Langsung ke konten utama

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

10 Pebisnis Kopi Sukses di Indonesia dan Dunia

bisnis kopi
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Sepintaskopi.com - Melakoni bisnis kopi bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak dari antara para pebisnis menyerah dan memilih untuk berhenti. Namun, dibalik kesulitan yang menghadang, ada pula yang berhasil mendulang kesuksesan dari berbisnis kopi.

Mereka pantas dijadikan teladan, terutama untuk kamu yang sedang merintis usaha kopi nih. Kerja keras dan pantang menyerah mereka bisa menjadi pelajaran berharga. 

10 Pebisnis Kopi Sukses di Indonesia dan Dunia

Inilah 10 pebisnis sukses di dunia perkopian baik di Indonesia maupun dunia.

1. Howard Schultz

Beliau adalah pemilik starbucks yang saat ini menjadi brand bisnis kopi raksasa dunia. Meskipun sudah tidak menjabat sebagai CEO sejak tahun 2013 lalu, Schultz berhasil meraih sukses melalui bisnis minuman hitam ini. 

Bahkan, kekayaannya sudah mencapai 3,1 miliar dolar Amerika loh atau setara dengan 41,3 triliun rupiah.

Awalnya Schultz merupakan seorang anak dari keluarga miskin. Namun, berkat kegigihannya dalam bekerja dan mencari ilmu, kini ia bisa menikmati hasil jerih payahnya itu. Bahkan ia berencana menyalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat tahun 2020.

2. Albert Reimann Jr

Salah satu brand yang ia pegang adalah caribou coffee yang telah memiliki banyak cabang di berbagai negara termasuk di Indonesia. Selain brand kopi tersebut, ia juga memiliki banyak brand-brand terkenal lain seperti brand fashion bally, peet's coffee & tea dan krispy kreme

Baca juga : Kupas Tuntas 10 Fakta Menarik Tentang Kopi di Indonesia

Kekayaannya mencapai 39,3 miliar USD. Sayangnya perusahaan keluarga Reiman ini memiliki catatan kelam semasa perang dunia kedua. Ya, Reimann Sr pernah membantu NAZI semasa perang bahkan mempekerjakan tawanan perang pada perusahaannya.

Namun, dibalik cerita kelam tersebut, perusahaan ini sudah berjasa menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang tidak sedikit. Mereka mengakui kesalahan pendahulunya dan mencoba untuk memberi pertanggungan jawab.

3. VG Siddharta

Saingan terberat starbucks adalah perusahaan kopi milik Siddharta. Perusahaan kopi asal India ini memiliki lahan kebun kopi yang sangat luas. Bahkan bisa dikatakan yang terluas di Asia.

Kebun kopi tersebut dimaksudkan untuk mendukung bisnis kopi yang telah dijalani turun temurun. Ia telah berhasil memajukan bisnis kopinya yang bernama coffee cafe day yang telah dirintis selama 130 tahun. 

4. Togu Panandaditya Siregar

Awalnya tidak suka dengan kopi, tapi siapa sangka kini justru dari kopilah ia bisa hidup dan sukses. Togu Panandaditya Siregar, seorang sarjana IT yang sukses berbisnis kopi. Ia mampu membuktikan dengan modal yang terbatas tetap bisa meraih sukses.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Ciri Khas Aroma Kopi Arabika Gayo

Bermodalkan 10 juta rupiah dan keberanian ia merintis bisnis kopinya yang sekarang sudah merambah ke bidang penjualan mesin-mesin barista, dan desain kemasan kopi. Kini bisnisnya sudah mencapai omset sebesar 1 miliar rupiah. 

5. Evani Jeslyn

Bisnis kopi tidak hanya melulu soal menjual kopi dan berbagai tetek bengeknya. Namun, kamu juga bisa merambah ke bidang pendidikan seperti yang dilakukan Evani Jeslyn. 

Dia berhasil mendirikan sekolah kopi untuk para barista, pebisnis kopi, dan petani kopi. Kecintaanya pada kopi membuatnya ingin agar orang-orang Indonesia memiliki akses untuk mempelajari kopi.

6. Elisa Suteja

Keberhasilannya dalam membangun start up yang bergerak dibidang perkopian patut diapresiasi. Ia lihai melihat peluang yang ada saat ini. Memanfaatkan kemajuan teknologi yang dipadukan dengan trend minum kopi yang sedang booming membuatnya memutar otak dan berhasil menemukan suatu inovasi yaitu Fore Coffee.

Perusahaan berbasis teknologi ini mempunyai prinsip untuk selalu mempertahankan ciri khas produknya. Dia sadar akan ketatnya persaingan antar pebisnis kopi, mengingat menjamurnya kedai-kedai kopi di Indonesia.

