Mengenal Lebih Dekat Ciri Khas Aroma Kopi Arabika Gayo

kopi arabika
Sumber : https://www.flickr.com/

Sepintaskopi.com - Nikmatnya kopi arabika memang tiada taranya. Tidak ada yang bisa menolak harum aroma dengan cita rasanya yang kaya. Berbanggalah para sahabat ngopi karena tinggal di negeri Indonesia yang mempunyai banyak jenis arabika berkualitas dunia. 

Indonesia dengan kekayaan kondisi geografisnya memiliki jenis-jenis kopi arabika yang sangat beragam. Semua tersebar dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Kita punya kopi Gayo yang terkenal dengan aromanya yang spesial ditambah lagi pengolahannya secara organik.

Sekarang saatnya kita bahas terlebih dahulu aroma arabika Gayo yang ada di ujung barat Indonesia. Selamat membaca ya kawan.

Kondisi Geografis Dataran Tinggi Gayo


Takengon
Gambar oleh Engin_Akyurt dari Pixabay 

Asal dari kopi Gayo sendiri dari sini, dataran tinggi Gayo. Daerahnya ada di Takengon, Aceh Tengah. Kondisi alamnya masih asri dan sejuk dan sangat pas untuk dijadikan perkebunan kopi khususnya jenis arabika. Untuk sampai di rumah arabika Gayo ini, kamu harus berjuang melewati tikungan yang ada. 


Takengon, Gayo, Aceh Tengah
Sumber : Google Maps

Itu tidak mengherankan, karena sesuai dengan nama kotanya, Takengon yang artinya tikungan. Jadi kamu harus ekstra hati-hati, namun di sepanjang perjalanan akan ada pemandangan indah yang siap untuk menyambut kedatanganmu. 

Ada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut membuat suasana dataran tinggi Gayo sangat berbeda dengan kawasan perkotaan. Kamu bisa menemukan ketenangan di sini. Selain itu ada juga sejumlah aktivitas yang bisa kamu lakukan seperti memacu kuda salah satunya dan pastinya menikmati kopinya.

Ciri Khas Aroma Kopi Arabika Gayo

Aroma kopi arabika pada umumnya dipengaruhi oleh kondisi geografisnya dan juga perlakuan pada saat pasca panen. Begitu pula pada arabika Gayo yang merupakan komoditas penting bagi masyarakat Gayo.

1. Aromanya Kuat

Kopi Gayo memiliki aroma yang kuat. Kekuatan aroma ini dipengaruhi oleh tinggi lokasi penanaman. Dataran tinggi Gayo terletak pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Selain itu tanah vulkanik yang kaya akan bahan organik sangat mempengaruhi aroma yang dihasilkan.  

Untuk memunculkan aroma kopi ini perlu juga teknik khusus saat proses penyeduhan, pengadukan, roasting, dan pemilihan biji kopi yang tepat.

Baca juga : Cara memunculkan aroma kopi arabika

2. Nutty

Kekuatan aroma kopi ini cenderung nutty, atau seperti aroma biji-bijian. Aroma kopi yang satu ini bisa diperoleh dari tanaman-tanaman yang ada di sekitar perkebunan kopi.

3. Spice

Selain nutty, kamu juga bisa menemukan aroma rempah-rempah yang cukup kentara pada kopi Gayo. 

4. Vanila

Kamu juga dapat menemukan aroma vanila dari secangkir arabika Gayo ini. 

Baca juga : Karakteristik rasa kopi Gayo

Nah, itu tadi karakteristik aroma kopi arabika Gayo yang bisa menambah pengetahuanmu. Simak terus informasi-informasi keren lainnya tentang kopi di sini.


Sumber 

https://majalah.ottencoffee.co.id/perbedaan-kopi-arabica-robusta/
https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/perbedaan-kopi-arabika-kopi-robusta/
https://pesona.travel/destinasi/401/takengon-ibu-kota-dataran-tinggi-gayo-yang-memikat
https://majalah.ottencoffee.co.id/mengenal-karakter-aroma-kopi/
https://inblognesia.wordpress.com/2012/11/07/istilah-umum-dunia-perkopian/
https://travel.kompas.com/read/2016/08/19/111500127/Rasa.Fruity.sampai.Nutty.pada.Kopi.dari.Mana.Asalnya.?page=all





Komentar