Langsung ke konten utama

Bisnis Repacking Kopi Pasti Sukses, Yuk Langsung Coba

Ingin Buka Usaha Coffe Kekinian? Ini Tipsnya

usaha coffe kekinian, modal usaha kopi kekinian, franchise kopi kekinian
Gambar oleh Kevin Sanderson dari Pixabay dan Canva

Sepintaskopi.com-Usaha coffe kekinian menjadi primadona di Indonesia semenjak ditayangkannya film filosofi kopi yang dibintangi aktor kenamaan Indonesia. 

Bukan suatu fenomena yang aneh jika banyak orang ingin menjalani usaha tersebut. Selain banyak peminatnya, bahan baku yang dibutuhkan juga cukup mudah diperoleh.

Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai produk kopi lokal dengan karakteristik yang beragam. Misalnya di Sumatera terdapat produk kopi arabikanya.

Namun, harus diakui persaingan usaha coffe kekinian tidaklah mudah. Hal ini disebabkan telah banyak yang menjalani usaha ini. Jadi pelaku usaha baru harus memiliki "value" tersendiri.

5 Ide Usaha Coffe Kekinian, Cobain Yuk

Masih bingung dengan konsep usaha yang ingin dijalankan. Mungkin kamu bisa baca uraian berikut ini. Semoga membantu.

1. Usaha Coffe Kekinian dengan Konsep Ghost Kitchen

Ghost kitchen adalah sebuah konsep jasa pembuatan makanan yang diantarkan secara langsung kepada konsumen tanpa interaksi tatap muka di suatu restoran.

Konsep ghost kitchen kian marak seiring dengan digitalisasi bisnis saat ini. Ini adalah cara terbaik untuk kamu yang mempunyai modal usaha minim.

Mengapa demikian? karena kamu akan memotong anggaran-anggaran yang cukup banyak seperti desain interior maupun eksterior. Selain itu karyawan juga bisa lebih sedikit.

Dengan menggunakan konsep ghost kitchen tidak perlu khawatir jika pada akhirnya produk yang kamu tawarkan tidak laku. Jika tidak laku, kamu bisa dengan mudahnya mengganti menu, mudah bukan?

2. Usaha Coffe Kekinian dengan Konsep Waralaba (Franchise)

Apabila kamu ingin memperkecil biaya pemasaran maka bisnis waralaba cocok buat kamu. Konsep bisnis waralaba memungkinkan kamu memilih jenis produk dengan brand ternama. 

Pemakaian brand-brand ternama tersebut akan mempermudah konsumen mengenali produk yang ditawarkan. Selain itu kamu juga sudah dibekali dengan SOP sehingga pengelolaan lebih efektif.

Sebelum menentukan brand yang akan dipilih, kamu harus tau terlebih dahulu sistem kerja sama yang ditawarkan. Pelajari dengan baik cara pembayarannya juga.

Tanda sebuah brand bisa dipercaya adalah ketatnya seleksi yang dilakukan. Ini menunjukan brand tersebut benar-benar menjaga kualitas produk dan pelayanannya.

3. Usaha Coffe Kekinian dengan Konsep All You Can Eat

Ini dia buat kamu yang ingin mengikuti trend dan bikin banyak orang penasaran bisa coba buka cafe dengan konsep all you can eat. 

Konsep dari Swedia ini telah ada sejak jaman dahulu. Saat itu konsep ini digunakan untuk menjamu para tamu. Makanan disajikan di atas meja besar dan pengunjung bisa langsung menikmatinya.

Saat ini konsep all you can eat banyak digunakan pada restoran-restoran yang mengangkat tema barbekyu ala Jepang dan Brasil. Selain itu juga masakan ala Tiongkok.

Nah, konsep all you can eat ala cafe kekinian bisa nih dipake. Pasti masih jarang nih digunakan, tinggal melakukan modifikasi lebih lanjut.

4. Usaha Coffe Kekinian dengan Konsep Gadget  

Gadget atau seringkali juga disebut sebagai gawai sangat erat dengan manusia. Siapa yang tidak menggunakannya, bahkan anak kecil juga menggunakannya.

Kelekatan ini bisa dijadikan sebuah kesempatan emas buat kamu membuat cafe dengan konsep gadget. Maksudnya adalah dengan menampilkan review-review gadget dan juga pajangannya.

