Langsung ke konten utama

5 Cara Membuat Kopi Rumahan Ala Barista Profesional

Sumber : https://ramesia.com/usaha-kopi-rumahan/

Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi, bagaimana nih kabarnya? Semoga selalu baik ya. Pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana sih cara membuat kopi rumahan ala barista profesional. Kamu pecinta kopi, pantengin terus ya.

Kopi rumahan biasanya menggunakan kopi instan. Padahal kita bisa memodifikasi kopi-kopi instan tersebut menjadi sajian minuman yang unik dan menggelitik. Pastinya serasa bikinan barista profesional.


1. Minuman Kopi yang disajikan Dingin apalagi kalau bukan Cold Brew

Sumber : https://www.alvinsofsf.com

Bahan yang diperlukan tidak terlalu banyak dan cukup sederhana, hanya gula cair, 600 ml air sesuai dengan suhu ruangan, dan 6 sendok kopi instan.

Cara Pembuatan :
  • Seduh kopi terlebih dahulu, lalu aduk dengan membentuk huruf M atau W untuk hasil yang sempurna.
  • Masukkan kopi yang sudah diseduh ke dalam wadah kaca, dan letakkan di dalam lemari pendingin selama 12 jam.
  • Keluarkan kopi dari lemari pendingin, lalu saring kopi tersebut. Setelah langkah ini, kopi sudah siap dinikmati. Kamu juga bisa menambahkan gula cair sesuai seleramu. 
     2. Kopi ditambah Alpukat, yak betul Avocado Coffee
Alpukat yang mempunyai tekstur yang lembut sangat cocok dipadukan dengan kopi. Penasan dengan rasanya, coba saja sajian kopi yang satu ini.

Pertama-tama siapkan dahulu bahan-bahan yang diperlukan, meliputi es batu sesuai selera, gula pasir, susu bubuk dua sendok makan, satu buah alpukat yang sudah masak, white coffee sebanyak 5 sendok makan, dan susu bubuk dengan takaran 2 sendok makan.

Cara Pembuatan :
  • Jus alpukat sampai halus, lalu tuangkan ke dalam gelas.
  • Seduh white coffee dan susu bubuk dengan menggunakan air hangat. Tambahkan pula gula sesuai seleramu.
  • Setelah itu masukkan campuran kopi dan susu bubuk ke dalam gelas shaker. Jangan lupa tambahkan juga es batu ke dalamnya dan kocok hingga semua bahan tercampur merata.
  • Masukkan white coffee ke dalam gelas yang sudah berisi jus alpukat.
  • Avocado coffee siap dinikmati.
     3. Kopi Susu dari Yunani, Frappe

Kopi susu ini seringkali mengisi daftar menu kafe-kafe modern. Tidak sedikit yang menyukai rasa dari kopi khas dari negeri para dewa ini. Yuk intip bagaimana sih cara membuatnya.
Bahan yang diperlukan meliputi air dingin, kopi instan empat sendok teh, es batu, susu segar, oreo, es krim dan gula pasir dua sendok makan.

Cara Pembuatan :
  • Masukkan air dingin, gula pasir, kopi instan ke dalam jus. Lalu jus semua bahan tersebut sampai tercampur dan mengeluarkan busa.
  • Siapkan gelas tinggi yang telah diberi es batu. Lalu tuangkan bahan yang telah dijus tadi ke dalam gelas tersebut.
  • Setelah itu tambahkan es krim ke dalam gelas.
  • Taburkan toping oreo ke atas es krim. Frappe siap dinikmati
    4. Nikmati Rasa Kopi Otentik, Espresso Chil

Sumber : https://highrisecoffeeroasters.com

Sahabat ngopi, bagi kamu yang suka kopi hitam dengan rasa asli bisa cobain nih espreso chil di rumah. Cara membuatnya sangatlah simpel. Bahan-bahan yang diperlukan meliputi 3 gelas air dingin, 2 sendok makan kopi instan, gula cair secukupnya, dan es batu.

Cara Pembuatan :
  • Campurkan semua bahan ke dalam gelas shaker. Setelah itu kocok hingga tercampur sempurna.
  • Tuangkan ke dalam gelas. Segelas espresso chil siap untuk dinikmati.
      5. Perpaduan Kopi dan Coklat, Cofee and Chocolate Attack

Kopi dan coklat hangat adalah perpaduan yang sempurna, terutama jika cuaca sedang dingin-dinginnya. Menyeruput kopi dengan tambahan coklat akan semakin menyenangkan. Tenang caranya mudah kok.

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan yang meliputi 1 sachet kopi hitam, dark chocolate 70 gram, gula secukupnya, milo bubuk secukupnya, susu sapi murni sebanyak 250 ml.

Cara Pembuatan :
  • Tuangkan susu dan rebus hingga mendidih. Setelah itu kecilkan api dan masukkan lelehan coklat, kopi instan, dan juga gula pasir. Aduk semua campuran itu sampai merata.
  • Lalu ambil gelas, dan tuangkan kopi tersebut di dalam gelas. Jangan lupa tambahkan toping milo di atasnya.
  • Kopi siap dinikmati.

Nah, itu tadi 5 cara membuat kopi rumahan ala barista profesional yang bisa kamu praktekkan di rumah. Semoga apa yang saya tuliskan ini bisa bermanfaat bagi sahabat ngopi semua ya.


Sumber :


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Kenali 5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung dalam Kopi

Gambar diambil dari Pixabay Sepintaskopi.com - Tidak heran jika kopi memiliki segudang manfaat, ternyata dalang dibalik semuanya manfaat kesehatan itu adalah kandungan asam klorogenat. Kandungan ini banyak membantu para penikmat kopi untuk terbebas dari resiko serangan penyakit.  5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung di Dalam Kopi Asam klorogenat merupakan jenis asam yang paling banyak terkandung di dalam biji kopi. Saat biji kopi belum melalui proses roasting kadar asam ini mencapai 8%. Sedangkan, setelah mengalami proses roasting kadarnya turun menjadi 4%. Berikut ini beberapa manfaat asam terbesar yang terkandung di dalam kopi. 1. Antivirus Hepatitis B Kandungan klorogenat pada kopi sudah terbukti dapat menjadi penghambat pertumbuhan hepatitis B di dalam tubuh. Penelitian menjelaskan klorogenat bisa mencegah virus hepatitis baik secara in vivo maupun in vitro.  2. Antioksidan Jika dibandingkan dengan aktivitas antioksidan kafein, bisa dibilang asam

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa B