Langsung ke konten utama

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

10 Tips Minum Kopi Agar Terhindar dari Gangguan Kesehatan

minum kopi sehat
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Sepintaskopi.com - Minum kopi sekarang ini menjadi trendsetter bagi anak muda. Tumbuhnya bisnis-bisnis kopi modern yang menamakan dirinya kedai kopi bisa dibilang mengubah persepsi lampau konsumen kopi yang dulunya identik dengan generasi lanjut. 

Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui kopi bisa menjadi momok jika tidak dikonsumsi secara tepat. Bukan salah si kopi sih, tapi penggunaan bahan tambahan yang terkadang membuat kopi justru mempunyai efek negatif terhadap kesehatan.

Tips Minum Kopi Agar Tetap Sehat Menjalani Hari

Sahabat ngopi, yuk sama-sama cari tahu cara yang tepat agar konsumsi kopi tidak malah memberikan dampak kesehatan yang negatif. Kami yakin, bahwa kopi bisa membawa dampak positif terhadap kesehatan.

1. Minum Kopi Setelah Sarapan Pagi 

Sahabat ngopi tentu sudah tahu jika kopi memiliki kandungan asam yang dapat merangsang kinerja asam lambung saat perut kosong. Akibatnya, asam lambung dapat memicu terjadinya gastritis/maag.

Sarapan dipagi hari sebelum minum kopi sangat penting untuk tubuh Kamu. Kami menyarankan untuk minum kopi paling tidak pada pukul 09.30 sampai 14.00 untuk menghindari dampak negatif kopi.

2. Batasi Konsumsi Kopi Kamu

Sebenarnya hanya Kamu sendiri yang tahu berapa sih jumlah kopi yang bisa tubuhmu tolerir. Tandanya bisa Kamu ketahui lewat detak jantungmu setelah Kamu selesai menyeruput kopi dan dampak psikologis lainnya seperti rasa cemas contohnya.

Namun, sepintaskopi menyarankan untuk minum kopi maksimal 3 cangkir sehari agar kafein yang masuk ke tubuhmu tidak terlalu banyak. Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa menimbulkan efek negatif pada kesehatan.

3. Gunakan Pemanis Alami 

Daun stevia bisa menjadi pilihanmu untuk Kamu yang tidak bisa minum kopi tanpa ada rasa manisnya. Pemanis alami akan sedikit menyuplai kalori ke dalam tubuh sehingga gula darahmu tetap aman.

4. Pilih Jenis Kopi Organik

Kopi organik dinilai lebih sehat dibandingkan jenis kopi lainnya. Pasalnya cara penanaman kopi organik terbebas dari pupuk kimia dan juga semua metode penanaman sampai pascapanen dilakukan secara alami. Jika Kamu tertarik minum kopi organik bersiaplah merogoh kocek sedikit lebih dalam.


5. Tambahkan Kayu Manis

Kayu manis bisa loh menjadi pilihanmu untuk menambahkan aroma kopi yang Kamu buat. Selain menambah sensasi kenikmatan minum kopi, kandungan yang terdapat pada kayu manis bisa menurunkan kolesterol dan gula darah di tubuh.

6. Gunakan Filter dari Kertas

Jika Kamu sedang mampir ke kedai kopi cobalah untuk memesan kopi dengan teknik seduh yang melibatka filter dari kertas. Kopi mengandung zat cafestol yang bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuhmu. Penggunaan filter ini setidaknya bisa mengurangi kandungan cafestol tersebut.

7. Cobalah Bikin Kopi Sendiri

Jika Kamu merasa ragu dengan kopi-kopi yang Kamu pesan di kedai kopi langgananmu. Tidak ada salahnya kok mencoba bikin kopi sendiri di rumah sehingga kebersihan dan kesehatan bahan yang digunakan terjamin.

8. Pilih Teknik Cold Brew

Teknik manual brewing ini bisa Kamu pilih untuk Kamu yang ingin minum kopi rendah kafein. Kadar kafein kopi yang dihasilkan dengan menggunakan teknik cold brew ini lebih rendah dibandingkan dengan kafein pada kopi teknik seduh yang lain.


9. Minum Kopi Decafein

Kopi decafein bukan berarti kopi tanpa kafein. Kandungan kafeinnya masih ada, hanya saja jumlahnya sedikit. Kamu yang mempunyai sensitivitas terhadap kafein, bisa nih mencicipi kopi yang satu ini.

10. Hindari Tambahan Krimer

Krimer biasanya dibuat dengan campuran lemak trans. Lemak ini bisa meningkatkan jumlah kolesterol jahat di tubuhmu dan ini sangat berbahaya. 

Selain lemak trans, bubuk krimer instan juga dilengkapi dengan karagenan yang bisa mengentalkan krim. Nah, karagenan bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan loh. Sebaiknya kurangi atau hilangkan kebiasaan menambah krimer pada kopi.

Gangguan kesehatan karena kopi akan jauh lebih sedikit jika Kamu bisa mempraktekkan 10 tips di atas. Kini Kamu sudah tahu nih tips minum kopi agar terhindar dari gangguan kesehatan, semoga artikel ini bisa berguna untuk Kamu ya. 




Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Berapa Sih Kandungan Kafein Pada Kopi?

Sumber : https://nationalgeographic.grid.id/ Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi, semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini kita akan bahas kopi dari sudut pandang sains lagi nih, khususnya untuk topik kandungan kafein pada kopi. Tentu sahabat ngopi sudah tahu ya, kopi tidak bisa dijauhkan dari yang namanya kafein. Salah satu senyawa kopi ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk setiap sahabat ngopi loh. Tapi ada syaratnya, manfaat ini bisa terasa jika sahabat ngopi tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Yuk Bahas Tuntas Kandungan Kafein Pada Kopi Setiap sahabat ngopi pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat ngopi. Ada yang ingin mendapatkan fokus selama bekerja atau mencari manfaat kesehatan lainnya dari kopi. Manfaat ini salah satunya disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi. Makin penasaran kan ya, yuk kita bahas satu per satu tentang kafein di dalam kopi. 1. Kandungan Kafein Pada Secangkir Kopi Sampa

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa Bar