Langsung ke konten utama

Kopi Arabika Sidikalang Specialty Pewaris Kenikmatan Kopi Turun Temurun

kopi arabika sidikalang
Gambar oleh Undulatus dari Pixabay


Sepintaskopi.com - Sidikalang adalah sebuah daerah pegunungan dengan udara yang sejuk di Provinsi Sumatera Utara. Ibukota Kabupaten Dairi ini memang memiliki keadaan alam yang indah dan sangat tepat untuk perkebunan kopi. Ada dua jenis kopi yang tumbuh subur di Sidikalang yaitu kopi arabika dan robusta.

Kopi arabika Sidikalang sudah terkenal sampai ke luar negeri dan itu sudah menjadi rahasia umum. Namun, belakangan ini kopi Sidikalang semakin tergerus kualitasnya karena para petani sudah mulai enggan untuk menanam kopi jenis ini, termasuk mulai ditinggalkannya cara penanaman kopi organik. 

Para petani lebih memilih tanaman buah-buahan karena mempunyai nilai keuntungan yang lebih tinggi. Selain itu harga buah-buahan juga relatif stabil dibandingkan dengan kopi. Hal ini semakin diperparah dengan kealpaan pelatihan-pelatihan untuk memperkaya kemampuan para petani kopi.

Ciri Khas Kopi Arabika Sidikalang 

Setiap kopi baik arabika, robusta, maupun liberika pasti memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Kopi khas dari pegunungan di Sidikalang ini juga memiliki kekhasannya sendiri sehingga masyarakat manca negara pun sampai tertarik untuk mengekspor biji kopi hitam terbaik dari Sumatera Utara ini. 

1. Memiliki Tekstur Khas Kopi Sumatera

Pengaruh jenis tanah yang dipadukan dengan iklim yang pas membuat kopi arabika Sidikalang mempunyai tekstur halus khas kopi-kopi Sumatera yang lain. Tekstur yang halus inilah yang menjadikan kopi arabika Sidikalang favorit dikalangan pencinta kopi. 

2. Kadar Kepahitan Kopi Tinggi

Jika Kamu penggemar kopi-kopi dengan tingkat rasa pahit yang tinggi maka kopi arabika Sidikalang wajib Kamu coba. Meskipun pahit, Kamu tetap bisa menemukan adanya cita rasa coklat yang samar-samar dan tentunya akan menambah kenikmatan saat menyeruput kopi.

Baca juga : Kopi Arabika Temanggung, Kopi Specialty Lokal Berkualitas Tinggi 

3. Acidity yang Rendah

Kamu bisa merasakan rasa masam buah-buahan di segelas kopi arabika Sidikalang salah satunya citrus. Kopi ini sangat disarankan untuk Kamu yang menyukai kopi tapi memiliki masalah dengan lambung.

4. Long After Taste

Kamu bisa menemukan rasa kedua pada kopi arabika Sidikalang. Setelah Kamu minum kopi ini akan sangat terasa cita rasa yang ditinggalkan sang kopi di mulut dalam waktu yang cukup lama. 

Luas dan Produktivitas Perkebunan Kopi Arabika Sidikalang

Sidikalang yang dikenal dengan kotanya kopi ternyata memang tidak salah. Faktanya kopi arabika khas dari daerah yang terletak di Pegunungan Bukit Barisan ini memiliki luas hingga 5.771 hektar. Lahan seluas itu bisa menghasilkan kopi arabika seberat 2000 ton per tahunnya.

Potensi Pengembangan Kopi Arabika Sidikalang

Arabika Sidikalang mempunyai potensi yang besar. Buktinya, kopi ini mampu bersaing dengan kopi dari Brazil, produk kopi terbaik di dunia saat ini. Sebenarnya ini adalah peluang bagi para petani kopi dan penggiat kopi Sidikalang untuk mempromosikan lebih lagi kopi arabika khas dari Kecamatan Sidikalang ini. 

1. Agrowisata Kopi Arabika Sidikalang

Potensi agrowisata di sini juga bisa dikembangkan. Misalnya saja dengan pengadaan wisata kopi dari penanaman, cara pemetikan kopi, panen, pengolahan pascapanen bisa menjadi suatu atraksi wisata khas daerah penghasil kopi. Tentunya ini juga akan meningkatkan pendapatan petani dengan sistem yang terorganisir.

2. Penanaman Kopi Organik

Permintaan kopi arabika Sidikalang sempat menurun juga disebabkan oleh penurunan kualitas kopi. Dulu masyarakat menanam kopi tanpa menggunakan pestisida dan pupuk kimia lainnya. Namun, saat ini banyak yang menggunakan pupuk kimia dan pestisida. 

Penggunaan pupuk kimia dan pestisida sangat berpengaruh terhadap cita rasa kopi Sidikalang tersebut. Nah, sekarang ini sedang digalakkan kembali penanaman kopi secara organik untuk membuat kopi arabika Sidikalang yang berkualitas tinggi.

Nah, itulah karakteristik dari kopi arabika Sidikalang yang nikmat dan penuh rasa. Sekarang Kamu bisa cobain sendiri kopi ini dan tulis pendapat Kamu di kolom komentar ya.

Sumber :

www.minumkopi.com
www.cafebrick.co.id


  



   

   


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Kenali 5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung dalam Kopi

Gambar diambil dari Pixabay Sepintaskopi.com - Tidak heran jika kopi memiliki segudang manfaat, ternyata dalang dibalik semuanya manfaat kesehatan itu adalah kandungan asam klorogenat. Kandungan ini banyak membantu para penikmat kopi untuk terbebas dari resiko serangan penyakit.  5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung di Dalam Kopi Asam klorogenat merupakan jenis asam yang paling banyak terkandung di dalam biji kopi. Saat biji kopi belum melalui proses roasting kadar asam ini mencapai 8%. Sedangkan, setelah mengalami proses roasting kadarnya turun menjadi 4%. Berikut ini beberapa manfaat asam terbesar yang terkandung di dalam kopi. 1. Antivirus Hepatitis B Kandungan klorogenat pada kopi sudah terbukti dapat menjadi penghambat pertumbuhan hepatitis B di dalam tubuh. Penelitian menjelaskan klorogenat bisa mencegah virus hepatitis baik secara in vivo maupun in vitro.  2. Antioksidan Jika dibandingkan dengan aktivitas antioksidan kafein, bisa dibilang asam

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa B