Langsung ke konten utama

Modal untuk Usaha Warung Kopi, Gimana Carinya?

Keuntungan Bisnis Coffee Shop, Coba Baca Deh

Keuntungan cafe per bulan, Kelemahan bisnis coffee shop, Analisis usaha coffee shop
Gambar oleh Engin Akyurt dari Pixabay 

Sepintaskopi.com - Siapa yang mau tau keuntungan bisnis coffee shop, di sini jawabannya. Inilah sebuah bisnis yang menjanjikan tapi juga harus dijalankan secara cermat dan tepat. 

Harus diakui bisnis ini memang kuat ditengah guncangan virus corona. Buat kalian yang masih ragu untuk memulai bisnis ini simak artikel tentang keuntungan bisnis coffee shop berikut ya.

Keuntungan Bisnis Coffee Shop

Ada banyak keuntungan bisnis coffee shop yang akan kamu jalankan. Namun, ingat kawan syarat dan ketentuan juga akan berlaku.

Syarat dan ketentuannya adalah kerja keras dan pantang menyerah dalam menjalankan bisnis ini. Semab di samping keuntungan bisnis coffee shop kamu juga akan mempekerjakan banyak karyawan.

Ini Dia, 5 Keuntungan Bisnis Coffee Shop

Lalu apa aja sih keuntungan bisnis coffee shop yang dimaksud? Berikut ulasannya hanya di sepintaskopi.com.

1. Mendapatkan Keuntungan Per Harinya

Kamu bisa mendapatkan keuntungan tiap harinya. Lewat jumlah kopi yang terjual setiap harinya kamu langsung bisa menghitung keuntungan yang kamu peroleh.

Namun, terkadang dalam bisnis penuh ketidak pastian, sehingga belum tentu untung yang diperoleh. Justru ini menjadi suatu keuntungan bisnsi coffee shop juga, kenapa? Simak di poin 2.

2. Evaluasi Lebih Jelas dan Terarah Per Harinya

Jika didapati bisnis kamu mengalami kerugian di suatu hari maka bisa langsung dilakukan proses evaluasi pada hari itu juga. 

Selanjutnya kamu akan mengeksekusi rencana dari hasil evaluasi tersebut pada hari berikutnya. Hal ini bisa dipraktekan untuk seterusnya.

3. Konsumen dengan jumlah yang besar

Kamu punya konsumen yang luas karena di Indonesia banyak para pecinta kopi yang selalu minum kopi. Mereka menganggap kopi sebagai gaya hidup sehingga tidak terpisahkan dari mereka.

Hal ini juga diperkuat dengan besarnya konsumsi kopi di Indonesia sehingga menjadi peringkat ke 7 dunia sebagai negara dengan jumlah konsumen kopi terbesar.

4. Pekerjaan yang Bergengsi

Siapa yang tidak ingin disebut sebagai CEO, hampir semua dari sahabat pasti ingin ya punya sebutan CEO. Jika kamu membangun dan menjalankan bisnsi kopi secara otomatis kamu jadi CEO.

Memang untuk masalah tanggungjawab tidaklah kecil. Tapi paling tidak ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri untuk kamu.

5. Mendapatkan Relasi Penting

Kamu bisa menambah relasi dengan menjalankan bisnis ini. Keuntungan bisnsi coffee shop ini jelas cukup mahal karena kamu memperoleh relasi dengan sesama pecinta kopi.

Dari relasi tersebut mungkin kamu bisa kembangkan menjadi kerjasama bisnis yang mungkin juga berkaitan dengan kemajuan bisnsi kopi yang kamu jalankan.

Keuntungan Cafe Per Bulan 

Disuatu malam ada seorang teman yang menanyakan tentang keuntungan cafe per bulan. Pertanyaan ini emang perlu sebuah riset mendalam. Tapi kami mencoba untuk melakukan pengumpulan data.

Ini hasilnya, dilansir dari detik.com harga green bean dari petani di Jawa Barat adalah Rp 80.000,00 per kg. Sedangkan, harga untuk biji kopi yang sudah menjadi bubuk kurang dari Rp 350.000,00 per kg.

Baca juga: Berapa Sih Keuntungan Kedai Kopi?

Sebanyak 1 kg bubuk kopi dapat dibuat lebih dari 50 cup kopi. Setiap cup kopi dihargai Rp 20.000,00, darisini dapat diketahui kalau 1 kg bubuk kopi dapat menghasilkan omset sebesar Rp 1.000.000,00.   

Apabila dalam waktu sehari dapat menjual hingga 100 cup, berarti omset dalam sehari dapat mencapai Rp 2.000.000,00. Dalam waktu satu bulan omset dapat mencapai kurang lebih Rp 60.000.000,00.

Kelemahan bisnis coffee shop

Pada poin ini kita akan membahas tentang kelemahan bisnis coffee shop yang biasa terjadi. Tujuan dari pembahasan ini agar para sahabat ngopi semua dapat melakukan langkah mitigasi risikonya.

Yuk Simak, 5 Kelemahan Bisnis Coffee Shop Ini

Yah, setiap bisnis apapun bentuknya pasti ada risikonya. Namun, risiko itu harusnya dapat diantisipasi bukan malah ditakuti. Berikut 5 kelemahan bisnis coffee shop yang dapat dipelajari.

1. Harus Menyediakan Wifi Gratis 

Sebenarnya wifi ini bisa menjadi salah satu daya tarik di cafe kamu. Tetapi yang menjadi masalah adalah adanya pengunjung yang datang dan hanya memesan satu minuman tapi nongkrongnya lama bukan main. 

2. Update Desain Setiap Waktu

Saat ini desain suatu cafe menjadi salah satu pertimbangan para pengunjung cafe. Sedikit ketinggalan saja bisa jadi pengunjung setiamu bisa berpaling ke cafe lain.

3. Serba Salah Menentukan Stok untuk Menu

Terkadang sebagai pengusaha harus jeli dalam membelanjakan uang untuk pembelian bahan-bahan baku. Sebisa mungkin semua bahan untuk menu tersedia. 

Ini penting agar konsumen tidak kecewa karena menu pesanannya tidak ada. Tetap prioritaskan menu-menu yang biasanya banyak dipesan dengan jumlah lebih banyak dari yang jarang dipesan.

4. Sepi Setelah Grand Opening

Hal ini seringkali terjadi, cafe-cafe ramai diawal-awal namun setelah itu sepi pengunjung. Di sini kamu harus jeli dan menyusun strategi yang tepat agar bisa meminimalkan kejadian ini.

5. Durasi Nongkrong Lebih Lama Dibandingkan Makan

Biasanya ini dikarenakan nyamannya cafe yang kamu bangun. Ini tidak salah tapi cobalah cari strategi agar coffee shopmu tidak hanya terlihat ramai karena mereka yang nongkrong.

Tidak masalah kalau para pengunjung membeli lagi menu yang kamu sediakan. Tapi jika tidak kan jadi kurang enak kalau nanti ada pengunjung lagi yang mau datang.  

Analisis Usaha Coffee Shop

Mari berpikir sejenak, kali ini tim sepintaskopi akan mengajak para sahabat ngopi semua untuk melakukan analisis usaha coffee shop.

Bagaimana Analisis Usaha Coffee Shop Dilakukan?

Teknik analisis yang digunakan adalah metode SWOT. Jadi kami akan menguraikan tentang kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan hambatan dari bisnis kopi ini.

Tujuannya agar keuntungan bisnis coffee shop dapat lebih maksimal lagi. Berikut hasil analisis usaha coffee shop.

1. Kekuatan Bisnis Coffee Shop

  • keuntungan yang bisa diperoleh setiap harinya
  • mudahnya mengakses bahan baku kopi yang diinginkan
  • banyak calon konsumen yang potensial 

2. Kelemahan Bisnis Coffee Shop

  • harus menyediakan wifi gratis
  • update desain setiap waktu
  • serba salah menentukan stok untuk menu
  • sepi setelah grand opening
  • durasi nongkrong sangat lama

3. Kesempatan Bisnis Coffee Shop

Kajian analisis usaha coffee shop selanjutnya adalah mengenai kesempatan bisnis coffee shop. Saat ini memang sudah banyak saingan di bidang usaha hilir ini.

Jika ingin menghindari persaingan tersebut sangat disarankan untuk membuka kedai di daerah yang masih jarang terdapat coffee shop.

4. Hambatan Bisnis Coffee Shop

Setiap bisnis pasti mengandung hambatan, untuk itu kamu harus bisa melakukan kalkulasi untuk memperkecil hambatan tersebut.


Hambatan yang seringkali terjadi pada bisnis coffee shop terkait dengan modal, lokasi, dan perekrutan karyawan. Semua hambatan ini harus bisa diantisipasi ya.

Nah itu tadi pembahasan panjang tentang keuntungan bisnis coffee shop beserta turunan-turunannya. Semoga bisa membantu ya sahabat. 

Referensi

https://coffeeland.co.id/keuntungan-bisnis-coffee-shop-yang-tidak-banyak-orang-tahu/

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3548679/banyak-anak-muda-buka-kedai-kopi-berapa-untungnya

https://www.wartaekonomi.co.id/read163130/ini-analisis-usaha-kopi-mulai-dari-asumsi-sampai-balik-modal

https://www.bisikanbisnis.com/2020/07/5-resiko-dan-kelemahan-usaha-cafe.html

https://klikasuransiku.com/detailArt/id=161/cat=3#:~:text=Pengertian%20analisa%20bisnis%20adalah%20rangkaian,diantisipasi%20dengan%20cara%20yang%20tepat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Pengen tau apa aja produk best seller kopi kenangan . Ini dia, sepintaskopi.com bakalan bahas tentang itu nih. Kopi kenangan yang sudah berdiri sejak tahun 2017 mempunyai berbagai produk yang sangat menarik untuk dicoba. Produknya ada yang menu kopi maupun non kopi. Baca juga :  Berapa Biaya Francise Kopi Kenangan? Tanpa berlama-lama lagi, yuk bahas tentang produk best seller kopi kenangan.  Produk Best Seller Kopi Kenangan Sebenarnya apa aja sih produk best seller kopi kenangan yang banyak diminati anak milenial. Ini dia produknya. 1. Kopi Kenangan Mantan Nama produk yang familiar membuat kopi kenangan mantan sangat mudah diingat oleh para konsumennya. Selain namanya yang mudah diingat rasanya pun enak. Kopi kenangan mantan dibuat dari kopi espresso dicampur dengan susu dan ditambah dengan gula aren asli. Tara terciptalah kopi kenangan mantan yang bakal menghapus rasa dahagamu dan kantukmu. Kombinasi antara kopi, susu, dan gula aren sangat pas. R