Langsung ke konten utama

Belajar Menikmati Kopi, Banyak Manfaatnya Loh

Sumber : Shutterstock.com

Sepintaskopi.comMinuman yang disebar luaskan oleh Bangsa Arab ini telah menjadi minuman yang mendunia. Sudah sejak lama kopi dikenal sebagai minuman penambah energi tubuh yang konsisten menjadi teman kamu saat begadang, mengerjakan tugas maupun saat santai kayak di pantai. 

Tidak ada salahnya dong, untuk mempelajari cara menikmati kopi yang kaya akan manfaat. Jangan salah, minum kopi mempunyai sangat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, jika dilakukan dengan cara yang tepat.

Kesehatan adalah sesuatu yang mahal, maka jangan korbankan kesehatanmu saat mengkonsumsi kopi. Yuk, belajar menikmati kopi dengan benar, biar makin banyak wawasan tentang kopi. Ini dia langkah-langkahnya.

1. Pilih Kopi yang Menggunakan Biji Kopi Asli

Rasa kopi murni memang tidak semanis manfaatnya. Pemilihan biji kopi asli sangat menentukan kualitas kesehatan yang kamu dapatkan. 

Satu biji kopi utuh mengandung antioksidan yang berguna untuk kesehatan. Antioksidan dapat menetralkan radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen, bahkan bisa mengurangi jerawat.

2. Pastikan, Makan Terlebih Dahulu Sebelum Ngopi

Sebelum minum kopi, kamu harus makan terlebih dahulu. Nah, pernah gak kamu minum kopi sebelum makan dan setelah itu ingin makan yang manis-manis dengan jumlah banyak? 

Baca juga : 5 Menit Mengenal Kopi Lokal

Minum kopi sebelum makan akan menyebabkan penurunan gula darah secara drastis, inilah yang menyebabkan kamu ingin mengonsumsi makanan manis secara berlebihan karena tubuh kamu sudah kehilangan banyak gula darah.

Berbeda halnya saat kamu sudah makan, kandungan yang terdapat di dalam kopi akan mengurangi asupan glukosa di tubuh sehingga bisa terkurangi. 

Kafein bisa menstimulasi tubuh untuk melepas gula ke darah. Kondisi ini meyebabkan tubuh mengeluarkan asupan gula secara berlebih. 

3. Hindari Penambahan Pemanis

Biasakan minum kopi tanpa ditambah dengan bahan pemanis lainnya. Pada dasarnya manfaat kesehatan jauh lebih penting dan itu bisa diperoleh dengan cara meminum kopi tanpa tambahan pemanis. 

Menambahkan gula bisa memperbesar resiko diabetes. Sebagai alternatif sepintaskopi.com menyarankan mengganti penggunaan pemanis dengan susu rendah lemak yang akan lebih menyehatkan.

4. Nikmati Aroma Kopi Lewat Uap Hangatnya

Kamu bisa menghirup uap kopi yang wanginya bukan main harumnya. Hirup secara perlahan dan rasakan aromanya masuk ke hidungmu dan menyebar ke otak. Dijamin pikiran akan tenang seketika saat kamu mencoba cara ini.

5. Jangan Minum Kopi yang Terlalu Panas

Kopi dengan suhu terlalu panas bisa membakar lidahmu. Akibatnya, kamu tidak bisa menikmati cita rasa kopi secara maksimal dan itu fatal. 

Baca juga : Cara Membuat Kopi Rumahan Ala Barista Profesional

Sabarlah sejenak, sebelum meminum kopi dan pastikan suhu kopi tidak akan mengganggu indera perasamu. Idealnya, suhu kopi yang pas untuk dinikmati adalah enam puluh derajat celcius.

6. Kenali Berbagai Jenis Kopi Dunia

Eksplorasi semua jenis kopi mulai dari kopi lokal sampai kopi internasional patut kamu coba. Mengenal berbagai macam kopi akan membuat kamu menemukan mana kopi yang benar-benar pas untuk dirimu sehingga kamu bisa selalu teringat dengan kenikmatannya.

7. Minum Kopi sesuai Batas Normal

Dilansir dari brilio.net kandungan kafein yang masih bisa ditolerir oleh tubuh adalah 400 mg yang setara dengan 3-4 cangkir. Apabila asupan melebihi batas maksimal maka akan timbul efek cemas, pusing, bahkan hipertensi. 

Setiap jenis kopi yang ada di dalam cangkir kamu akan selalu mempunyai rasa yang berbeda. Di sinilah tantangan penikmat kopi untuk menemukan cara menikmati setiap cangkir kopi yang beragam. Cari terus info menarik tentang kopi hanya di sepintaskopi.com.

Sumber :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Kenali 5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung dalam Kopi

Gambar diambil dari Pixabay Sepintaskopi.com - Tidak heran jika kopi memiliki segudang manfaat, ternyata dalang dibalik semuanya manfaat kesehatan itu adalah kandungan asam klorogenat. Kandungan ini banyak membantu para penikmat kopi untuk terbebas dari resiko serangan penyakit.  5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung di Dalam Kopi Asam klorogenat merupakan jenis asam yang paling banyak terkandung di dalam biji kopi. Saat biji kopi belum melalui proses roasting kadar asam ini mencapai 8%. Sedangkan, setelah mengalami proses roasting kadarnya turun menjadi 4%. Berikut ini beberapa manfaat asam terbesar yang terkandung di dalam kopi. 1. Antivirus Hepatitis B Kandungan klorogenat pada kopi sudah terbukti dapat menjadi penghambat pertumbuhan hepatitis B di dalam tubuh. Penelitian menjelaskan klorogenat bisa mencegah virus hepatitis baik secara in vivo maupun in vitro.  2. Antioksidan Jika dibandingkan dengan aktivitas antioksidan kafein, bisa dibilang asam

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa B