10 Mitos Tentang Kopi Yang Telah Terungkap

mitos kopi
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Sepintaskopi.com - Jelajah cerita tentang kopi tentu akan sangat menarik jika dibumbui dengan mitos-mitos kopi yang kini telah terungkap kebenarannya. 

Ternyata ada banyak mitos tentang kopi yang harus kita tahu agar lebih bijak saat mengonsumsi minuman kaya kafein ini. Yuk cari jawabannya hanya di sini.

1.  Kopi Penyebab Diabetes

Mitos Kopi Penyebab Diabetes
Gambar oleh Isuru Prabath dari Pixabay

Faktanya kopi bukanlah penyebab seseorang terserang penyakit diabetes. Justru tambahan yang dituangkan ke dalam kopilah biang diabetes itu sendiri. Biasanya orang memilih untuk menambahkan gula, creamer, dan sesuatu yang sifatnya manis ke dalam kopi. 

Baca juga : Tetap Sehat Dengan Minum Kopi Organik

Kenyataannya kopi tanpa campuran pemanis dan toping apapun bisa mengurangi resiko diabetes tipe dua. Jadi, ini mitos yang ya, kalau ada yang bilang kopi penyebab diabetes. 

2. Dalang Dari Penyakit Jantung


Serangan Jantung
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Sebenarnya kopi tidak menyebabkan penyakit jantung jika dikonsumsi secara cukup dan tanpa menggunakan bahan-bahan pemanis lainnya. 

Efek terhadap tekanan darah hanya terjadi sebentar sesaat setelah mengonsumsi kopi. Dalam waktu singkat kondisi tekanan darah akan normal kembali.

3. Minuman Bersoda Lebih Sehat dibandingkan Minum Kopi

soda
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Jelas ini salah besar, jika kamu minum kopi rendah gula maka kandungan gizinya lebih baik dibandingkan dengan minuman bersoda yang tinggi gula. 

Bahkan, 3 cangkir kopi rendah gula masih lebih baik dibandingkan dengan sebotol minuman bersoda. Ini menunjukan jika mitos tentang kopi yang satu ini tidaklah benar. 

4. Minum Kopi Bisa Membuat Aroma Mulut Tidak Sedap


bau mulut
Gambar oleh Robin Higgins dari Pixabay

Ini tidak sepenuhnya mitos, anggapan ini memang ada benarnya juga. Tapi tahukah kamu jika kopi juga bisa menghilangkan aroma nafas yang tidak sedap. 

Contohnya saat kamu makan petai atau jengkol cobalah minum kopi dan rasakan perbedaannya. Kamu bisa mencobanya untuk membuktikan mitos tentang kopi ini.

5. Memiliki Efek Candu yang Tinggi

adiktif
Gambar oleh Pixabay

Anggapan ini bisa terjadi jika kamu mengonsumsi secara berlebihan. Jika kamu mengonsumsi kopi secara tepat maka efek kecanduan tidak akan terjadi. 

6. Kopi Penyebab Sakit Kepala Sebelah

migrain
Gambar oleh Pete Linforth dari Pixabay

Sakit kepala sebelah atau migrain bukan disebabkan oleh kopi. Justru kafein yang terkandung di dalam kopi bisa meringankan sakit kepala sebelah ini loh.

7.  Kopi Bisa Membuat Kamu Berotot

kopi membuat berotot
Gambar oleh Elias Sch dari Pixabay

Ini adalah mitos, karena kopi hanya mempercepat proses metabolisme tubuh bukan memproduksi protein. Jika ingin membuat tubuh berotot berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat secara teratur.

8. Minum Kopi Bisa Membuat Insomnia

insomnia
Gambar oleh Tung 256 dari Pixabay

Pada dasarnya minum kopi tidak membuat insomnia secara langsung. Hal ini dikarenakan stimulus masuk ke saraf pusat sehingga tingkat kewaspadaan tinggi. 

Namun, ada beberapa orang yang tidak berpengaruh terhadap rangsangan kafein tersebut. Penyebab utama dari insomnia adalah pikiran yang tak menentu.

9. Menurunkan Berat Badan Secara Signifikan

weight
Gambar oleh Michal Jarmoluk
Kopi tidak bisa membuat kamu langsing dalam waktu singkat ya. Kandungan yang terdapat dalam kopi memang bisa memicu sistem metabolisme bekerja secara aktif. Namun bukan berarti bisa menurunkan berat badan.

10. Kopi Menyebabkan Kemandulan

Ya benar, dengan catatan jika dikonsumsi berlebihan. Jika konsumsi kopi sesuai batas wajar maka kopi tidak akan menyebabkan kemandulan.


Oke, sahabat ngopi itu tadi penjelasan 10 mitos kopi yang sudah berhasil diungkap. Sebenarnya masih banyak mitos tentang kopi yang belum kami tampilkan di sini. Update terus pengetahuanmu tentang kopi hanya di sepintaskopi.com.

Sumber

https://www.liputan6.com/health/read/3219328/suka-minum-kopi-benarkah-bikin-sulit-hamil
alodokter.com/komunitas/topic/minum-kopi-bikin-mandul
ayobandung.com/read/2019/09/27/65097/5-mitos-kopi-yang-sering-dianggap-benar
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/ulwan-fakhri/7-mitos-kopi/full
https://majalah.ottencoffee.co.id/10-mitos-dan-fakta-menarik-mengenai-kopi/

Komentar