Manisnya Berbisnis Kopi Tak Seperti Rasanya

Sumber : Kompasiana.com
Apa itu Kopi ?

Sepintaskopi.com - Kopi diketahui memiliki istilah lain yaitu qahwah, begitu orang-orang Arab menyebutnya. Kata ini memiliki arti, kekuatan. Bukan tanpa sebab, mereka menamainya demikian, hal itu dikarenakan kopi dimanfaatkan sebagai minuman berenergi tinggi. Bangsa Turki menyebutnya kahveh. 

Seiring dengan berjalannya waktu kopi masuk ke Eropa. Belanda menamainya koffie. Nama inilah yang sampai hari ini dipakai oleh orang Indonesia untuk menyebut minuman hitam dengan kadar kafein tinggi ini, tentunya dengan beberapa perubahan penyebutan yang cocok untuk orang Indonesia.

Kopi merupakan minuman yang memiliki efek psikostimulant yang dihasilkan dari biji kopi yang telah disangrai dengan berbagai metode dan diseduh untuk menghasilkan cita rasa dan aroma yang khas. Efek yang satu ini menyebabkan seseorang memiliki fokus yang tinggi dan bisa menjadikan seseorang terjaga dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Kamu juga dapat memanfaatkan kopi sebagai pereda dikala stress menyerang. Menurut world journal of biological psychiatry, kopi hitam dapat meningkatkan harapan hidup pasien yang mengalami depresi. 

Tips Sukses Membuka Kedai Kopi Ala Sepintaskopi.com

Kini, kopi yang sangat digandrungi oleh banyak orang termasuk para kawula muda, apalagi mengingat tren untuk mengonsumsi kopi berkualitas semakin menggelora. 

Ini bisa menjadi peluang terbaik untuk membuka usaha kedai kopi simpel namun meyakinkan. Jika kamu tertarik dengan bisnis ini, perhatikanlah tips sukses berbisnis kopi berikut ini.

1. Tetapkan Tujuan Anda Berbisnis Kopi

Tujuan dari sebuah bisnis sangatlah beragam. Menentukan tujuan sedari awal akan mengarahkan kamu saat sedang dilanda kebimbangan. Dalam berbisnis, pasti akan ada saat di mana kamu mengalami kemandegan.

Disaat kamu mengalami momen tersebut, ingatlah kembali apa tujuan kamu menjalankan bisnis ini. Renungkan kembali, apakah kamu rela membuang semua perjuangan yang telah dibangun sejak lama hanya karena masalah yang sebenarnya bukan apa-apa. Inilah fungsi dari sebuah tujuan bisnis.

2. Lakukan Riset Pasar Terlebih Dahulu

Jika memang kamu sudah tahu bahwa bisnis kopi ini sangat menguntungkan, tentukan dulu apa saja produk kopi yang paling diminati di daerahmu. Selain itu, riset juga bagaimana kebiasaan orang di daerahmu saat minum kopi, apakah mereka lebih suka membeli dalam bentuk bubuk atau langsung diminum di kedai. 

Lalu, jika ingin mendirikan sebuah kedai, tentukan tempat yang paling strategis untuk sebuah kedai. Lokasi kedai yang strategis akan menambah peluang untuk mendapatkan customer, apalagi jika ditambah desain kedai yang menarik dan unik.

3. Konsep Rencana Bisnismu Secara Matang

Kamu harus memiliki konsep yang jelas tentang usaha kedai kopi yang akan kamu jalankan ini. Mulailah melist barang-barang yang diperlukan untuk bisnis kopi. 

Misalnya, mesin penggiling kopi, drip coffee maker, moka pot, mesin ekspresso komersial, peralatan untuk memasak, dan sebagainya. Jangan lupa libatkan juga timmu yang lain ya.

4. Pertimbangkan Permasalahan yang Akan Kamu Hadapi

Setiap bisnis pasti akan bertemu dengan yang namanya masalah. Pertimbangan secara matang akan membuat kamu lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan. Selain itu mempertimbangkan resiko akan memperjelas strategi kamu menjadi lebih spesifik lagi.

Berbisnis kopi tidaklah mudah, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Masalah supplier, tempat kedai, desain, menu, karyawan, barista, dan sebagainya. Semua itu sudah menjadi paket komplit masalah saat kamu memutuskan membuka usaha minuman berkafein ini.

5. List Apa Saja yang Diperlukan untuk Berbisnis Kedai Kopi

Buatlah daftar kebutuhan berkaitan dengan usaha kopi yang akan kamu rintis. List ini akan membantu kamu saat menyusun anggaran dan menentukan modal yang dibutuhkan. Inilah contoh list yang bisa kamu lakukan.

         a. Supplier kopi
         b. Alat pembuat kopi
         c. Karyawan
         d. Barista
         e. Lokasi kedai
         f. Desain kedai
         g. dan lain sebagainya

Usahakan list semua keperluan sampai pada hal yang paling kecil. Tambahkan pula estimasi biaya yang diperlukan untuk setiap item.

6. Menentukan Target Market

Tentukanlah target market kamu sejak awal memulai bisnis ini. Pada dasarnya target market akan menjadi sebuah pondasi yang akan menentukan jenis produk yang akan kamu branding. 

Jika kamu menginginkan target pasar anak muda maka desain, produk, dan pemasarannya harus disesuaikan dengan target pasar kamu yaitu anak muda.

7. Memilih Produk Kopi yang Paling Diminati Target Market Kamu

Setiap orang pasti memiliki selera kopi yang berbeda-beda. Inilah pentingnya memilih produk kopi yang paling diminati oleh target market kamu. Jadikan produk yang paling diminati menjadi produk andalan kamu. Untuk mengetahui selera target pasar, perlu dilakukan riset secara mendalam.

8. Merekrut Karyawan dan Barista Sesuai Kriteria yang Diperlukan

Tentukan kriteria yang kamu perlukan untuk setiap karyawan dan juga barista. Apa yang menjadi prioritas kamu, seorang barista yang bisa menunjukan keahliannya dalam meracik kopi atau kamu menginginkan seorang barista yang mempunyai kemampuan bersosialisasi yang baik sehingga mampi membuat kopi menjadi lebih menarik.

9. Rancang Desain Kedai Kopi Kamu

Desain bisa menjadi media pemasaran yang efektif. Jika orang tertarik dengan desain di kedai kopi kamu, ada kemungkinan mereka akan mengunjungi situs situs kedai kopi kamu dan mencari informasi yang akan memperkuat alasan mereka untuk menikmati kopi di kedai kamu.

10. Pelajari Seluk Beluk Bisnis Kopi Lebih Dalam

Belajarlah dari buku, internet, maupun orang yang sudah berpengalaman. Serap ilmu bisnis sebanyak-banyaknya dan terapkan mana yang cocok untuk memajukan bisnis kopi yang sedang kamu jalankan.

Peluang Bisnis di Dunia Perkopian
  
Setelah membaca tips sukses membuka kedai kopi, saatnya sepintaskopi.com memberikan kabar gembira untuk para pembaca setia sepintaskopi.com. Ada banyak peluang bisnis di dunia perkopian yang bisa kamu jalani. Nah, berikut ini uraiannya untuk kamu.

1. Barista

Maraknya kedai kopi di Indonesia menjadi peluang berharga untuk kamu yang tertarik menjadi seorang barista. Banyak kedai yang membutuhkan barista profesional untuk menyajikan kopi spesialnya. 

Namun, ada juga kedai yang membuka lowongan untuk barista yang masih belajar. Jadi perusahaan menyediakan training untuk kamu yang belum mahir meracik sajian kopi.

2. Kedai Kopi

Membuka kedai kopi sangat menjanjikan di Indonesia. Penggemar kopi di Indonesia kian banyak dan mereka sudah menyadari tentang arti penting dari kualitas kopi yang berasal dari biji kopi asli. Peluang ini masih terbuka lebar, ditambah lagi prospek yang diperoleh juga lumayan menggiurkan.

3. Cafe

Mendirikan cafe juga bisa menjadi pilihanmu untuk menggeluti bisnis kopi. Selain menyediakan minuman berupa kopi, cafe biasanya juga menyediakan beberapa menu makanan yang sederhana namun tetap berkualitas. Untuk bisnis cafe ini, kamu butuh modal yang lebih besar dibandingkan kedai kopi.

4. Supplier

Peluang untuk kamu penggila kopi adalah menjadi supplier kopi. Kamu bisa berkomunikasi dengan para petani untuk ikut memasarkan dan menjual produk-produk kopi mereka. 

Keuntungan menjadi seorang supplier adalah kamu bisa lebih mengenal kopi dari berbagai daerah. Selain itu juga membantu petani dalam memasarkan produk kopi yang telah mereka tanam dengan susah payah.

Nah, itu dia informasi mengenai peluang bisnis kopi. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi kepada para pembaca sekalian.


Sumber :

https://www.cermati.com/artikel/kiat-sukses-membangun-usaha-kafe-dengan-modal-minim
https://majalah.ottencoffee.co.id/5-cara-awal-menjadi-barista/
https://www.tokomesin.com/peluang-bisnis-kopi-dan-analisa-usahanya.html
http://www.pengusahasukses.com/peluang-bisnis-kopi-dan-analisa-usahanya/
https://www.jurnal.id/id/blog/2018-meraup-untung-besar-melalui-peluang-bisnis-kopi/
https://majalah.ottencoffee.co.id/4-ide-bisnis-di-dunia-kopi-dengan-modal-ringan/



Komentar