di Indonesia

Tenang, kopi ini punya acidity yang rendah sehingga aman untuk lambung. Buat kamu yang mempunyai riwayat maag tidak perlu khawatir saat minum kopi yang asalnya dari Pulau Sumatera ini.

4. Kopi Sidikalang

Sidikalang adalah sebuah daerah yang ada di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Wilayahnya sejuk dan sangat pas untuk perkebunan kopi. Itulah yang mendukung kekhasan rasa dari kopi Sidikalang ini. 

Mantapnya rasa dari kopi asal Sumatera Utara ini dikarenakan aroma wanginya yang kuat ditambah dengan kompleksitas rasa yang menantang. Sebagai info tambahan saja, kopi sidikalang merupakan salah satu pesaing kuat kopi brazil. 

5. Kopi Gayo

Nikmatnya kopi asal Aceh ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Masyarakat Eropa sudah keblinger dengan kenikmatan kopi gayo ini. Karakternya kuat dengan tingkat keasamannya yang rendah membuatnya sangat digemari dan menjadi salah satu produk dengan kualitas premium. 

Baca juga : Godaan Cita Rasa Kopi Gayo

Keunggulan dari kopi gayo terletak pada proses penanamannya yang masih organik. Selain itu juga keunikan rasanya yang mantap ketika diseruput. 

6. Kopi Java Ijen Raung

Produk kopi lokal dari Bondowoso ini tidak kalah menarik perhatian para pecinta kopi dunia. Pada tahun 2011 brand kopi lokal ini telah berhasil masuk ke pasar internasional dan sangat diterima di sana. 

Keistimewaan rasa yang sedikit pedas berpadu dengan aroma rempah menambah kenikmatan setiap sruputan kopi lokal ini. Cita rasa pedas dari java ijen bisa berasal dari tumbuhan-tumbuhan yang hidup di sekitar perkebunan kopi di sana.

7. Kopi Bajawa 

Flores juga mempunyai produk kopi andalan yaitu kopi bajawa. Ekspor biji kopi asal Nusa Tenggara Timur ini sudah mencapai Benua Amerika yang merupakan tujuan ekspor terbesar. Perpaduan rasa kopi bajawa sangatlah unik karena kamu bisa merasakan rasa coklat sekaligus rasa vanila berbaur dalam secangkir kopi bajawa. 

8. Kopi Temanggung

Salah satu kopi dari tanah jawa yang terkenal ya kopi temanggung ini. Ada dua jenis kopi yang ada di Kota Temanggung yaitu arabika dan robusta. 

Kopi arabika di wilayah ini cenderung memiliki acidity yang tinggi ditambah lagi rasa aroma tembakaunya yang khas. Hal ini disebabkan lahan kopi yang sangat berdekatan dengan adanya kebun tembakau.

Selain kopi arabika, Temanggung juga punya kopi robusta. Dominasi rasa pahit dikombinasikan  dengan aroma tembakau membuat kopi robusta dari Jawa Tengah ini sangat diminati juga. Buktinya, ekspor kopi robusta dari Temanggung sudah mencapai Amerika, Eropa, dan negara-negara Timur Tengah. 

Nah, itulah delapan kopi-kopi lokal asli dari Indonesia yang wajib kamu cobain. Mungkin dari delapan kopi tersebut sudah ada yang pernah kamu coba, silahkan kasih testimoninya di kolom komentar ya. Jangan lupa, terus update informasi seputar kopi hanya di sepintaskopi.com.

Sumber :






   


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Kenali 5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung dalam Kopi

Gambar diambil dari Pixabay Sepintaskopi.com - Tidak heran jika kopi memiliki segudang manfaat, ternyata dalang dibalik semuanya manfaat kesehatan itu adalah kandungan asam klorogenat. Kandungan ini banyak membantu para penikmat kopi untuk terbebas dari resiko serangan penyakit.  5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung di Dalam Kopi Asam klorogenat merupakan jenis asam yang paling banyak terkandung di dalam biji kopi. Saat biji kopi belum melalui proses roasting kadar asam ini mencapai 8%. Sedangkan, setelah mengalami proses roasting kadarnya turun menjadi 4%. Berikut ini beberapa manfaat asam terbesar yang terkandung di dalam kopi. 1. Antivirus Hepatitis B Kandungan klorogenat pada kopi sudah terbukti dapat menjadi penghambat pertumbuhan hepatitis B di dalam tubuh. Penelitian menjelaskan klorogenat bisa mencegah virus hepatitis baik secara in vivo maupun in vitro.  2. Antioksidan Jika dibandingkan dengan aktivitas antioksidan kafein, bisa dibilang asam

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa B