Tips Memunculkan Aroma Kopi Arabika Agar Lebih Mantap

kopi arabika
Gambar oleh Viktar Masalovich dari Pixabay 

Sepintaskopi.com - Jumpa lagi bersama kami dalam artikel yang membahas seputar kopi. Saya yakin di sini kamu pasti sudah tahu jika kopi arabika memiliki karakteristik aroma yang khas. Itu sudah bukan menjadi rahasia lagi. Pasalnya kopi jenis ini memang yang paling banyak digemari di seluruh dunia.

Keunikan rasa yang dimiliki arabika tidak luput dari faktor geografis atau lokasi penanaman kopi terbaik ini. Namun, tahukah kamu ternyata proses pengolahan kopi juga bisa mempengaruhi aroma yang muncul ? Mari kita kulik bersama-sama.

Ciri Khas dan Karakteristik Fisik Kopi Arabika 

Kopi arabika mempunyai ciri fisik dengan tinggi 3 meter. Mampu tumbuh di ketinggian 700-1700 meter di atas permukaan laut. Sayangnya, tumbuhan ini tidak mampu bertahan terhadap serangan jamur karat daun, tidak seperti kopi robusta.


Pohon kopi arabika mempunyai masa panen setiap tahun sekali. Namun, tidak menutup kemungkinan bisa juga dilakukan dua kali.  

Aroma Kopi Arabika yang Mempesona

Sebelum kita membahas tentang bagaimana memunculkan aroma kopi arabika, alangkah baiknya jika kita mengenal lebih jauh aroma kopi yang berhasil dikembangkan oleh bangsa Arab ini. 

1. Aroma Buah-Buahan

Para pencinta kopi sering menyebutnya aroma fruity. Arabika memiliki aroma segar berupa buah-buahan yang diperoleh dari tanaman sekitarnya. Biasanya petani kopi tidak menanami lahannya dengan kopi secara keseluruhan tapi juga dibarengi dengan tanaman buah-buahan.


2. Aroma Bunga

Sebenarnya aroma bunga ini tidaklah sekuat yang dibayangkan tetapi menjadi satu dengan aroma buah-buahan juga. 

Tips Memunculkan Aroma Kopi Arabika

Aroma kopi arabika dipengaruhi oleh dua hal yaitu kondisi geografis lahan dan juga perlakuan pasca panen. Pengaruh terbesar diperoleh dari perlakuan pasca panen yang dilakukan. Kamu yang ingin tahu bagaimana sih memunculkan aroma kopi ini, yuk simak artikel ini selengkapnya.

1. Beli Kopi dalam Bentuk Biji Jangan Bubuk

Kopi bubuk sangat rentan kehilangan flavor dalam waktu setengah tahun. Apalagi jika penyimpanannya salah. Kami menyarankan kamu untuk membeli biji kopinya saja sehingga kualitas kopi lebih terjaga. 

2. Gunakan Suhu yang Tepat pada Saat Proses Penyangraian/Roasting

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah suhu saat proses penyangraian. Suhu yang baik untuk menghasilkan aroma yang pas adalah 2030 C. Penelitian menunjukan jika suhu sebesar itu aroma yang dihasilkan sangat pas. Munculnya aroma ini dikarenakan adanya reaksi maillard.  

3. Perhatikan Durasi Penyeduhan Kopi

Lama penyeduhan merupakan faktor penting untuk memunculkan aroma kopi arabika buatan kamu. Pasalnya semakin lama waktu penyeduhan kopi akan menyebabkan semakin banyak kandungan kimia yang terlarut sehingga akan mempengaruhi aroma kopi.

Durasi yang dibutuhkan untuk menyeduh kopi dengan teknik manual adalah 4 menit. Selama 4 menit kopi akan mengalami ekstrasi dengan pas sehingga aroma yang dihasilkan mantap.

4. Jangan Menyeduh Kopi bersamaan dengan Gula

Ini merupakan kesalahan banyak orang dalam menyeduh kopi. Mereka memasukkan kopi dan gula lalu menambahkan air panas. Padahal cara ini bisa menghambat proses ekstraksi. Akibatnya aroma kopi jadi tidak kuat seperti seharusnya.


Sepintaskopi.com menyarankan kepada sahabat ngopi untuk menambahkan pemanis setelah kopi diseduh dan didiamkan selama 4 menit. Cara ini tidak akan mempengaruhi aroma kopi yang kamu buat.

Nah itu dia sekilas tentang tips memunculkan aroma pada kopi arabika. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu ya. 

Sumber :






Komentar