Bukan bermaksud menjualnya tapi hanya sebagai media edukasi saja. Perlu juga dijelaskan manfaat dan kerugian gadget itu sendiri.

Menu-menu yang disajikan juga harus bisa sejalan dengan konsep yang diusung. Misalnya dari segi nama, dan juga penyajiannya. Usahakan memiliki nuansa konsep yang diangkat.

5. Usaha Coffe Kekinian dengan Konsep Masa Lalu

Sejarah selalu menarik untuk diulik karena dari waktu sebelumnya tersebut kita berasal. Sebelum itu kamu perlu menentukan masa lalu yang mana dulu yang akan dipakai.

Mungkin masa lalu yang dimaksud saat zaman pra sejarah di mana bumi masih dikuasai oleh reptil raksasa. Atau masa lalu di saat yang lainnya.

Penentuan ini harus jelas agar tidak terjadi bias karena masa lalu mungkin masih terlalu luas. Sesudah itu bisa ditentukan ornamen yang mendukung konsep tersebut.

Baca juga: Bisnis Cafe Kecil Kecilan? Ah Gampang 

Misalnya masa lalu yang dimaksud adalah saat adanya dinosaurus, maka bisa digunakan ornamen tirex, brontosaurus dan sebagainya.

Saatnya Memilih Paket Usaha Kopi Kekinian

Jika kamu sudah menemukan ide-ide yang sesuai dengan konsep usaha coffe kekinian pilihan maka saatnya memilih paket usaha kopi kekinian

Memilih paket usaha kopi kekinian tidak hanya berurusan dengan jenis produk tapi juga harus memikirkan anggaran yang dimiliki.

Perhitungan menjadi kunci penting, selain itu juga kecermatan dalam memilih karena jika salah bisa berakibat fatal pada usaha nantinya.

5 Tips Memilih Paket Usaha Kopi Kekinian

Guna dapat memilih paket yang sesuai harus dilakukan secara jeli. Lalu, bagaimanakah memilih paket usaha kopi kekinian ini? Baiklah, ini dia tipsnya.

1. Pilih Paket Usaha Kopi Kekinian dengan Pelatihan

Sebagai pelaku usaha baru maka kamu perlu memperoleh pelatihan teknis dan non teknis. Tentu saja ini akan mempersiapkan diri kamu agar bisa menjalankan usaha lebih efektif.

Pelatihan akan mengasah keterampilan sehingga kamu setidaknya bisa mengantisipasi berbagai risiko yang ada. Setidaknya bisa diperkecil.

Selain itu juga dapat membantu kamu memberikan pelayanan dan penyajian produk yang baik. Ini akan membuat bisnis kamu bisa berkembang ke arah yang lebih baik.

2. Pilih Paket Usaha Kopi Kekinian dengan Harga Terjangkau

Tentu saja ini sangat relatif, karena setiap orang mempunyai modal yang berbeda-beda. Jika kamu mempunyai modal yang mini, usahakan untuk memilih paket dengan harga terjangkau.

3. Pilih Paket Usaha Kopi Kekinian dengan Tawaran Promo 

Dengan modal yang minim saat memulai usaha coffe kekinian pastinya kamu mengharapkan promo menarik dari paket usaha kopi kekinian. Jadi perlu melihat beberapa opsi paket ya.

Jangan terburu-buru menentukan paket usaha. Kamu perlu melakukan komparasi atau perbandingan antara satu paket dengan paket lainnya.

Pilih yang menurut kamu paling menarik promonya. Hal yang paling penting adalah pilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Biasanya promo ini dapat berupa potongan harga maupun bonus-bonus menarik lainnya. Bonus tersebut bisa berbentuk set peralatan tambahan yang bisa mempermudah kamu.

4. Pilih Paket Usaha Kopi Kekinian Sesuai  Konsep Kamu

Jika kamu ingin memunculkan identitas usaha coffe kekinian maka pertimbangkan juga apakah paket usaha yang dipilih sudah sesuai dengan konsep. 

Sesuai dalam artian bisa menunjang dan menampakan identitas cafe yang ingin kamu tonjolkan. Misalnya kamu kamu mengangkat konsep bawah laut, apakah itu bisa masuk pada konsep tersebut.

