Langsung ke konten utama

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Cara Membuat Kopi Robusta untuk Kamu Penderita Maag

kopi robusta
Gambar oleh Bronisław Dróżka dari Pixabay 

Sepintaskopi.com
- Tentu sahabat ngopi sudah tahu dong ya, kalau kopi berpotensi menyebabkan serangan maag baik itu kopi robusta, arabika maupun liberika. Itu adalah fakta yang harus kita perhatikan sebagai pencinta kopi yang budiman. 

Fakta ini sudah dibuktikan dari beberapa penelitian di tanah air. Kandungan kopi berupa asam organik dan kafein yang tinggi mempunyai potensi besar memicu lambung untuk memproduksi asam secara berlebihan. 

Asam inilah yang menyebabkan terjadinya maag pada lambungmu. Oke, sebelum kita lanjut membahas cara mengolah kopi robusta biar aman di dompet lambung, yuk kita bahas sebentar angka pasien penderita maag di dunia dan Indonesia.

Kejadian Maag di Dunia dan Indonesia

gastritis
Sumber : https://www.news-medical.net

Tahukah kamu? Ternyata maag termasuk kejadian yang cukup banyak diderita di berbagai negara loh. Kita mengacu pada penelitian yang pernah dilakukan oleh WHO.

Sebanyak 47% warga Amerika menderita gastritis (nama lain dari maag). India sebanyak 43%, Inggris 22%, China 31%, Jepang 14,5%, Kanada 35%, Perancis, 29,5%. 

Indonesia sendiri memiliki persentase 40,8% atau sebanyak 30.154 kasus. Penyakit ini secara nasional termasuk dalam 10 besar penyakit dengan jumlah pasien rawat inap terbanyak.

Data tersebut menunjukan kepada kita, bahwa angka penderita maag di Indonesia cukup banyak. Ini bisa menjadi pelajaran untuk kita yang masih sehat untuk tetap mengontrol kesehatan diri.

Kandungan Kafein Kopi Robusta


cara membuat kopi biasa
Gambar oleh Myriam Zilles dari Pixabay 

Kopi robusta memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi arabika. Kandungan kafein yang ada bisa memicu produksi asam lambung yang berlebih pada lambung. 

Sebiji kopi robusta mentah memiliki kadar kafein sebesar 2,2%. Sedangkan, dalam total berat keringnya kopi robusta mengandung kafein sebesar 1-2%.

Adanya jumlah kafein yang lebih tinggi pada kopi robusta menjadikan kopi ini relatif lebih pahit dibandingkan kopi arabika. 

Cara Membuat Kopi Robusta Rendah Kafein

Berdasarkan uraian sebelumnya, kita bisa melihat jika kandungan kafein pada biji kopi robusta cukup tinggi. Nah, untuk sahabat ngopi yang mempunyai riwayat maag, sebaiknya bisa mengontrol diri saat meminum kopi jenis ini.

Selain itu, kamu juga bisa mempraktekkan cara membuat kopi robusta rendah kafein berikut ini.

1. Siapkan bubuk kopi robusta yang akan dibuat.

kopi robusta
Gambar oleh congerdesign dari Pixabay 

2. Tuangkan bubuk kopi robusta ke dalam wadah yang bertutup.

bubuk kopi robusta
Gambar oleh Rudolf Langer dari Pixabay 

3. Tambahkan air dingin ke dalam wadah tersebut.

air dingin
Gambar oleh Colin Behrens dari Pixabay 

4. Tutup wadah, lalu masukkan ke lemari es selama 8-12 jam.

cold brew
Sumber : https://lifestyle.okezone.com/

5. Siapkan wadah untuk menampung hasil saringan kopi.

cangkir kopi
Gambar oleh David Schwarzenberg dari Pixabay 

6. Saring kopi ke dalam wadah yang sudah disiapkan.
filter kopi robusta
Sumber : https://womantalk.com/

7. Kopi robusta rendah kafein bisa kamu nikmati.

kopi robusta
Sumber : Chad Shuttleworth dari Pixabay

Teknik membuat kopi robusta rendah kafein ini dinamakan cold brew. Terbukti jika dengan metode penyeduhan ini kadar kafein berkurang sehingga aman untuk kesehatan lambung kamu.

Baca juga : Berapa jumlah kafein pada kopi ?

Berbeda dengan cara membuat kopi biasa, kopi yang mempunyai kandungan kafein rendah ini menggunakan air dingin. Cocok juga untuk kamu yang ingin merasakan sensasi berbeda minum kopi.

Tips Mengurangi Kafein Pada Kopi Robusta

tips mengurangi kafein kopi robusta
Sumber : https://www.pexels.com/id-id/

Setelah mengetahui bagaimana caranya menyajikan kopi robusta yang rendah kafein. Ini ada juga tips untuk mengurangi kafein pada kopi robusta.

1. Lakukan Perebusan pada Green Bean

Teknik perebusan ini bisa mengurangi kafein yang terkandung dalam kopi. Durasi yang diperlukan selama 10-30 menit.

2. Jangan Menggiling Biji Kopi Terlalu Halus

Semakin halus kopi yang kamu gunakan maka kafein yang akan terlarut ke dalam air akan semakin banyak terlebih lagi jika air yang digunakan bersuhu tinggi.

3. Gunakan Suhu Air yang Tepat    

Semakin tinggi suhu air yang digunakan untuk menyeduh kopi maka kafein yang terlarut akan semakin besar juga. Kami sarankan untuk menyeduh kopi disuhu 90 derajat celcius agar tetap mendapatkan rasa kopi yang nikmat.

4. Pilih Metode Penyeduhan yang Tepat

Metode yang paling cocok adalah cold brew, karena tanpa air panas kafein akan sangat sedikit terlarut ke dalam kopimu. Bahkan, kandungan kafeinnya jauh lebih rendah dibandingkan kopi panas. 

Kami sarankan untuk tidak menggunakan teknik tubruk karena resiko kafein yang terlarut besar. 

Nah, kini kamu sudah tahu mengenai cara mengolah kopi robusta untuk kamu penderita maag. Semoga artikel ini bisa berguna untuk kamu ya. 



Sumber :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega