Langsung ke konten utama

Contoh Usaha Warung Kopi Modern di Indonesia

Masih Cari Modal Buat Usaha Cafe? Di sini Jawabannya

modal buat usaha cafe, modal usaha cafe outdoor, modal usaha cafe pinggir jalan
Gambar oleh Frantisek Krejci dari Pixabay dan Canva

Sepintaskopi.com – Mencari modal buat usaha cafe tidaklah semudah yang dikira sahabat ngopi. Perlu perjuangan dan juga pengorbanan agar diperoleh modal yang cukup untuk usaha. Kamu akan menemui banyak kesulitan, itu pasti. 

Modal adalah komponen usaha yang harus diperjuangkan. Sebab modal begitu penting dan menunjang keberlangsungan suatu bisnis. Tanpa adanya modal, kamu tidak akan mampu menjalankan bisnis dengan optimal.

Bisnis yang kamu jalankan akan terganggu apabila modal kurang mencukupi kebutuhan. Misalnya karena modal yang minim maka harus melakukan kompensasi terhadap kualitas bahan baku. Ini bisa berdampak pada penilaian konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Nah, itulah dia pentingnya modal dalam menjalankan roda usaha masa kini. Namun, tidak perlu khawatir saat ini sudah banyak cara untuk memperoleh modal usaha. Seperti yang kita ketahui bersama, meskipun banyak bukan berarti mudah. 

10 Tips Mendapatkan Modal Buat Usaha Cafe

Cafe saat ini bukan Cuma identik dengan tempat membeli kopi, namun juga sebuah titik kumpul bagi para anak muda untuk melakukan berbagai kegiatan. Ada yang sekedar nongkrong bersama teman-teman. Ada juga yang mengerjakan tugas maupun pekerjaan.

Lewat berbagai kegiatan tersebut menjadikan cafe sebuah tempat strategis untuk bertemunya anak muda. Dari situlah kesempatan membuka usaha coffee shop semakin terbuka. Dan ini bisa menjadi suatu pijakan untuk kamu, agar dapat mendesain konsep yang sesuai.

Konsep yang sesuai tentu akan memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen yang datang. Selain itu juga memberikan pengalaman berbeda pula dibandingkan cafe lainnya. Tidak hanya itu saja hal ini juga menjadikan cafe kamu menarik bagi para investor akhirnya.

Nah, itulah salah satu tips yang bisa dilakukan. Lalu ada beberapa tips lainnya untuk mendapatkan modal buat usaha cafe. Inilah dia uraiannya untuk kamu. 

1. Menyisihkan Uang dengan Disiplin dan Konsisten

Meskipun terdengar klasik, menyisihkan uang dengan disiplin dan konsisten adalah cara yang bisa kamu praktekan untuk mengumpulkan modal buat usaha cafe. Cobalah sisihkan uang sebesar 20-30% dari gaji yang kamu terima setiap bulannya. 

Kamu bisa menyimpan uang tersebut di berbagai media, seperti bank, celengan, dan investasi lainnya. Selain menyimpan uang tersebut, kamu juga tidak boleh menggunakannya untuk keperluan lain, tunggu sampai jumlahnya terpenuhi.

Kami merekomendasikan untuk menyimpan di media reksadana karena memiliki bunga yang lebih banyak dibandingkan deposito biasa. Selain itu kamu juga tidak perlu repot memikirkan untung atau rugi karena di reksadana sudah diurus oleh manajer keuangan.

Saat menerima uang gaji bulanan, segera ambil 20-30% uang dari sana.Lalu masukan ke dalam media tabungan kamu, sesuai dengan preferensi masing-masing. Jangan ditunda-tunda agar modal buat usaha cafe segera terkumpul.

2. Cari Lamaran Kerja Sampingan Sesuai Kapasitas

Saat ini sudah banyak pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di mana saja. Tentu saja ini akan menambah pemasukan kamu lebih banyak. Dan yang terpenting uang untuk menambah modal usaha juga bisa diperbesar lagi.

Kerja sampingan atau freelance ini bisa kamu cari di berbagai media, seperti facebook, dan laman-laman freelancer lainnya. Laman freelancer bisa ditemukan di google contohnya saja freelancer.co.id, sribulancer.com, freelancer indonesia, dan masih banyak lagi. 

Apabila kamu kurang menyukai jenis pekerjaan freelance tersebut, bisa juga dengan mencari lowongan kerja di coffee shop, jika memungkinkan. Bekerja di coffee shop juga akan membuka wawasan kamu tentang bisnis yang ingin kamu jalani. 

Tentu saja bekerja di coffee shop bisa menjadi satu pengalaman berharga saat menjalankan bisnis kopi nantinya. Dari gaji pekerjaan sampingan ini kamu bisa memasukan semuanya ke dalam tabungan tadi. Ini akan sangat membantu mengumpulkan modal buat usaha cafe kamu.

3. Mengikuti Berbagai Kompetisi di Bidang Entrepreneurship

Jika kamu memiliki jika kewirausahaan yang kuat maka mengikuti kompetisi bisa menjadi jalan lainnya untuk memperoleh modal buat usaha cafe. Gunakan kreativitas kamu untuk menyusun konsep bisnis yang akan dijalankan.

Konsep bisnis yang disusun harus sesuai dengan kriteria kompetisi dan sebisa mungkin tampakan ciri khas di sana. Sebab inilah yang akan dipandang oleh para juri sebagai sebuah keunikan. Selain itu juga tampakan permasalahan konkrit yang terjadi akhir-akhir ini.

Lalu munculkan argumen bahwa bisnis yang kamu jalani ini bisa berkontribusi untuk memperkecil permasalahan tersebut. Tunjukan juga perkiraan prospek bisnis yang kamu jalani beserta alasan-alasan yang logis beserta target yang ingin kamu capai.

Kamu bisa menyusunnya sekreatif mungkin baik dari segi desain proposalnya harus disesuaikan dengan bisnis yang kamu jalani. Pemilihan warna, font, dan spasi juga harus kamu perhatikan dengan baik. Dan yang terakhir jangan menyerah jika gagal nantinya.

4. Berkolaborasi dengan Partner yang Dapat Diandalkan

Tips selanjutnya adalah berkolaborasi, sebab saat ini bukan jamannya hanya persaingan dan menjatuhkan. Jika dirasa kurang memungkinkan untuk membangun bisnis sendiri, kamu perlu membuka pintu kerjasama. Dengan berkolaborasi kamu akan memiliki beban lebih ringan.

Tentu kamu harus selektif memilih partner bisnis, karena ini bukan main-main. Pastikan kamu mengetahui karakter dari partner bisnis tersebut, apakah dia dapat dipercaya atau tidak. Ini bisa dilihat dari kebiasaannya,tidak hanya berkaitan dengan uang saja.

Gunakan juga legalitas berupa pernyataan kerjasama antara kamu dengan partner tersebut. Tanda tangan di atas materai antara kamu dan partner. Tujuannya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Kamu juga perlu terbuka kepada partner tersebut terkait dengan ide bisnis yang ingin kamu jalani. Lakukan brainstorming bersama agar memperoleh solusi tambahan supaya modal buat usaha cafe semakin cepat terkumpul juga.

5. Punya Minat Tertentu, Ubah Jadi Cuan

Apabila kamu punya suatu kegemaran dalam suatu bidang bisa dikonversikan menjadi pekerjaan tambahan. Misalnya kamu jago bernyanyi bisa mencari tambahan untuk tampil di cafe-cafe. Tentunya kamu akan dibayar melaui perform tersebut.

Kegemaran lainnya juga bisa disalurkan dan diubah menjadi penghasilan tambahan, misalnya desain. Saat ini banyak orang membutuhkan desain, khususnya untuk keperluan konten media sosial. Ini bisa menjadi kesempatan emas kamu menambah pundi-pundi rupiah.

Contoh lain lagi adalah kegemaran dalam bidang public speaking, kamu bisa menyalurkannya menjadi MC di suatu acara. Biasanya acara pernikahan, konser, dan sebagainya. Dari situ kamu akan dibayar dan mendapat tambahan penghasilan lagi.

Sebenarnya masih banyak minat-minat lain yang bisa dikonversikan menjadi rupiah. Tinggal bagaimana kamu mengemas minat kamu menjadi suatu hal yang menarik dan mempunyai nilai jual. Selain itu juga usaha untuk mendapatkan informasi lowongan sangat amat diperlukan.

6. Dropshipper Barang Berkualitas dan Terpercaya

Apabila kamu tertarik dengan dunia niaga bisa nih coba jadi dropshipper. Ini merupakan sebuah usaha di bidang niaga yang memungkinkan kamu untuk bisa menjual barang tanpa perlu membelinya terlebih dahulu. Tentunya akan lebih hemat untuk kamu.

Untuk menjadi dropshipper kamu harus tau cara pemasaran yang baik melalui media sosial. Media sosial bisa digunakan untuk alat pemasaran dengan desain yang menawan pasti akan menarik para konsumen. Sebelum itu, kamu harus menentukan barang yang ingin dijual terlebih dahulu.

Rekomendasi dari kami adalah barang sehari-hari yang pasti dibutuhkan oleh semua orang. Misalnya sisir, aksesoris hp,  dan berbagai pernak pernik lainnya. Lalu kamu juga harus memilih barang yang memang sudah terbukti kualitasnya agar lebih mudah dalam proses penjualannya.

Hal tersebut juga berkaitan dengan kepercayaan konsumen nantinya. Tidak hanya itu saja pastikan juga kamu mempunyai suplier yang dapat dipercaya. Hasil dari penjualan barang tersebut akan bisa menambah modal buat usaha cafe kamu.

7. Ikut Pelatihan Terkait Bisnis yang akan Kamu Jalani

Mengikuti pelatihan memungkinkan kamu memperoleh dana bantuan dari lembaga bersangkutan. Biasanya lembaga tersebut mengadakan pelatihan untuk menunjang keahlian dari para peserta. Kamu bisa mencari informasi terkait hal tersebut pada situs-situs di internet.

Banyak lembaga yang menawarkan bantuan berupa dana setelah mengikuti pelatihan atau workshop. Lembaga ini bisa berasal dari pemerintah maupun swasta. Contohnya BAZNAZ, BLK, KUR dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Mereka mempunyai visi untuk mengurangi tingkat pengangguran dan memberikan kesempatan kerja kepada orang yang membutuhkan. Saatnya kamu ambil kesempatan ini, untuk mengumpulkan modal usaha buat cafe yang diimpikan.  Gunakan kreativitas kamu ya dan peroleh juga skillnya.

8. Menyusun Proposal yang Proper untuk Perusahaan

Kamu juga bisa mengajukan proposal bisnis kamu ke perusahaan-perusahaan yang sejalan dengan visi kamu. Proposal ini nantinya akan ditinjau oleh perusahaan tersebut dan apabila diacc kamu akan memperoleh investor. Tentu ini yang kamu inginkan bukan.

Ya, dengan menyusun proposal yang proper kamu akan berkesempatan mendapat modal buat usaha cafe. Proper di sini artinya mempunyai konsep bisnis, target, dan tujuan yang jelas. Ini akan mempermudah pembaca memahami maksud tulisan kamu di dalam proposal tersebut.

Baca juga: Ingin Buka Usaha Coffe Kekinian? Ini Tipsnya

Sertakan juga strategi yang akan kamu jalankan untuk bisnis kopi tersebut. Jelaskan dengan gamblang dan tidak bertele-tele, gunakan kalimat efektif. Tujuannya agar kamu terlihat lebih meyakinkan dan memang siap untuk menjalankan bisnis tersebut.

Selain strategi, gambarkan juga keuntungan yang akan dicapai saat kamu menjalankan bisnis kopi tersebut. Berikan data yang konkrit supaya lebih meyakinkan dan bisa dipahami oleh pembaca. Desain proposal semenarik mungkin sesuai bisnis yang dijalankan.

9. Menjual Barang Barang Bekas yang Masih Layak

Cara ini bisa dipakai untuk menambah modal buat usaha cafe kamu. Mungkin kamu punya banyak barang-barang bekas yang masih layak digunakan. Daripada dibuang, lebih baik kamu jual kembali dengan harga yang cukup lumayan.

Hasil penjualan barang-barang bekas tersebut bisa kamu gunakan untuk menambah modal untuk bisnis kamu. Tidak bisa dipungkiri jika tidak semua memiliki barang bekas yang masih layak, tetapi kamu bisa mengakalinya dengan cara memperbaikinya terlebih dahulu.

Sesudah diperbaiki jual kembali barang tersebut. Upload barang-barang bekas tersebut di laman e-commerce yang menurut kamu efektif. Tinggal tunggu sampai ada yang tertarik.

Kamu juga bisa menawarkan barang-barang bekas tersebut pada teman-temanmu. Siapa tau mereka membutuhkannya. Selain membantu teman kamu juga mendapat cuan, ini yang disebut win win solution.

10. Membuat Konten Video Sesuai Minat Kamu

Saat ini video menjadi suatu hal yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Lewat video kita dapat belajar banyak hal tanpa terkecuali. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, sebab lewat video kamu bisa memperoleh pendapatan tambahan.

Pendapat tersebut berasal dari iklan-iklan yang ditampilkan pada video kamu. Semakin banyak penontonnya, potensi iklannya juga semakin banyak sehingga ini bisa menjadi alternatif lainnya untuk kamu. Buat konten yang menarik sesuai bidang yang kamu minati.

Temukan juga gaya video kamu sendiri, sehingga memiliki ciri khas tersendiri. Belajar dari channel-channel lainnya tentang cara mereka menyajikan konten berkualitas. Jika memungkinkan kamu perlu mengonsep konten yang akan dibuat.

Konsep konten akan membuat video kamu lebih tertata dengan baik. Gunakan script jika kamu merasa masih belum bisa berbicara dengan lancar saat di depan kamera. Sedikit demi sedikit pelajari juga faktor-faktor teknis lainnya antara lain pencahayaan, posisi kamera, dan sebagainya.

Berapa Modal Usaha Cafe Outdoor? Ini Jawabannya

Jika kamu tertarik dengan bisnis kopi dengan konsep di luar ruangan maka harus mengetahui dahulu modal usaha cafe outdoor. Modal ini dihitung secara menyeluruh mulai dari sewa tempat, peralatan, bahan baku, dan gaji karyawan.

Konsep luar ruangan sangat santai dan biasanya orang datang untuk menikmati suasana cafe. Sehingga untuk cafe outdoor bisa dilakukan pendesainan yang tepat. Pertimbangkan kualitas udara dan juga sentuhan lainnya yang tidak boleh ketinggalan.

Dapat diperkirakan modal yang kamu butuhkan untuk membuka usaha ini kurang lebih Rp 25.000.000,00. Angka ini bisa berubah sewaktu-waktu karena harga peralatan yang fluktuatif. Modal usaha cafe outdoor ini bisa diusahakan dengan tips mendapatkan modal buat usaha cafe.

Jadi Segini Modal Usaha Cafe Pinggir Jalan, Yuk Bisa Yuk

Selain konsep outdoor, cafe juga bisa dibuka pada pinggir jalan. Justru ini menjadi lokasi yang strategis bagi usaha seperti cafe ini. Sama seperti bisnis lainnya usaha ini juga memerlukan modal usaha. 

Ada baiknya, sebelum memulai usaha harus diketahui juga modal usaha cafe pinggir jalan jika kamu tertarik menjalankan bisnis ini. Lalu berapakah modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha cafe outdoor?

Jawabannya adalah di bawah Rp 20.000.000,00. Modalnya cukup terjangkau, tapi modal usaha cafe pinggir jalan ini belum termasuk gaji karyawan dan biaya sewa. Ini dikarenakan perbedaan biaya sewa di masing-masing daerah.

Pada dasarnya menjalankan usaha tidak akan mudah, banyak rintangan yang akan dihadapi. Namun, saat sudah memiliki modal buat usaha cafe impianmu tentu semua akan lebih tenang. 


Referensi

https://www.rumah.com/panduan-properti/11-situs-freelance-buat-tambahan-dp-rumah-25532

https://blog.mokapos.com/mencari-modal-untuk-bisnis-mahasiswa?utm_source=adwords&utm_campaign=ID22MERCHANTACQUISITIONCAMPAIGN_PMAX_BAU_Prospecting&utm_medium=ppc&utm_term=&hsa_kw=&hsa_mt=&hsa_tgt=&hsa_src=x&hsa_ad=&hsa_ver=3&hsa_cam=1592084349&hsa_net=adwords&hsa_acc=2228956150&hsa_grp=&gclid=CjwKCAjwyryUBhBSEiwAGN5OCPTkmEFgg0hCuLcaTlZMt1HDh_lbu40Y5ECqdMcmjMXQ-x7uang1JxoC6NkQAvD_BwE

https://asianami.com/modal-usaha-cafe-pinggir-jalan/

https://www.bisikanbisnis.com/2017/02/berapa-modal-buka-usaha-cafe-inilah.html




Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Pengen tau apa aja produk best seller kopi kenangan . Ini dia, sepintaskopi.com bakalan bahas tentang itu nih. Kopi kenangan yang sudah berdiri sejak tahun 2017 mempunyai berbagai produk yang sangat menarik untuk dicoba. Produknya ada yang menu kopi maupun non kopi. Baca juga :  Berapa Biaya Francise Kopi Kenangan? Tanpa berlama-lama lagi, yuk bahas tentang produk best seller kopi kenangan.  Produk Best Seller Kopi Kenangan Sebenarnya apa aja sih produk best seller kopi kenangan yang banyak diminati anak milenial. Ini dia produknya. 1. Kopi Kenangan Mantan Nama produk yang familiar membuat kopi kenangan mantan sangat mudah diingat oleh para konsumennya. Selain namanya yang mudah diingat rasanya pun enak. Kopi kenangan mantan dibuat dari kopi espresso dicampur dengan susu dan ditambah dengan gula aren asli. Tara terciptalah kopi kenangan mantan yang bakal menghapus rasa dahagamu dan kantukmu. Kombinasi antara kopi, susu, dan gula aren sangat pas. R