Langsung ke konten utama

Modal untuk Usaha Warung Kopi, Gimana Carinya?

Bisnis Plan Kopi Shop, Jadi Gini Cara Buatnya

bisnis plan kopi shop; latar belakang bisnis plan kopi; bisnis plan kopi kekinian; Proses bisnis coffee shop;
Gambar oleh StartupStockPhotos dari Pixabay 

Sepintaskopi.com - Saat ini menjalankan bisnis kopi sangat menggiurkan, tidak heran jika banyak yang mencari tau tentang cara membuat bisnis plan kopi shop yang efektif. 

Ya, bisnis plan kopi shop sangat diperlukan bagi sahabat ngopi yang ingin membuka bisnis di dunia perkopian ini.

Cara Membuat Bisnis Plan Kopi Shop

Tidak dapat dipungkiri meskipun bisnis kopi shop sudah menjamur di seantero negeri tetapi geliat pertumbuhan kedai kopi lokal tidak pernah berhenti selama para penikmatnya selalu ada. 

Itulah kenapa diperlukan bisnis plan kopi yang jelas agar pengelolaan bisnis kopi kamu bisa terus eksis di tengah persaingan bisnis yang tidak ramah.

Tujuan dari bisnis plan kopi shop ini sendiri agar para pelaku bisnis bisa mencapai target yang dalam berbisnis kopi secara jelas. 

Lalu bagaimana sih cara membuat bisnis plan kopi shop ini, simak di sini aja, hanya di sepintaskopi.com.

1. Buat Ringkasan Perencanaan Bisnis Kopi Shop

Hal pertama yang diperlukan, kamu harus membuat sebuah deskripsi singkat tentang bisnis plan kopi shop sahabat ngopi. Isinya meliputi konsep, visi, misi, sasaran dari bisnis yang akan kamu jalankan. 

Usahakan untuk menggunakan kata-kata yang menarik, di sini kamu mesti pintar merangkai kata. Selain itu berikan juga kesan otentik, bahwa konsep bisnis ini hanya kamu yang punya. 

2. Menentukan Modal Awal Bisnis Kopi

Dalam membuat bisnis plan kopi shop, kamu juga sudah harus mempunyai gambaran darimana sumber modal awal bisnis kopi yang kamu jalankan. 

Sumber modal bisa bermacam-macam bisa dari tabungan, gaji, atau pendanaan investor, bahkan pinjaman dari bank. 

Namun, saran dari sepintaskopi.com, sebisa mungkin gunakan modal yang ada dan jangan berhutang terlebih dahulu jika sekiranya memungkinkan. Ini karena usaha kamu masihlah merintis.

3.  Tentukan Purpose Bisnis Kopi Shop Kamu

Ini penting agar kamu selalu semangat dalam menjalankan bisnis ini. Karena bisnis tak selalu mudah akan ada berbagai kendala yang akan menimpa kamu.

Hendaknya tujuan ditentukan dengan lugas dan dapat terukur. Tujuan yang jelas akan mempermudah kamu menentukan langkah apa saja yang harus ditempuh untuk mencapainya. 

Ini juga akan mempermudah langkah mengukur seberapa sukses kamu mewujudkan purpose tersebut.

Baca juga: Keuntungan Jualan Kopi Keliling

Contoh tujuan bisnis kopi yang kamu tulis dalam bisnis plan kopi shop bisa seperti ini "menyediakan peluang pekerjaan bagi para generasi muda". 

4. Tuliskan Kenapa Kamu Memulai Bisnis ini

Ini juga bisa sebagai latar belakang bisnis plan kopi kamu. "Why" disini sangat penting untuk bisa membangun brand kamu sendiri. Sebuah brand yang kuat dapat memberikan sebuah identitas bagi bisnis yang kamu jalani.

Alasan kamu memulai bisnis ini harus juga kamu tuangkan dalam logo, tujuan, visi dan misi. Ini penting selain sebagai pengingat, kamu sebagai owner juga benar-benar memberikan sentuhan filosofis kepada bisnis tersebut.

5. Konsep Bisnis Kopi Milik Kamu Sendiri

Sekarang saatnya menuliskan dengan jelas dan gamblang konsep bisnis kopi milikmu sendiri. Bagaimana kamu merealisasikan konsep tersebut agar benar-benar hidup sebagai ruh kedai kopi kamu. 

