Langsung ke konten utama

Modal untuk Usaha Warung Kopi, Gimana Carinya?

Nama Latin Kopi Robusta (Coffea Canephora)

Nama Latin Kopi Robusta, Sejarah kopi robusta, Klasifikasi kopi robusta,
Gambar oleh uroburos dari pixabay dan canva

Sepintaskopi.com - Nama latin kopi robusta bisa kita kenali dengan mudah. Penggunaan nama latin pada kopi robusta tidak hanya satu. 

Nah, berbekal rasa penasaran itu, tim sepintaskopi.com akan membuat sedikit uraian singkat mengenai nama latin kopi robusta.

Sejarah Kopi Robusta

Sekilas sejarah kopi robusta perlu juga sebagai pengantar uraian nama latin kopi robusta. Awalnya robusta ditemukan di Benua Afrika pada akhir abad ke 19. 

Nama "robust" ini dikarenakan karakteristik dari kopi yang kuat terhadap penyakit. Kopi ini dapat tahan terhadap serangan karat daun. 

Di samping itu juga mempunyai ciri khas rasa yang kuat. Cita rasa inilah yang menjadi identitas si kopi dari Afrika ini. 

Selain di Afrika, kini kopi robusta juga dikembangkan di Asia tepatnya di Negara Vietnam, India dan Indonesia. 

Baca juga: 9 Perbedaan Pohon Kopi Arabika dan Robusta

Bahkan, Brazil juga ikut menyumbang panenan kopi robusta dunia di samping produk arabikanya yang juara.

Klasifikasi Kopi Robusta

Berikut sekilas klasifikasi kopi robusta yang digambarkan melalui taksonomi coffea canephora: 

  • Kingdom: Plantae
  • Subkingdom: Viridiplantae
  • Infrakingdom: Streptophyta
  • Superdivision: Embryophyta
  • Division: Tracheophyta
  • Class: Magnoliopsida
  • Superorder: Asteranae
  • Order: Gentianales
  • Family: Rubiaceae
  • Genus: Coffea L
  • species: Coffea Canephora Pierre

Nama Latin Kopi Robusta

Kenapa harus nama latin? Itu yang terpikir dibenak saya saat membuat tulisan ini. Ternyata oh ternyata ini dikarenakan Bahasa Latin hanya digunakan sebagai alat komunikasi satu negara saja.

Oke kembali ke kopi. Kopi robusta menjadi komoditas produk kopi lokal terbesar di Indonesia. Sehingga cukup penting rasanya untuk lebih mengenal nama latin kopi robusta lengkap dengan sejarahnya.

1. Coffea Canephora

Nama latin kopi robusta, sejarah kopi robusta, klasifikasi kopi robusta
Gambar oleh sepintaskopi.com dari google maps

Nama coffea canephora berasal dari seorang ahli botani asal Belgia. Saat itu beliau melakukan sebuah riset di dataran Kongo. 

Di situlah kopi robusta ditemukan. Jadi dapat diketahui, tanaman ini merupakan tanaman asli Benua Afrika. 

Di Indonesia sendiri tanaman coffea canephora mulai diteliti pada tahun 1902, pada masa penjajahan Belanda kala itu. Saat itu kopi arabika sedang mendapat serangan hama karat daun.

Sekedar info untuk sahabat ngopi, dulunya kopi liberika juga termasuk spesies coffea canephora. 

Namun, setelah dilakukan penelitian kembali jenis liberika bukan termasuk spesies coffea canephora.

Coffea canephora masih memiliki hubungan dengan Coffea eugenioides, sebuah varietas kopi unik asal Kolombia. Mungkin kapan-kapan bisa kita bahas yang ini.

2. Coffea Robusta

Robusta berasal dari kata "robust", artinya adalah kuat. Robust berasal dari bahasa Inggris. Nama robusta dilatarbelakangi oleh karakteristik rasa dari kopi hitam ini.

Ya, kopi robusta ini memiliki rasa yang kuat. Dari situlah lahir nama robusta yang secara etimologis berarti kuat. 

Tapi usut punya usut, kuat yang dimaksud tidak hanya merujuk pada citarasanya saja, tapi juga karena ketahanannya pada hama.

Nah itu tadi sedikit pengenalan nama latin kopi robusta. Semoga sahabat ngopi mendapat manfaatnya dan tentu tetap sehat ya. 


Referensi

https://www.itis.gov/servlet/SingleRpt/SingleRpt?search_topic=TSN&search_value=506060#null

https://jurnalbumi.com/knol/kopi-robusta/

https://sprudge.com/sprudge-basics-what-is-robusta-coffee-178806.html

https://ottencoffee.co.id/majalah/berkenalan-dengan-eugenioides

https://sains.kompas.com/read/2019/11/25/193000023/mengapa-nama-ilmiah-menggunakan-bahasa-latin-#

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Pengen tau apa aja produk best seller kopi kenangan . Ini dia, sepintaskopi.com bakalan bahas tentang itu nih. Kopi kenangan yang sudah berdiri sejak tahun 2017 mempunyai berbagai produk yang sangat menarik untuk dicoba. Produknya ada yang menu kopi maupun non kopi. Baca juga :  Berapa Biaya Francise Kopi Kenangan? Tanpa berlama-lama lagi, yuk bahas tentang produk best seller kopi kenangan.  Produk Best Seller Kopi Kenangan Sebenarnya apa aja sih produk best seller kopi kenangan yang banyak diminati anak milenial. Ini dia produknya. 1. Kopi Kenangan Mantan Nama produk yang familiar membuat kopi kenangan mantan sangat mudah diingat oleh para konsumennya. Selain namanya yang mudah diingat rasanya pun enak. Kopi kenangan mantan dibuat dari kopi espresso dicampur dengan susu dan ditambah dengan gula aren asli. Tara terciptalah kopi kenangan mantan yang bakal menghapus rasa dahagamu dan kantukmu. Kombinasi antara kopi, susu, dan gula aren sangat pas. R