4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

kopi arabika


Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.  

Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini.

Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini.

Kopi Arabika Garut (Java Preanger)

Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut.

Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa Barat ini. Pastinya, sebagian kopi Jawa Barat ini termasuk kopi dari Kota Garut.

Cikal bakal tanam paksa sendiri berasal dari kegiatan penanaman kopi di Garut. Ini dinamakan Preanger Stelsel yang pada akhirnya diubah sistemnya menjadi cultuur stelsel.

Apabila dilihat dari kondisi geografisnya, Garut memiliki lahan yang cocok untuk penanaman kopi arabika. Ada beberapa gunung aktif yang mengelilingi kota di Provinsi Jawa Barat ini. Jenis tanah vulkanik membuat kopi bisa tumbuh subur dan menghasilkan kopi-kopi arabika berkualitas.

Ciri Khas Kopi Arabika Garut

Bicara tentang kopi pasti tidak akan lepas dengan yang namanya aroma, cita rasa, dan aftertaste. Kopi arabika Garut sendiri memiliki ciri khas yang unik dan berbeda dibandingkan dengan jenis kopi-kopi arabika yang lainnya.

1. Kopi Punya Aroma Istimewa

Aroma kopi arabika khas Kota Garut sangat istimewa. Ada yang beraroma tembakau seperti kopi arabika Temanggung. Bahkan, ada kopi yang mempunyai aroma kayu yang bisa Kamu rasakan saat menghirup uap dari luar cangkirnya.   

Kopi-kopi Garut khususnya jenis arabika mempunyai aroma yang kuat dengan ciri khas aroma yang berbeda seperti tembakau, kayu, karamel, dan coklat. 

2. Tekstur Kopi Tebal

Kopi arabika Garut mempunyai tekstur yang tebal. Ini bisa Kamu rasakan saat menyeruput kopi tersebut.

3. Accidity Kopi Sedang sampai Tinggi

Kamu bisa merasakan tingkat accidity yang berbeda-beda antara jenis-jenis kopi arabika Garut mulai dari medium sampai high. Namun, ini juga dipengaruhi oleh teknik penyeduhan kopi yang akan Kamu pilih juga.

Jenis-Jenis Kopi Arabika Garut

Ternyata kopi arabika Garut mempunyai banyak jenisnya. Nah, berikut ini beberapa kopi arabika yang layak untuk Kamu cicipi kenikmatannya.

1. Kopi Galigo

Kopi galigo terkenal khasiatnya dalam menurunkan gula darah. Tingginya gula darah dalam tubuh dapat memicu masalah kesehatan lainnya. 

2. Kopi Arabika Biji Kuning

Buah kopi ini akan dipanen saat berwarna kuning. Berbeda dengan jenis kopi pada umumnya yang mempunyai warna merah saat siap panen. 

Masih belum ada penelitian yang menguak penyebab dari warna kuning buah kopi arabika ini.

3. Kopi Arabika Cikuray

Daerah Cikuray juga menghasilkan kopi arabika Garut dengan cita rasa unik. Kamu bisa merasakan teksturnya yang tebal disertai aroma wangi kayu.

4. Kopi Talaga Bodas

Talaga Bodas yang termasuk dataran tinggi bisa menjadi pilihan Kamu menikmati kopi arabika Garut. Kenikmatan kopi ini juga bisa dinikmati dengan campuran biji kopi arabika lokal lainnya.

Nah itu dia kopi arabika Garut yang bisa Kamu coba. Semoga bisa menjadi referensimu dalam mencicipi kopi ya.

Sumber :



Komentar

  1. Sebagai salahsatu daerah penghasil kopi tertua, Kopi Garut memang selayaknya bisa bersaing.
    semoga kebangkitan kopi garut ini bisa terus bergerak

    BalasHapus

Posting Komentar