Pemilihan desain ruangan, kursi, menu, dan sebagainya perlu kamu tuangkan di sini. Ini menjadi krusial agar investor bisa memperoleh gambaran secara jelas tentang bisnis plan kopi shop kamu.

Agar lebih meyakinkan, kamu bisa mengaitkan konsep yang kamu usung dengan hasil riset pasar yang telah kamu lakukan. Hasil riset pasar dapat dijadikan sebagai dasar kenapa kamu memilih konsep ini.

6. Sistem Marketing Yang Kamu Bangun

Sebuah produk tidak akan dikenal dengan baik tanpa adanya marketing. Kamu perlu memiliki sistem marketing yang efektif agar brand kamu dikenal masyarakat.

Ada dua cara marketing yaitu konvensional maupun modern. Kamu bisa pilih terlebih dahulu marketing dengan jumlah anggaran yang lebih murah.

Atau bisa juga memanfaatkan popularitas para selebgram atau influencer untuk mengenalkan produk dan bran yang kamu usung. Jangan lupa tulis dengan jelas ya sahabat ngopi.

7. Menentukan Cara Produksi Yang Tepat

Pola produksi yang efektif akan mempengaruhi kesehatan bisnis kamu sehingga penentuan cara produksi menjadi penting. Sebagai owner kamu juga harus bisa berkontribusi dalam penentuan cara produksi, kapan harus mengurangi kapan harus meningkatkan produksi.

Selain itu kamu juga harus mampu menjelaskan kualitas bahan baku yang kamu pakai, berapa kuantitasnya. Selanjutnya SOP pengolahan bahan baku tersebut dan darimana diperoleh supply bahan baku. Jelaskan pula produk-produk yang kamu tawarkan pada bisnis kamu.

8. Pengelolaan Cashflow pada Bisnis Plan Kopi Shop

Pengelolaan keuangan yang jelas akan mempermudah kamu juga nantinya. Tuliskan bagaimana sistem pengelolaannya, sumber dana, pengalokasiannya, dan pendapatan bersih dan kotor yang diperoleh. 

Ada hal yang tak kalah pentingnya yaitu pembiayaan terkait produksi, marketing, perekrutan karyawan, serta pengembangan produk. 

Bisnis Plan Kopi Kekinian

Nah setelah mengetahui cara membuat bisnis plan kopi shop sekarang saatnya untuk praktek membuat bisnis plan kopi kopi kekinian. Lalu gimana sih contohnya. Ini dia contohnya.

1. Ringkasan Bisnis Plan Kopi Shop

Latar belakang bisnis plan kopi shop ini adalah merencanakan sebuah bisnis yang telah kami idam-idamkan sejak lama yaitu coffee shop. 

Bagi kami, memberikan pelayanan prima kepada konsumen adalah suatu tujuan yang tidak dapat digantikan. Kepuasan konsumen menjadi bagian dari nilai filosofis dari coffee shop kami yaitu melayani tanpa batas. 

Visi kami sebagai penyalur rasa nikmat emas hitam yaitu mengenalkan rasa kopi lokal dengan rasa mengglobal. Selain itu kami juga menyediakan berbagai menu non kopi karena kami ingin bisnis kopi kekinian ini dapat dinikmati oleh semua. 

2. Sumber Modal Awal 

Kami berusaha sebisa mungkin untuk menyediakan modal dari dana tabungan. Tujuannya untuk menjaga kontrol terhadap kualitas kopi yang diproduksi. 

Ya, bisnis yang kami jalankan harus bebas dari utang. Itu prinsip yang kami pegang sampai hari ini. Namun kami tidak akan menutup pintu kemungkinan kerjasama dengan berbagai pihak terkait investor.

3. Tujuan/Purpose Bisnis Kopi Shop

Tujuan kami hanya satu melayani konsumen dengan sepenuh hati. Sebab kami yakin pelayanan yang dilakukan secara prima, tidak akan pernah sia-sia. Sebab kebahagiaan pelanggan kami merupakan suatu kebahagiaan buat kami juga.

4. Latar Belakang Bisnis Kopi Shop

Bisnis kopi shop ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan kopi di lingkungan sekitar. Kami melihat banyaknya anak muda yang belum memiliki pekerjaan. Sehingga saya menawarkan kepada mereka adanya peluang pekerjaan, dan semoga dapat membantu mengurangi angka pengangguran.