Apakah ada sesuatu yang justru menjadi hal yang berkebalikan dengan konsep tersebut. Jika ada maka kamu harus mencari alternatif lainnya. 

Jika semisal agak sulit menyesuaikan dengan konsep yang diangkat maka bisa dilakukan penyesuaian dan penawaran tentang paket usaha kopi kekinian.

5. Pilih Paket Usaha Kopi Kekinian dari Brand Terpercaya

Pilih juga paket yang disediakan dari brand terpercaya. Brand terpercaya akan sangat menjaga kualitasnya untuk menjaga nama besarnya.

Hal ini akan membuat usaha coffe kekinian kamu lebih maju dan bisa dipercaya juga. Apalagi ditambah dengan keterampilan-keterampilan yang bisa membuat bisnis lebih baik.

Bahan yang diperoleh dari paket tersebut tentu saja sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan begitu kamu juga bisa belajar ciri bahan yang berkualitas.

Selain dari segi bahan juga kamu bisa mencontoh cara pelayanan dari brand terpercaya tersebut. Kamu bisa mempraktekan cara pelayanan yang dipraktekan pada brand tersebut pada usaha kopi kamu.

Cara Memperoleh Modal Usaha Kopi Kekinian

Modal menjadi suatu pondasi penting bagi setiap pelaku usaha apapun bisnis yang dilakukan. Tanpa modal usaha, bisnis tidak bisa berjalan.

Sumber modal dapat diperoleh dari berbagai media yang memungkinkan. Kamu bisa memilih salah satunya. 

5 Cara Dapat Modal Usaha Kopi Kekinian

Modal usaha dapat diperoleh dengan berbagai cara. Berikut ini merupakan 5 cara yang dapat digunakan untuk memperoleh modal usaha bisnis kamu.

1. Menabung Modal Usaha Kopi Kekinian

Gunakan tabungan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tentu ini akan memakan waktu yang tidak sebentar tapi kamu akan terbebas dari beban hutang.

Terbebas dari beban hutang juga akan membuat kamu lebih tenang dalam menjalankan usaha coffe kekinian. Saat kamu tenang keputusan-keputusan yang diambil jadi lebih efektif.

Untuk bisa mengumpulkan dana lewat menabung kamu bisa melakukannya dengan berbagai metode. Bisa dilakukan di bank atau juga celengan. 

2. Meminjam Modal Usaha Kopi Kekinian

Pinjaman juga bisa menjadi pilihan lainnya untuk memperoleh modal usaha. Kelebihan dari pinjaman adalah dapat memperoleh dana lebih cepat dibandingkan dengan menabung.

Sumber pinjaman dapat diperoleh dari mana saja, seperti kenalan, keluarga, bank, koperasi, dan sebagainya. Pada dasarnya pinjaman memang sudah selayaknya digunakan untuk kegiatan produktif.

Kamu juga harus benar-benar mempersiapkan strategi yang tepat jika mau menggunakan modal dari pinjaman. Sebisa mungkin perkecil risiko-risiko yang ada.

3. Berinvestasi untuk Modal Usaha Kopi Kekinian

Saat ini investasi menjadi suatu hal yang lumrah untuk dilakukan berbagai kalangan. Salah satunya untuk tujuan memperoleh modal usaha.

Investasi bisa dilakukan melalui berbagai cara, seperti reksadana, surat hutang, emas, properti, dan sebagainya. Jika kamu ingin menggunakan cara ini, pelajari terlebih dahulu caranya.

Pahami dengan baik, dan pastikan kamu sudah memiliki pendapatan tetap terlebih dahulu. Jangan gunakan dana dari hutang atau pinjaman untuk melakukan investasi.

4. Menggadaikan Aset untuk Modal Usaha Kopi Kekinian

Pegadaian memberikan cara mudah untuk memperoleh modal usaha. Jika kamu memiliki suatu aset yang bisa digadaikan maka coba saja cara ini.

Aset yang bisa digadai antara lain, surat tanah, BPKB kendaraan bermotor, emas, dan sebagainya. Sistemnya dengan menitipkan aset dan kamu membayar bunga yang dibebankan.

Apabila kamu sudah memiliki cukup dana untuk menebus kembali aset tersebut, maka aset akan kembali ke tangan kamu. 

Caranya cukup mudah tinggal datang ke pegadaian. Sebelumnya kamu harus menyiapkan beberapa hal berikut:

  • FC Kartu Tanda Penduduk/SIM/Tanda Pengenal lainnya
  • Aset yang digadaikan masih berkualitas 
  • Adanya legalitas lengkap dari aset tersebut berupa surat

Bagaimana? cukup mudah bukan cara memperoleh modah usaha kopi kekinian ini. So, silahkan buat yang mau coba.

5. Modal Usaha Kopi Kekinian dari Kerjasama Perusahaan

Kerjasama antar perusahaan bisa digunakan. Apabila kamu mempunyai koneksi dengan perusahaan lain dan bisa meminjamkan modal kepada kamu dengan berbagai perjanjian saling menguntungkan.

Bentuk kerjasama ini bisa dibedakan menjadi dua. Pertama kerjasama yang memungkinkan pemodal melakukan intervensi terhadap usaha coffe kekinian yang dijalankan.

Kedua adalah kerjasama yang memungkinkan pemodal melakukan bagi hasil terhadap keuntungan yang diperoleh. Pembagian ini tergantung dari kesepakatan yang dicapai. 

Mengenal Franchise Kopi Kekinian

Sebagai pemula sudah seharusnya belajar dari perusahaan-perusahaan yang sudah merasakan asam garamnya dunia bisnis di bidang perkopian.

Tentunya ini hanya bisa diperoleh pada usaha coffe kekinian yang berdiri sebelumnya. Mereka adalah guru yang bisa dijadikan panutan kamu.

Franchise Kopi Kekinian sebagai Panutan

Di Indonesia sudah ada berbagai brand kopi yang telah sejak lama mewarnai industri kopi dalam negeri. Dan kamu bisa belajar dari situ.

Sebenarnya ada banyak sekali, namun kali ini tim sepintaskopi.com hanya akan menguraikan 5 di antaranya yang bisa dijadikan panutan.

1. Franchise Kopi Kekinian dari Brand Cetro Coffee

Brand yang telah berdiri sejak 13 tahun lalu ini memberikan kesempatan bermitra kepada orang yang ingin membuka usaha coffe kekinian.

Brand ini mampu bertahan hingga detik ini pasti karena strategi yang dijalankan. Mereka sempat berkolaborasi dengan salah satu brand makanan meksiko lokal.

Dan ini menarik di mana bisnis kopi bisa bekerja sama dengan perusahaan tacos. Tentu saja ini sangat melengkapi menu yang ada di sana.

Dari hal tersebut kamu dapat belajar bahwa saat ini adalah jaman kolaborasi. Kita tidak mungkin bertahan sendirian, sehingga harus berani bekerja sama satu sama lain.

2. Franchise Kopi Kekinian dari Brand  Kopi Kulo

Brand kopi yang mempunyai menu kopi andalan berupa avocato ini memang paling juara kalau soal perjuangan. Mereka berdiri ditahun 2017 lalu dan terus bertahan sampai sekarang.

Awalnya hanya mampu menjual tidak lebih dari 10 cup per hari hingga akhirnya dapat membangun banyak cabang di Indonesia. 

Lalu apa yang bisa dipelajari? Jawabannya adalah kegigihan dan kreativitas yang ada pada brand kopi ini. Kegigihan dalam melakukan promosi hingga akhirnya mendapat kepercayaan pelanggan.

Selain itu juga kreativitas dalam mengembangkan menu yang akhirnya menjadi menu andalan yaitu avocato. Mereka yang menjadi pelopor konsep take away untuk produk ini.

3. Franchise Kopi Kekinian dari Brand Coffee Toffee

Brand kopi ini memiliki visi yang mulia dalam mengenalkan kopi khas nusantara. Dan hal ini tidak hanya menjadi sebuah semboyan formalitas belaka.

Coffee toffee menunjukan jika mereka memiliki komitmen terhadap visi tersebut. Buktinya, mereka melakukan kampanye untuk mencintai produk-produk kopi lokal.

Hal yang bisa dipelajari dari brand coffee toffee adalah konsistensi mewujudkan visi. Perlu diketahui ini tidaklah mudah tapi bisa dilakukan.

