Langsung ke konten utama

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Tetap Sehat dengan Minum Kopi Organik

Sumber : disbun.jabarprov.go.id

Sepintaskopi.com Kebiasaan minum kopi yang sudah mendarah daging harusnya bisa meningkatkan kesehatan tubuh kita. Tren minum kopi organik bisa kamu ikuti sedari sekarang. 

Tidak hanya mendapatkan kenikmatan dari minum kopi, kamu juga akan memperoleh manfaat kesehatan karena proses pengolahan kopi yang ramah lingkungan. Mulai dari sekarang, sepintaskopi.com menyarankan agar kamu selektif dalam memilih kopi, dan pilihlah kopi organik.

Apa itu kopi organik ?

Tren mengonsumsi makanan dan minuman organik semakin merebak. Mindset masyarakat mulai sadar bahwa bahan-bahan organik lebih sehat dan bisa memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Kopi organik hadir memberikan solusi sehat bagi pencinta kopi. 

Pengolahan, proses budidaya dan dampak terhadap lingkungan merupakan cerminan akurat dari kopi organik. Kealpaan bahan kimia dalam proses budidaya sampai pasca panen hingga ke cangkir para penikmatnya sangat dijamin sehingga mutu kopi organik ini benar-benar terjaga.

Syarat Produksi Kopi Organik

Segala sesuatu yang organik pasti berkaitan dengan kesehatan dan pelestarian lingkungan. Hal itu juga berlaku untuk kopi organik. Dibalik manfaat dan harganya yang tidak murah, syarat biji kopi dinyatakan sebagai organik tidaklah mudah. Ada banyak syarat yang harus dipenuhi. 


Apabila sudah memenuhi persyaratan maka kopi akan diberi label SNI. Untuk bisa mendapatkan legalitas kopi organik ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :

1. Tanpa Menggunakan Pupuk Anorganik

Penanaman kopi organik tidak diperbolehkan menggunakan pupuk anorganik dan jenis pestisida lainnya dalam jangka waktu 3 kali masa panen kopi. 

Penggunaan pestisida ditengarai bisa menurunkan kualitas kopi organik. Toleransi penggunaan pupuk anorganik hanya sebesar 5% dari keseluruhan penggunaan pupuk.

2. Ramah Lingkungan

Tahapan-tahapan produksi biji kopi harus memperhatikan kelestarian lingkungan untuk mendapatkan legalitas kopi organik. Mulai dari tahap budidaya yang tidak diperbolehkan untuk terpapar bahan-bahan kimia dilanjutkan pada proses pasca panen sampai pengemasan dan penyimpanan.

3. Tidak Mengganggu Kesehatan Konsumen

Faktor terpenting dari kopi organik adalah memberikan dampak kesehatan bagi penikmatnya. Kualitasnya benar-benar diuji agar tidak mengganggu kesehatan konsumen.

Baca juga : Cara Membuat Kopi Robusta untuk Penderita Maag

4. Tidak Mengganggu Kesehatan Petani Kopi

Syarat kopi organik tidak hanya berkutat pada lingkungan dan konsumen. Namun, juga harus memperhatikan bagaimana dampak kesehatan yang diberikan pada petani dan setiap pihak yang terlibat dalam produksi kopi.

Label organik disematkan oleh badan yang legal dari suatu negara. Indonesia juga memiliki badan yang bertugas mengunji kelayakan biji kopi organik yaitu BPPOM. Badan ini akan memberikan uji kelayakan pada proses budidaya sampai produksi kopi. 

Manfaat Minum Kopi Organik

Kopi organik digadang-gadang memiliki nilai kesehatan yang tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya ketiadaan bahan-bahan kimia tidak akan ikut terkonsumsi oleh para konsumennya sehingga resiko gangguan kesehatan jadi lebih kecil. 

Nah, itulah uraian singkat mengenai kopi organik yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat. 

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Berapa Sih Kandungan Kafein Pada Kopi?

Sumber : https://nationalgeographic.grid.id/ Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi, semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini kita akan bahas kopi dari sudut pandang sains lagi nih, khususnya untuk topik kandungan kafein pada kopi. Tentu sahabat ngopi sudah tahu ya, kopi tidak bisa dijauhkan dari yang namanya kafein. Salah satu senyawa kopi ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk setiap sahabat ngopi loh. Tapi ada syaratnya, manfaat ini bisa terasa jika sahabat ngopi tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Yuk Bahas Tuntas Kandungan Kafein Pada Kopi Setiap sahabat ngopi pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat ngopi. Ada yang ingin mendapatkan fokus selama bekerja atau mencari manfaat kesehatan lainnya dari kopi. Manfaat ini salah satunya disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi. Makin penasaran kan ya, yuk kita bahas satu per satu tentang kafein di dalam kopi. 1. Kandungan Kafein Pada Secangkir Kopi Sampa

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa Bar