Bisnis kopi kekinian milik Elisa ini bisa menginspirasi para kaum muda untuk lebih jeli memanfaatkan teknologi secara maksimal.

7. Putri Sampaghita Trisnawinny

Inilah sosok pebisnis sukses di dunia perkopian yang harus kamu teladani. Dia adalah pendiri kopi tuli. Sesuai nama kedainya, seluruh karyawannya merupakan penyandang disabilitas. 

Keinginan Putri mendirikan kedai ini diawali keresahannya karena terus ditolak saat melamar pekerjaan. Alih-alih menyerah, perempuan tegar ini justru melihat peluang usaha berbisnis kopi. Bersama kedua temannya ia berhasil mendirikan kopi tuli. 

Kini koptul sudah mampu meraih omset 100 juta rupiah setiap bulannya. Berkat ketelatenan Putri kini sudah banyak juga pekerja penyandang disabilitas di kedai kopinya.

8. Sylvia Surya

Owner kopi Soe telah sukses membuka kedai kopi dengan jumlah yang tidak sedikit. Jumlahnya mencapai 150 kedai kopi yang tersebar di Indonesia. Tak puas dengan pencapaian itu, ia berencana membuka cabang lagi di luar negeri.

Tidak hanya memperhatikan cuan saja, Sylvia juga tengah konsen mengembangkan bisnis yang ramah lingkungan. Ia berusaha untuk membatasi penggunaan plastik khususnya sedotan-sedotan plastik. 

Ini nih sosok pebisnis sukses yang perlu dicontoh, karena ia menganggap bisnis nggak hanya sekedar untung saja tapi juga keberlanjutan lingkungan. Coba bayangkan jika lingkungan tercemar kan kita sendiri yang dirugikan.

9. Billy Kurniawan

Inilah owner dari kedai kopi kekinian yang menjadi langganan para kawula muda saat ini. Apalagi kalau bukan kopi janji jiwa. Mengusung konsep grab and go tidak membuatnya sepi pembeli. 

Billy menjelaskan jika kesuksesannya dalam membangun kopi janji jiwa ini karena bahan baku produk kopi yang digunakan adalah yang terbaik karena langsung dari petani. 

Bahkan ia mengakui jika promo yang dilakukan masih belum gencar karena mereka fokus pada produk yang ditawarkan.

Dengan percaya diri owner dari kopi janji jiwa itu menargetkan 700 outlet ditahun ini setelah berhasil membangun 150 outlet. Wah, semoga sukses ya bang.

10. Clement

Pemilik kedai kopi kulo ini selalu berusaha memberikan produk kopi yang unik. Inilah yang menyebabkan kopi kulo pernah menjadi salah satu kedai kopi yang ramai dipesan dari layanan ojek online ditahun 2017.

Tentu saja itu mengagetkan, mengingat usia kedai kopi yang masih sangat muda. Namun, Clement berucap bahwa keunikan produklah yang akan mendatangkan konsumen dengan sendirinya. 

Oke sahabat ngopi, itulah dia 10 pebisnis kopi sukses di Indonesia dan dunia yang bisa kamu contoh. Jangan menyerah untuk mencoba dan berkarya terutama saat kamu menjalankan bisnis kopi.

Ingat masa depan bisnis kopi ada dalam genggamanmu. Semangat ya, dan jangan lupa untuk terus updaet info-info menarik tentang kopi hanya di sepintaskopi.com.


Sumber

https://ekbis.sindonews.com
https://food.detik.com/info-kuliner/
https://lifepal.co.id/media/
https://finance.detik.com/
https://www.cermati.com/artikel/
https://koinworks.com/blog/bisnis-kopi-dipimpin-wanita/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Berapa Sih Kandungan Kafein Pada Kopi?

Sumber : https://nationalgeographic.grid.id/ Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi, semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini kita akan bahas kopi dari sudut pandang sains lagi nih, khususnya untuk topik kandungan kafein pada kopi. Tentu sahabat ngopi sudah tahu ya, kopi tidak bisa dijauhkan dari yang namanya kafein. Salah satu senyawa kopi ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk setiap sahabat ngopi loh. Tapi ada syaratnya, manfaat ini bisa terasa jika sahabat ngopi tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Yuk Bahas Tuntas Kandungan Kafein Pada Kopi Setiap sahabat ngopi pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat ngopi. Ada yang ingin mendapatkan fokus selama bekerja atau mencari manfaat kesehatan lainnya dari kopi. Manfaat ini salah satunya disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi. Makin penasaran kan ya, yuk kita bahas satu per satu tentang kafein di dalam kopi. 1. Kandungan Kafein Pada Secangkir Kopi Sampa

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa Bar