Tidak hanya coffee toffee, kamu juga bisa mencontoh hal positif ini. Visi harus menjadi ruh pada bisnis yang kamu jalani.

4. Franchise Kopi Kekinian dari Brand Segede Gaban

Brand ini mempunyai nama yang unik, dan sesuai dengan namanya itu menu-menunya juga bisa terbilang segede gaban.

Menu yang disediakan merupakan menu-menu berukuran besar. Sehingga jangan kaget saat kamu mengunjungi salah satu outletnya.

Ini memang sengaja didesain oleh mereka untuk menarik perhatian para pelanggan. Dan memang ini merupakan suatu hal yang unik bagi pelanggan tentunya.

Hal yang bisa dipelajari dari brand ini adalah kreativitas dalam menentukan konsep usaha kopi kekinian. Tentu saja ini perlu suatu upaya untuk menemukan inovasi seperti ini.

5. Franchise Kopi Kekinian dari Brand Foresthree Coffee

Brand foresthree coffee sangat menjaga kualitas produknya sama seperti brand lainnya. Tetapi brand ini punya menu yang unik yaitu sajian kopi dan teh yang dipadukan dengan buah segar.

Menu ini jadi andalan di foresthree coffee. Inovasi ini tentu menjadi sebuah karya yang mengagumkan karena racikan tersebut memerlukan percobaan juga tentunya.

Untuk menemukan racikan yang pas bukanlah suatu hal yang mudah. Jadi usaha yang terus menerus tidak akan mengkhianati hasil yang diperoleh.

Value yang bisa diambil dari brand kopi ini adalah keinginan kuat untuk memberikan yang terbaik. Mereka punya kemauan untuk menemukan produk baru yang bisa menjadi andalan.

Bagaimana, uraian tentang usaha coffee kekinian kali ini semoga bisa memberikan sedikit pencerahan kepada sahabat ngopi semua. 

Bisnis kopi akan selalu mengalami perkembangan dan kemajuan. Sehingga kamu harus siap sedia melakukan inovasi, namanya juga usaha coffee kekinian.

Referensi

https://www.hubster.co.id/blog/apa-itu-ghost-kitchen#:~:text=Ghost%20kitchen%2C%20juga%20dikenal%20sebagai,menyiapkan%20makanan%20untuk%20pengiriman%20pesanan.

https://www.99.co/blog/indonesia/bisnis-waralaba-menjanjikan/

https://www.kompas.tv/article/248342/awal-mula-restoran-konsep-all-you-can-eat-dari-mana-asalnya#:~:text=Seperti%20namanya%2C%20resto%20'All%20You,Swedia%20sekitar%20abad%20ke%2D16.

https://akademikopi.com/?gclid=Cj0KCQjwhLKUBhDiARIsAMaTLnHkTfxkZupoJCIy0D3kZo9M6hROD9evhxoGJXT6UmMa_5WiLYvVzRUaArkMEALw_wcB

https://cetroocoffee.com/artikel-peluang-bisnis-waralaba-franchise-cafe-makanan-dan-minuman-viral/

https://www.sasamecoffee.com/franchise/franchise-kopi-kulo/

https://coffeetoffee.co.id/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Pengen tau apa aja produk best seller kopi kenangan . Ini dia, sepintaskopi.com bakalan bahas tentang itu nih. Kopi kenangan yang sudah berdiri sejak tahun 2017 mempunyai berbagai produk yang sangat menarik untuk dicoba. Produknya ada yang menu kopi maupun non kopi. Baca juga :  Berapa Biaya Francise Kopi Kenangan? Tanpa berlama-lama lagi, yuk bahas tentang produk best seller kopi kenangan.  Produk Best Seller Kopi Kenangan Sebenarnya apa aja sih produk best seller kopi kenangan yang banyak diminati anak milenial. Ini dia produknya. 1. Kopi Kenangan Mantan Nama produk yang familiar membuat kopi kenangan mantan sangat mudah diingat oleh para konsumennya. Selain namanya yang mudah diingat rasanya pun enak. Kopi kenangan mantan dibuat dari kopi espresso dicampur dengan susu dan ditambah dengan gula aren asli. Tara terciptalah kopi kenangan mantan yang bakal menghapus rasa dahagamu dan kantukmu. Kombinasi antara kopi, susu, dan gula aren sangat pas. R