Simak Yuk, Karakteristik Khas Kopi Tanah Jawa yang Membawa Pesona

Sumber : Cafebrick.co.id

Sepintaskopi.com - Tanah Jawa yang terkenal kesuburannya sangat potensial untuk perkebunan kopi. Sudah banyak jenis kopi yang sukses ditanam di sana. Asal muasal kopi lokal berasal dari tanah jawa yang kemudian disebar ke seluruh pelosok negeri oleh penjajah kala itu. 

Meski sempat meredup, kini eksistensi kopi jawa mulai melenggang lagi sejak tren minum kopi semakin dikenal oleh seluruh kalangan masyarakat.

A cup of Java, begitu para kolonial menyebut kopi Jawa. Kualitas kopi jawa sangat diakui, berdasarkan hasil penelitian di Amsterdam, kopi jawa mempunyai rasa yang nikmat. Mereka bahkan tak menyangka akan mendapatkan kopi dengan kualitas seperti yang telah diperoleh di jawa.

Karakteristik Kopi Jawa

Kopi dari tanah jawa sudah terkenal akan rasanya yang nikmat. Kopi yang ditanam secara baik tidak akan pernah mengkhianati hasil. Tanah jawa yang subur mempengaruhi keberhasilan budidaya kopi lokal yang satu ini. Berikut adalah karakteristik dari kopi lokal dari tanah Jawa ini, yaitu :

1. Aroma Tipis Rempah

Harumnya aroma rempah akan semakin menambah nikmat saat meminum kopi lokal ini. Meskipun tidak kuat, aroma rempah berkontribusi untuk merelaksasikan pikiran.

2. Tingkat Keasaman Rendah

Bagi kamu yang memiliki riwayat maag bisa lebih tenang ketika menjajal kopi jawa ini. Acidity kopi jawa yang rendah tidak akan mengganggu nikmatnya kebiasaan minum kopi kamu.

3. Ukuran Biji Kopi Lebih Kecil dari Kopi Robusta

Kopi Jawa yang mayoritas kopi robusta ternyata masih memiliki perbedaan dengan kopi robusta lainnya yaitu ukurannya. Apabila dilihat dari ukurannya biji kopi jawa lebih kecil dibandingkan dengan biji kopi robusta pada umumnya.

4. Kandungan Kafein Rendah

Untuk  kamu yang ingin menikmati kopi tanpa takut mengalami insomnia, kopi jawa bisa jadi pilihanmu. Kafeinnya yang rendah juga mengurangi rasa pahit dalam secangkir kopi yang kamu minum.

Baca juga : Ini Lho Indonesia Gudang Kopi Terbaik di Dunia

5. Kekentalan Medium

Kekentalan medium dapat dirasakan melalui lidah saat menyeruput kopi. Tingkat kekentalan bisa dipengaruhi oleh proses roasting biji kopi. Semakin tinggi tingkatan roasting maka dapat dipastikan kekentalan juga semakin tinggi tingkatannya.

Nikmati Kopi Jawa Tanpa Gula

Rasa otentik dari Kopi Jawa dapat diperoleh dengan meminumnya tanpa tambahan gula. Cara ini akan menambah sensasi minum kopi jawa yang sebenarnya. Aroma tipis rempah-rempah dari kopi jawa akan tercium dengan jelas. 

Baca juga : Menikmati Kopi Organik

Macam Kopi Jawa 

Ada berbagai macam kopi dari tanah jawa yang bisa kamu kenali. Berikut ini merupakan jenis-jenis kopi yang ada di tanah jawa. 

1. Robusta

Robusta adalah mayoritas varietas kopi yang ditanam di tanah Jawa. Adapun produk-produk kopi robusta ini banyak dihasilkan dari daerah Temanggung dan Wonosobo. Perkebunan kopi robusta ini tersebar di lebih dari 15 kecamatan di Temanggung.

2. Arabika

Kabupaten Temanggung ternyata juga menghasilkan biji kopi arabika berkualitas meskipun tidak dalam jumlah sebanyak kopi robusta. Kopi arabika ini ditanam sebagai tanaman tambahan di samping lahan tembakau. 

Nah, itu tadi artikel mengenai kopi khas dari tanah Jawa. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu mengenai kopi jawa.

Sumber :




Komentar