Langsung ke konten utama

Kopi Luwak Hitam Jelmaan Emas Hasil Pencernaan Sang Musang

Keuntungan Jualan Kopi Keliling

keuntungan jualan kopi keliling, Modal awal jualan kopi keliling, cara jualan kopi keliling, peralatan jualan kopi keliling, jualan kopi keliling pakai motor
Gambar oleh sepintaskopi.com

Sepintaskopi.com - Keuntungan jualan kopi keliling saat ini cukup menjanjikan. Satu hari kerja dapat menghasilkan rupiah mencapai lebih dari 300 ribu hanya dengan menjajakan kopi dan berbagai jenis makanan ringan sambil jalan-jalan. 

Apabila dibandingkan dengan pekerja kantoran, menjadi starling (starbuck keliling) jauh lebih santai. Ini karena tidak adanya tekanan dari perusahaan dengan jam kerja yang lebih fleksibel, namun laba yang tidak sedikit.

Keuntungan Jualan Kopi Keliling

Profesi starling dewasa ini cukup menjanjikan. Bayangkan saja satu hari berjualan dapat menghasilkan 200 ribu sampai 400 ribu rupiah. 

Ow iya jumlah tersebut masih bisa dibilang penghasilan kotornya ya. Untuk keuntungan bersihnya mencapai 100 ribu rupiah per hari.

Minimal kamu harus bisa menjual 100 cup kopi jika ingin memperoleh pendapatan kotor mencapai 400 ribu rupiah. Jika satu cup kopinya harganya Rp 4.000,00.

Namun, keuntungan jualan kopi keliling ini tidak dapat diperoleh dengan cara asal asalan. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan.

Modal Awal Jualan Kopi Keliling 

Setiap usaha pasti memerlukan modal, begitu juga dengan starling ini. Modal awal jualan kopi keliling relatif murah. Kamu cukup menyiapkan dana kurang lebih Rp 1.000.000, 00 untuk membeli berbagai peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan. 

Peralatan yang digunakan sebagai modal awal jualan kopi keliling meliputi:

1. Sepeda 

2. Termos es batu  

3. Termos air panas

4. Sendok

5. Gunting

6. Kompor Portable

Sedangkan, bahan-bahan yang diperlukan untuk meraup keuntungan jualan kopi keliling yaitu:

1. Gelas cup plastik untuk kopi

2. Gelas cup plastik untuk es

3. Aneka minuman kopi dan minuman sachet

4. Makanan ringan 

5. Sedotan

Peralatan dan bahan-bahan tersebut sangat penting sebagai modal awal jualan kopi keliling. Sebaiknya gunakan sepeda bekas untuk memotong anggaran yang diperlukan sebagai modal awal jualan kopi keliling.

Cara Jualan Kopi Keliling 

Keuntungan jualan kopi keliling juga sangat tergantung dari cara jualan kopi keliling tersebut. Kalo kita mengunakan cara yang benar pasti cuan akan mengikuti dengan sendirinya.

Baca juga: Usaha Warkop Rumahan, Bawa Cuan

Lalu, gimana sih cara jualan kopi keliling yang dimaksud. Nah, ini dia jawabannya ala sepintaskopi.com.

1. Cari tempat-tempat yang biasanya ramai orang 

Penentuan tempat jualan menjadi hal yang krusial untuk memperoleh keuntungan jualan kopi keliling. Tempat-tempat ini memiliki potensi lebih besar dagangan kamu akan dibeli.

2. Cari tempat yang tidak terlalu jauh dari start kamu memulai berkeliling

Jarak sangat penting karena akan mempengaruhi efektivitas saat berfagang. Sebisa mungkin cari tempat keramaian yang tidak jauh dari titik start kamu ya.

3. Kamu harus terbiasa mengayuh sepeda secara manual

Ini juga tak kalah pentingnya bagi kamu yang tertarik ingin mendapat keuntungan jualan kopi keliling. Bagaimana bisa berkeliling jika tidak kuat mengayuh sepeda. 

Kalau kamu ada dana lebih memang bisa menggunakan sepeda motor tetapi starling sangat identik dengan sepeda kayuh yang sederhana. 

4. Berikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan

Pelayanan menjadi hal utama dalam sebuah usaha tidak terkecuali pada bisnis kopi keliling ini. Kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik dan memberikan pelayanan sebaik mungkin. 

Sebab setiap pekerjaan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh tidak peduli stereotype masyarakat terhadap pekerjaan tersebut, asal masih halal dan dapat dipertanggungjawabkan. 

5. Sediakan menu favorit untuk pelanggan

Jualan pada dasarnya mendekatkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan menyediakan menu favorit untuk pelanggan kamu tidak hanya membantu pelanggan tapi juga memperoleh pendapatan.

Menu-menu favorit ini biasanya seperti jajanan ringan, gorengan, dan berbagai jenis kopi yang biasa dinikmati oleh pelanggan setiamu. 

6. Coba cari tau cara untuk membawa rentengan sachet dengan rapi

Ini juga termasuk seni dalam menjajakan kopi keliling. Jika sembarangan kamu sendiri yang akan rugi karena barang dagangan kamu akan berceceran.

Agar kejadian itu tidak terjadi, kanu bisa menggunakan tali rafia atau karet yang disusun sedemikian rupa sehingga bisa menahan rentengan sachet tersebut.

7. Cari tau takaran air dan es untuk setiap penyajian

Setiap minuman yang kamu jajakan pasti memiliki cara tersendiri agar rasa yang dihasilkan sesuai dengan selera para pelanggan. 

Kamu harus tau berapa takaran air dan es untuk setiap penyajian kopi sachet semua merk yang kamu jual. Pemahaman ini hanya bisa diperoleh saat kamu sudah berulang kali menjual kopi keliling. 

Peralatan Jualan Kopi Keliling 

Agar bisnis kopi keliling kamu lancar maka diperlukan peralatan jualan kopi keliling yang diantaranya adalah:

1. Sepeda 

Kamu cukup menggunakan sepeda bekas untuk mengangkut barang-barang dagangan kamu. Namun juga tidak menutup kemungkinan jika modal yang kamu punya cukup, bisa menggunakan motor.

Sepeda bekas jauh lebih terjangkau dibandingkan sepeda motor. Alat ini sangat penting karena dapat mempermudah kamu untuk berkeliling.

2. Termos es batu  

Ini penting untuk menyimpan es batu sehingga saat menjajakan menu minuman dingin dapat lebih praktis. Ketahanan termos es batu dalam menyimpan es batu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

3. Termos air panas

Sama halnya dengan termos es batu, dengan menggunakan termos air panas ini kamu tidak perlu kesusahan lagi untuk menyediakan minuman hangat atau panas. 

4. Sendok

Alat ini sangat diperlukan untuk menakar jumlah gula, kopi, dan sebagainya. Sediakan sendok makan atau sendok teh sesuai dengan kebutuhan.

5. Gunting

Gunting diperlukan untuk menggunting wadah sachet dan kegiatan memotong lainnya agar lebih mudah.

6. Kompor Portable

Jika memungkinkan kamu juga bisa membawa kompor portable guna memanaskan air. Sebab para penikmat kopi biasanya sangat memperhatikan suhu air kopi yang mereka minum.

Jualan Kopi Keliling Pakai Motor

Selain dengan menggunakan sepeda, keuntungan jualan kopi keliling juga dapat diperoleh dari jualan kopi keliling pagai motor.

Saat ini banyak motor-motor dengan harga terjangkau dan pas untuk jualan kopi keliling pakai motor. Usahakan untuk pilih motor yang kamu sendiri merasa mudah untuk mengendarainya. 

Selain mudah untuk dikendarai motor kamu juga harus masih dalam keadaan prima agar tidak mogok-mogok nantinya disaat kamu akan berdagang demi keuntungan jualan kopi keliling.

Itu tadi serba serbi bisnis kopi keliling untuk mendapatkan keuntungan jualan kopi keliling. Jadi bagaimana apakah kamu tertarik menjalani bisnis ini?

Referensi

https://www.cindriyanto.com/2020/05/rincian-modal-awal-usaha-kopi-keliling.html

https://www.anginbisniss.com/2020/06/usaha-kopi-keliling-modal-1-juta.html

https://www.clubbisnis.com/2020/08/rincian-modal-awal-usaha-kopi-keliling.html

https://youtu.be/6jjahwQghT4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Takaran Membuat Kopi Hitam yang Pas

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi semua, lagi cari informasi takaran membuat kopi hitam yang pas? Selamat, kamu berada di blog yang tepat. Bagi para pencinta kopi, takaran membuat kopi hitam tidak boleh dianggap sepele loh. Iya, karena inilah yang akan memperkaya cita rasa kopi hitam yang kamu buat.  Pada kesempatan kali ini segenap kru sepintaskopi.com akan membahas tuntas nih mengenai takaran membuat kopi hitam yang pas.  Nah, kami berharap semoga sedikit ulasan takaran membuat kopi hitam ini bisa membantu kamu, sahabat ngopi semua untuk menemukan rasa terbaik kopi hitammu ya. Takaran Membuat Kopi Kapal Api yang Pas Rasa kopi yang spesial akan dirasakan jika mempunyai takaran yang pas. Takaran membuat kopi kapal api juga harus diperhatikan dengan baik.  Baca juga :  Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak Lalu, apa berapa sih takaran membuat kopi kapal api yang akan menghasilkan rasa kopi yang spesial? Di sinilah jawabannya. 1. Takaran Kopi Kapal Api Takaran kopi

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m