Tidak hanya itu, dahulu ayah adalah petani kopi. Berawal dari situ, kami tertarik untuk mendalami tentang kopi. Sampai hari ini kami masih terus belajar dan akan terus konsisten belajar agar tak tergilas zaman.

5. Konsep Bisnis Kopi

Kami ingin coffee shop ini banyak dikunjungi oleh generasi muda. Ini yang membuat kami, akhirnya memutuskan untuk menytesuaikan menu baik makanan maupun minuman. Bahkan kami juga menyediakan desain interior dengan gambar-gambar klasik dan modern.

6. Sistem Marketing untuk Bisnis Plan Kopi Kekinian

Kami berencana menggunakan jasa para influencer yang disesuaikan dengan budget. Ini karena influencer dapat memberikan tanggapan positif dan juga mengajak para audiensnya untuk mengikuti rekomendasi darinya.

Selain melalui influencer, rencana kami juga akan membuat sebuah toko online dan media sosial untuk melakukan promo pada produk - produk ini.

7. Cara Produksi pada Bisnis Plan Kopi Kekinian

Setiap bahan baku yang masuk ke toko kami sudah dipilih secara teliti. Kami mempunyai SOP dalam pemilihan bahan baku. Tidak hanya itu, kami juga melakukan pemrosesan yang disesuaikan dengan SOP yang berlaku.

Kami bekerja secara tersistem termasuk cara memproduksi suatu produk. Bagi kami sistem produksi yang baik akan membuat perusahaan menjadi lebih stabil dan efisien.

8. Manajemen Cashflow Bisnis Plan Kopi Kekinian

Uang menjadi komponen penting dalam menjalankan bisnis. Kami akan melakukan pencatatan untuk setiap dana yang masuk dan keluar. 

Selain itu, setiap dana yang akan keluar adalah dana yang sudah dianggarkan terlebih dahulu dengan rinci. 

Kami membagi pengeluaran menjadi dua yaitu pengeluaran yang sifatnya rutin dan pengeluaran yang sifatnya tidak rutin atau situasional. 

Selain itu kami juga akan mengusahakan strategi manajemen cashflow yang selalu diupdate jika dirasa manajemen cashflow sebelumnya sudah kurang efektif.   

Proses bisnis coffee shop memang tidaklah mudah, namun jika semua sudah terencana dengan baik, hal ini akan mengurangi risiko bisnis kamu. Jadi, matangkaan kembali bisnis plan kopi shopmu ya sahabat.

Referensi 

https://www.researchgate.net/publication/350468609_Rencana_Bisnis_Indonesian's_Coffee_Shop

https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/perencanaan/contoh-rencana-bisnis-cafe/

https://coffeeland.co.id/cara-menyusun-bisnis-plan-untuk-coffee-shop/

https://www.hubster.co.id/blog/business-plan-untuk-bisnis-kopi

https://www.kozio.com/contoh-kalimat-persuasif/

https://www.jtanzilco.com/blog/detail/1054/slug/manajemen-cash-flow-optimalkan-cash-flow-anda

https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-sistem-produksi/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Pengen tau apa aja produk best seller kopi kenangan . Ini dia, sepintaskopi.com bakalan bahas tentang itu nih. Kopi kenangan yang sudah berdiri sejak tahun 2017 mempunyai berbagai produk yang sangat menarik untuk dicoba. Produknya ada yang menu kopi maupun non kopi. Baca juga :  Berapa Biaya Francise Kopi Kenangan? Tanpa berlama-lama lagi, yuk bahas tentang produk best seller kopi kenangan.  Produk Best Seller Kopi Kenangan Sebenarnya apa aja sih produk best seller kopi kenangan yang banyak diminati anak milenial. Ini dia produknya. 1. Kopi Kenangan Mantan Nama produk yang familiar membuat kopi kenangan mantan sangat mudah diingat oleh para konsumennya. Selain namanya yang mudah diingat rasanya pun enak. Kopi kenangan mantan dibuat dari kopi espresso dicampur dengan susu dan ditambah dengan gula aren asli. Tara terciptalah kopi kenangan mantan yang bakal menghapus rasa dahagamu dan kantukmu. Kombinasi antara kopi, susu, dan gula aren sangat pas. R