Langsung ke konten utama

Investigasi Harga Kopi Kapal Api Mix 1 Renceng, Rekomended?

10 Tips Minum Kopi Agar Terhindar dari Gangguan Kesehatan

minum kopi sehat
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Sepintaskopi.com - Minum kopi sekarang ini menjadi trendsetter bagi anak muda. Tumbuhnya bisnis-bisnis kopi modern yang menamakan dirinya kedai kopi bisa dibilang mengubah persepsi lampau konsumen kopi yang dulunya identik dengan generasi lanjut. 

Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui kopi bisa menjadi momok jika tidak dikonsumsi secara tepat. Bukan salah si kopi sih, tapi penggunaan bahan tambahan yang terkadang membuat kopi justru mempunyai efek negatif terhadap kesehatan.

Tips Minum Kopi Agar Tetap Sehat Menjalani Hari

Sahabat ngopi, yuk sama-sama cari tahu cara yang tepat agar konsumsi kopi tidak malah memberikan dampak kesehatan yang negatif. Kami yakin, bahwa kopi bisa membawa dampak positif terhadap kesehatan.

1. Minum Kopi Setelah Sarapan Pagi 

Sahabat ngopi tentu sudah tahu jika kopi memiliki kandungan asam yang dapat merangsang kinerja asam lambung saat perut kosong. Akibatnya, asam lambung dapat memicu terjadinya gastritis/maag.

Sarapan dipagi hari sebelum minum kopi sangat penting untuk tubuh Kamu. Kami menyarankan untuk minum kopi paling tidak pada pukul 09.30 sampai 14.00 untuk menghindari dampak negatif kopi.

2. Batasi Konsumsi Kopi Kamu

Sebenarnya hanya Kamu sendiri yang tahu berapa sih jumlah kopi yang bisa tubuhmu tolerir. Tandanya bisa Kamu ketahui lewat detak jantungmu setelah Kamu selesai menyeruput kopi dan dampak psikologis lainnya seperti rasa cemas contohnya.

Namun, sepintaskopi menyarankan untuk minum kopi maksimal 3 cangkir sehari agar kafein yang masuk ke tubuhmu tidak terlalu banyak. Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa menimbulkan efek negatif pada kesehatan.

3. Gunakan Pemanis Alami 

Daun stevia bisa menjadi pilihanmu untuk Kamu yang tidak bisa minum kopi tanpa ada rasa manisnya. Pemanis alami akan sedikit menyuplai kalori ke dalam tubuh sehingga gula darahmu tetap aman.

4. Pilih Jenis Kopi Organik

Kopi organik dinilai lebih sehat dibandingkan jenis kopi lainnya. Pasalnya cara penanaman kopi organik terbebas dari pupuk kimia dan juga semua metode penanaman sampai pascapanen dilakukan secara alami. Jika Kamu tertarik minum kopi organik bersiaplah merogoh kocek sedikit lebih dalam.


5. Tambahkan Kayu Manis

Kayu manis bisa loh menjadi pilihanmu untuk menambahkan aroma kopi yang Kamu buat. Selain menambah sensasi kenikmatan minum kopi, kandungan yang terdapat pada kayu manis bisa menurunkan kolesterol dan gula darah di tubuh.

6. Gunakan Filter dari Kertas

Jika Kamu sedang mampir ke kedai kopi cobalah untuk memesan kopi dengan teknik seduh yang melibatka filter dari kertas. Kopi mengandung zat cafestol yang bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuhmu. Penggunaan filter ini setidaknya bisa mengurangi kandungan cafestol tersebut.

7. Cobalah Bikin Kopi Sendiri

Jika Kamu merasa ragu dengan kopi-kopi yang Kamu pesan di kedai kopi langgananmu. Tidak ada salahnya kok mencoba bikin kopi sendiri di rumah sehingga kebersihan dan kesehatan bahan yang digunakan terjamin.

8. Pilih Teknik Cold Brew

Teknik manual brewing ini bisa Kamu pilih untuk Kamu yang ingin minum kopi rendah kafein. Kadar kafein kopi yang dihasilkan dengan menggunakan teknik cold brew ini lebih rendah dibandingkan dengan kafein pada kopi teknik seduh yang lain.


9. Minum Kopi Decafein

Kopi decafein bukan berarti kopi tanpa kafein. Kandungan kafeinnya masih ada, hanya saja jumlahnya sedikit. Kamu yang mempunyai sensitivitas terhadap kafein, bisa nih mencicipi kopi yang satu ini.

10. Hindari Tambahan Krimer

Krimer biasanya dibuat dengan campuran lemak trans. Lemak ini bisa meningkatkan jumlah kolesterol jahat di tubuhmu dan ini sangat berbahaya. 

Selain lemak trans, bubuk krimer instan juga dilengkapi dengan karagenan yang bisa mengentalkan krim. Nah, karagenan bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan loh. Sebaiknya kurangi atau hilangkan kebiasaan menambah krimer pada kopi.

Gangguan kesehatan karena kopi akan jauh lebih sedikit jika Kamu bisa mempraktekkan 10 tips di atas. Kini Kamu sudah tahu nih tips minum kopi agar terhindar dari gangguan kesehatan, semoga artikel ini bisa berguna untuk Kamu ya. 




Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Takaran Membuat Kopi Hitam yang Pas

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi semua, lagi cari informasi takaran membuat kopi hitam yang pas? Selamat, kamu berada di blog yang tepat. Bagi para pencinta kopi, takaran membuat kopi hitam tidak boleh dianggap sepele loh. Iya, karena inilah yang akan memperkaya cita rasa kopi hitam yang kamu buat.  Pada kesempatan kali ini segenap kru sepintaskopi.com akan membahas tuntas nih mengenai takaran membuat kopi hitam yang pas.  Nah, kami berharap semoga sedikit ulasan takaran membuat kopi hitam ini bisa membantu kamu, sahabat ngopi semua untuk menemukan rasa terbaik kopi hitammu ya. Takaran Membuat Kopi Kapal Api yang Pas Rasa kopi yang spesial akan dirasakan jika mempunyai takaran yang pas. Takaran membuat kopi kapal api juga harus diperhatikan dengan baik.  Baca juga :  Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak Lalu, apa berapa sih takaran membuat kopi kapal api yang akan menghasilkan rasa kopi yang spesial? Di sinilah jawabannya. 1. Takaran Kopi Kapal Api Takaran kopi

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m