Langsung ke konten utama

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Tetap Sehat dengan Minum Kopi Organik

Sumber : disbun.jabarprov.go.id

Sepintaskopi.com Kebiasaan minum kopi yang sudah mendarah daging harusnya bisa meningkatkan kesehatan tubuh kita. Tren minum kopi organik bisa kamu ikuti sedari sekarang. 

Tidak hanya mendapatkan kenikmatan dari minum kopi, kamu juga akan memperoleh manfaat kesehatan karena proses pengolahan kopi yang ramah lingkungan. Mulai dari sekarang, sepintaskopi.com menyarankan agar kamu selektif dalam memilih kopi, dan pilihlah kopi organik.

Apa itu kopi organik ?

Tren mengonsumsi makanan dan minuman organik semakin merebak. Mindset masyarakat mulai sadar bahwa bahan-bahan organik lebih sehat dan bisa memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Kopi organik hadir memberikan solusi sehat bagi pencinta kopi. 

Pengolahan, proses budidaya dan dampak terhadap lingkungan merupakan cerminan akurat dari kopi organik. Kealpaan bahan kimia dalam proses budidaya sampai pasca panen hingga ke cangkir para penikmatnya sangat dijamin sehingga mutu kopi organik ini benar-benar terjaga.

Syarat Produksi Kopi Organik

Segala sesuatu yang organik pasti berkaitan dengan kesehatan dan pelestarian lingkungan. Hal itu juga berlaku untuk kopi organik. Dibalik manfaat dan harganya yang tidak murah, syarat biji kopi dinyatakan sebagai organik tidaklah mudah. Ada banyak syarat yang harus dipenuhi. 


Apabila sudah memenuhi persyaratan maka kopi akan diberi label SNI. Untuk bisa mendapatkan legalitas kopi organik ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :

1. Tanpa Menggunakan Pupuk Anorganik

Penanaman kopi organik tidak diperbolehkan menggunakan pupuk anorganik dan jenis pestisida lainnya dalam jangka waktu 3 kali masa panen kopi. 

Penggunaan pestisida ditengarai bisa menurunkan kualitas kopi organik. Toleransi penggunaan pupuk anorganik hanya sebesar 5% dari keseluruhan penggunaan pupuk.

2. Ramah Lingkungan

Tahapan-tahapan produksi biji kopi harus memperhatikan kelestarian lingkungan untuk mendapatkan legalitas kopi organik. Mulai dari tahap budidaya yang tidak diperbolehkan untuk terpapar bahan-bahan kimia dilanjutkan pada proses pasca panen sampai pengemasan dan penyimpanan.

3. Tidak Mengganggu Kesehatan Konsumen

Faktor terpenting dari kopi organik adalah memberikan dampak kesehatan bagi penikmatnya. Kualitasnya benar-benar diuji agar tidak mengganggu kesehatan konsumen.

Baca juga : Cara Membuat Kopi Robusta untuk Penderita Maag

4. Tidak Mengganggu Kesehatan Petani Kopi

Syarat kopi organik tidak hanya berkutat pada lingkungan dan konsumen. Namun, juga harus memperhatikan bagaimana dampak kesehatan yang diberikan pada petani dan setiap pihak yang terlibat dalam produksi kopi.

Label organik disematkan oleh badan yang legal dari suatu negara. Indonesia juga memiliki badan yang bertugas mengunji kelayakan biji kopi organik yaitu BPPOM. Badan ini akan memberikan uji kelayakan pada proses budidaya sampai produksi kopi. 

Manfaat Minum Kopi Organik

Kopi organik digadang-gadang memiliki nilai kesehatan yang tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya ketiadaan bahan-bahan kimia tidak akan ikut terkonsumsi oleh para konsumennya sehingga resiko gangguan kesehatan jadi lebih kecil. 

Nah, itulah uraian singkat mengenai kopi organik yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat. 

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega