Langsung ke konten utama

Kopi Luwak Hitam Jelmaan Emas Hasil Pencernaan Sang Musang

Kopi Jawa Timur Paling Enak Diseruput Sambil Menghisap Rokok Kretek

kopi jawa timur paling enak


Sepintaskopi.com - Kopi Jawa Timur paling enak, bahkan sejak dahulu. Sejak zaman penjajahan Belanda, daerah Jawa Timur dikenal sebagai produsen kopi berkualitas tinggi. 

Tidak mengherankan ada anggapan Kopi Jawa Timur paling enak sedunia. 

Ini tidaklah berlebihan karena cita rasanya yang mendunia membuat kopi Jawa Timur memiliki nomenklatur tersendiri dalam dunia perkopian sebagai Java Coffee atau bagi masyarakat Indonesia menyebutnya kopi jawa.

Kopi Jawa Timur termasuk golongan kopi Arabika, namun keadaan iklim dan kandungan alami unsur hara tanah di daerah Jawa Timur menghasilkan biji kopi terbaik. 

Tentunya ini yang membedakan dengan biji kopi Arabika lainnya, maka tak heran Kopi Jawa Timur paling enak jika dibandingkan kopi Arabika sejenis dari tempat lain.

Seruput Kopi Jawa Timur paling enak dilakukan sambil menghisap rokok kretek setelah menyantap hidangan nasi beserta lauk pauknya. 

Ada kenikmatan tersendiri ketika perut kenyang di tutup dengan seruput kopi Jawa Timur dan asap rokok kretek. Bagi kalian yang punya cara tersendiri seruput kopi Jawa Timur paling enak dilakukan dengan cara apa. 

Silahkan utarakan pendapat kalian pada kolom komentar dan jangan lupa like dan share.

Sejarah Tanaman Kopi

Tanaman Kopi dipercaya berasal dari wilayah Ethiopia, Afrika Timur, Kemudian para pedagang Arab membawanya ke Timur Tengah melalui Yaman.

Minuman kopi awalnya digunakan oleh para sufi sebagai pengusir rasa ngantuk di malam hari, agar mereka bisa lebih berkonsentrasi dalam hal beribadah, Kemudian minuman kopi menyebar di kalangan masyarakat awam.

Budaya minum kopi masuk ke Benua eropa pada abad ke 15 melalui pedagang kopi Ottoman Turki dan kemudian berkembang menjadi bagian daripada gaya hidup masyarakat Eropa sampai sekarang.

Budidaya tanaman kopi secara masif di Indonesia khususnya di Jawa Timur, diperkenalkan pertama kali oleh penjajah Belanda sewaktu tanam paksa diterapkan di Indonesia, yakni sekitar tahun 1830 an. Ini dikarenakan tanaman kopi merupakan komoditas yang cukup laris di pasaran Eropa kala itu.


Saat ini tanaman kopi lebih banyak dibudidayakan oleh petani lokal Indonesia dengan pengetahuan yang mereka miliki turun temurun yang mungkin didapatkan nenek moyang mereka ketika zaman tanam paksa di Indonesia.

Ada Dua jenis Kopi yang terkenal di kalangan pecinta minuman kopi, yakni Kopi Robusta dan Kopi Arabika. Kopi Jawa Timur termasuk jenis kopi Arabika. Tanaman Kopi yang di tanam di Indonesia kebanyakan tergolong jenis Kopi Arabika, Ini karena Kopi Arabika cocok dengan iklim tropis basah di Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi.

Sebelum tanam paksa, bijian kopi sudah dikenal masyarakat Indonesia melalui pedagang India dan Arab yang berdagang di bumi Nusantara, namun saat itu tidak ada upaya menanamnya secara masif.

Wilayah pedalaman Jawa Timur yang merupakan daerah dataran tinggi tropis ditambah unsur hara alami dari abu vulkanik dari aktivitas gunung berapi di Jawa Timur menjadikan jenis tanaman kopi tumbuh subur dan menghasilkan jenis biji terbaik. 

Dari bijian kopi terbaik inilah kemudian menghasilkan minuman Kopi Jawa Timur paling enak yang bisa anda nikmati di warung kopi kesukaan anda.

Cukup banyak hal yang bisa dibahas tentang sejarah tanaman kopi dan bagi kalian yang punya pengetahuan tentang sejarah tanaman kopi, mari berbagi ilmu dengan menulisnya di kolom komentar. 

Menjamurnya Kedai Kopi Di Indonesia

Gaya hidup ngopi Meneer Belanda tempo doeloe rupanya menular ke rakyat Indonesia, Dari rakyat jelata sampai orang berkuasa memiliki kegemaran akan minum kopi akibatnya warung kopi atau kedai kopi bermunculan dimana mana.


Dari sekian banyak jenis minuman kopi yang ditawarkan warung atau kedai kopi di Indonesia, menurut penulis, Kopi Jawa Timur paling enak diseruput saat santai di warung atau kedai kopi. Aroma khas dan cita rasa yang ringan alias tidak terlalu pahit cocok bagi sebagian besar lidah orang Indonesia yang pada umumnya suka dengan cita rasa manis.

Salah satu kedai kopi yang menjual minuman Kopi Jawa Timur paling enak di Toko Kopi Djawa, sering disingkat "Kopi DJawa", saat ini Kopi Djawa sudah membuka cabang di Kota Bandung, Jakarta, Bogor, dan Yogyakarta, Silahkan kalian pecinta kopi mampir untuk mencicipi cita rasa Kopi Jawa Timur ke cabang Kedai Kopi Djawa terdekat.

Apa Saja Jenis Kopi di Jawa Timur yang dibudidayakan ?

Jenis Kopi di Jawa Timur yang dibudidayakan saat ini tergolong dalam jenis Kopi Arabika, Ada Dua Jenis Kopi di Jawa Timur yang dibudidayakan petani, yakni Kopi Ijen dan Kopi raung, Dan karena tergolong jenis Kopi Arabika, maka sering juga disebut Kopi Arabika Ijen dan Kopi Arabika Raung.

Diberbagai caffe sering kali kedua jenis kopi ini di campur atau istilah baristanya di blend, maka namanya menjadi Kopi Arabika Ijen Raung. Pada penamaan lain, karena dinamakan kopi Jawa, maka untuk kedua Jenis Kopi Jawa Timur tersebut dinamakan juga Kopi Jawa Ijen dan Kopi Jawa Raung. Dan gabungan keduanya (hasil blending) disebut juga Kopi Jawa Ijen Raung.

Tidak ada komposisi yang pasti berapa persentase jika kopi ijen dan kopi Raung di campur (blend), semua tergantung keahlian Barista sebagai peracik kopi untuk memuaskan pelanggan. 

Dari kedua Jenis Kopi di Jawa Timur yang sudah disebutkan tadi, Jenis manakah yang merupakan jenis Kopi Jawa Timur paling enak sedunia ?  Untuk pertanyaan ini, bagi penulis tergantung soal lidah saja, yang jelas keduanya sudah di akui dunia sebagai kopi paling enak sedunia.

Dimana Saja Daerah Penghasil Kopi di Jawa Timur ?

Ada beberapa daerah penghasil kopi di Jawa Timur yang sudah terkenal sejak era tanam paksa di Indonesia, Daerah itu meliputi : Kabupaten Malang, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan,dan Kabupaten Jember.

Keenam Kabupaten daerah penghasil kopi di Jawa timur tersebut terletak di daerah Pegunungan dan sering menerima abu vulkanik akibat aktivitas gunung berapi aktif yang ada di Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Jawa Tengah. 

Abu Vulkanik yang kaya unsur mineral dan belerang membuat tanaman kopi berlimpah nutrisi yang membuatnya tumbuh subur sehingga menghasilkan biji kopi kualitas terbaik dengan cita rasa khasnya. Inilah yang oleh para ahli tanaman katakan menjadi penyebab kekhasan cita rasa kopi Jawa Timur dan menjadikan minuman Kopi Jawa Timur paling enak sedunia.

Baca juga: Toko Kopi Djawa Terdekat, Dimana Saja Sih ?

Karena menghasilkan devisa yang besar serta membuka banyak lapangan kerja, akhirnya Pemerintah Provinsi Jawa Timur berusaha memperluas areal tanam kopi, diharapkan dengan penambahan luas areal tanam kopi akan membuat produksi Kopi Jawa Timur meningkat 

Seruput kopi Jawa Timur paling enak dinikmati sesudah makan hidangan berat (seperti makan nasi) sambil menghisap rokok kretek, Benarkah demikian ? Penulis termasuk golongan yang tidak percaya jika kenikmatan Kopi Jawa Timur paling enak dinikmati setelah makan hidangan berat (makanan pokok, seperti nasi) sambil menghisap rokok kretek, Bagaimana dengan anda ? Bagi yang tidak sependapat dengan penulis silahkan tulis komentar kalian pada kolom komentar dibawah ini ya.













Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Takaran Membuat Kopi Hitam yang Pas

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi semua, lagi cari informasi takaran membuat kopi hitam yang pas? Selamat, kamu berada di blog yang tepat. Bagi para pencinta kopi, takaran membuat kopi hitam tidak boleh dianggap sepele loh. Iya, karena inilah yang akan memperkaya cita rasa kopi hitam yang kamu buat.  Pada kesempatan kali ini segenap kru sepintaskopi.com akan membahas tuntas nih mengenai takaran membuat kopi hitam yang pas.  Nah, kami berharap semoga sedikit ulasan takaran membuat kopi hitam ini bisa membantu kamu, sahabat ngopi semua untuk menemukan rasa terbaik kopi hitammu ya. Takaran Membuat Kopi Kapal Api yang Pas Rasa kopi yang spesial akan dirasakan jika mempunyai takaran yang pas. Takaran membuat kopi kapal api juga harus diperhatikan dengan baik.  Baca juga :  Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak Lalu, apa berapa sih takaran membuat kopi kapal api yang akan menghasilkan rasa kopi yang spesial? Di sinilah jawabannya. 1. Takaran Kopi Kapal Api Takaran kopi

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m