Langsung ke konten utama

Ritual Membuat Kopi Nikmat Ala Syphon Coffee Maker

syphon coffee maker
Gambar oleh Quang Nguyen Vinh dari Pexels

Sepintaskopi.com – Kopi bisa dibuat dengan berbagai cara, manual brew salah satunya, sahabat ngopi bisa memilih cara yang paling digemari. Ada satu cara membuat kopi seru karena setiap prosesnya membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Teknik ini menggunakan alat yang disebut dengan syphon coffee maker. 

Untuk menikmati secangkir kopi dari alat istimewa ini, Kamu harus sabar menunggu kurang lebih 15 menit. Kenapa bisa demikian? Karena ada beberapa tahapan penting yang memang cukup menguras waktu agar kopi yang dihasilkan benar-benar memuaskan baik dari segi aroma, rasa, dan flavour.

Berikut ini sepintaskopi.com akan menyajikan informasi penting mengenai cara membuat kopi dengan menggunakan syphon. Selamat memperoleh pengetahuan baru tentang kopi para sahabat ngopi.

Apa Itu Syphon Coffee Maker ?

syphon coffee maker
Gambar oleh Omar Rodriguez dari Pexels

Syphon coffee maker merupakan alat penyeduh kopi manual (manual brew). Bagian-bagian syphon terdiri atas penutup, chamber, server, kompor, dan penyaring. Sebelum memulai ritual pembuatan kopi Kamu harus tahu cara merangkai bagian-bagian alat ini agar tidak salah langkah.

Ada hal yang harus Kamu tahu agar alat ini bisa tetap awet. Kamu harus berhati-hati saat menggunakan alat penampung air yang termasuk bagian dari alat ini. Pasalnya bahan dasarnya terbuat dari kaca sehingga bagian inilah yang sangat rentan mengalami kerusakan.

Pastikan juga Kamu sudah mengisi kompor dengan bahan bakar. Kompor menggunakan bahan bakar berupa spirtus. Bahan bakar ini bisa Kamu temukan di toko alat-alat kimia.

Tahapan Pembuatan Kopi Menggunakan Syphon Coffee Maker

Durasi pembuatan kopi menggunakan syphon coffee maker akan sedikit lebih lama. Namun, Kamu bisa menikmati setiap proses dan tahapan yang ada di alat dengan desain unik ini. Berikut ini tahapan-tahapan yang harus Kamu lakukan untuk menikmati kopi dari alat syphon. 

1. Masukkan air ke dalam tempat penampung air/server yang tersedia. Kami menyarankan menggunakan air yang sudah panas untuk mempersingkat waktu pembuatan kopi.

syphon coffee maker
Gambar oleh Quang Nguyen Vinh dari Pexels

2. Kamu bisa mengambil bagian penampung bubuk kopi dan juga alat penyaringnya dahulu. Lalu pasangkan alat penyaring tersebut ke bagian dasar penampung bubuk kopi. 

3. Kaitkan pengait yang ada di bagian penyaring dengan funnel. Tujuannya agar proses penyaringan bisa dilakukan dengan baik nantinya.

4. Pilihlah bubuk kopi dengan ukuran medium saja. Masukkan bubuk kopi ke dalam alat penampung kopi yang ada di atas penampung air pada syphon coffee maker tersebut. Rasio bubuk kopi bisa disesuaikan dengan selera sahabat ngopi sekalian.

syphon coffee maker
Gambar oleh Quang Nguyen Vinh dari Pexels

5. Kamu bisa menyalakan api pada kompor yang telah diisi dengan spirtus. Pastikan api menyentuh bagian bawah alat penampung air pada syphon.

6. Tunggu sampai air dialirkan ke tempat penampung kopi yang berada di bagian atas. Coba perhatikan prosesnya.

7. Setelah air terkumpul di bagian atas dan bercampur dengan kopi, aduk kopi tersebut dengan menggunakan sendok. Tunggu kurang lebih selama 30 detik untuk memperoleh hasil yang sempurna.

8. Matikan kompor, agar kopi bisa kembali ke bagian bawah dan secara otomatis sudah tersaring dengan baik.

9. Lepaskan bagian penampung kopi tadi agar lebih memudahkan menuangkan kopi. Tuangkan kopi ke dalam cangkir. Kopi siap untuk dinikmati.

syphon coffee maker
Gambar oleh Quang Nguyen Vinh dari Pexels

Tidak singkat memang menggunakan teknik ini dan tentunya perlu kesabaran lebih. Tapi Kamu yang suka menikmati kopi dengan cara unik bisa coba syphon coffee maker ini. Sekarang sudah tersedia juga syphon buatan Indonesia yang bisa Kamu jajal sensasinya.


Sumber 

Majalah otten Coffee 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Kenali 5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung dalam Kopi

Gambar diambil dari Pixabay Sepintaskopi.com - Tidak heran jika kopi memiliki segudang manfaat, ternyata dalang dibalik semuanya manfaat kesehatan itu adalah kandungan asam klorogenat. Kandungan ini banyak membantu para penikmat kopi untuk terbebas dari resiko serangan penyakit.  5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung di Dalam Kopi Asam klorogenat merupakan jenis asam yang paling banyak terkandung di dalam biji kopi. Saat biji kopi belum melalui proses roasting kadar asam ini mencapai 8%. Sedangkan, setelah mengalami proses roasting kadarnya turun menjadi 4%. Berikut ini beberapa manfaat asam terbesar yang terkandung di dalam kopi. 1. Antivirus Hepatitis B Kandungan klorogenat pada kopi sudah terbukti dapat menjadi penghambat pertumbuhan hepatitis B di dalam tubuh. Penelitian menjelaskan klorogenat bisa mencegah virus hepatitis baik secara in vivo maupun in vitro.  2. Antioksidan Jika dibandingkan dengan aktivitas antioksidan kafein, bisa dibilang asam

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa B