Langsung ke konten utama

Berapa Harga Kopi Indocafe 1 Renceng? Simak Di Sini

Kopi Arabika Sidikalang Specialty Pewaris Kenikmatan Kopi Turun Temurun

kopi arabika sidikalang
Gambar oleh Undulatus dari Pixabay


Sepintaskopi.com - Sidikalang adalah sebuah daerah pegunungan dengan udara yang sejuk di Provinsi Sumatera Utara. Ibukota Kabupaten Dairi ini memang memiliki keadaan alam yang indah dan sangat tepat untuk perkebunan kopi. Ada dua jenis kopi yang tumbuh subur di Sidikalang yaitu kopi arabika dan robusta.

Kopi arabika Sidikalang sudah terkenal sampai ke luar negeri dan itu sudah menjadi rahasia umum. Namun, belakangan ini kopi Sidikalang semakin tergerus kualitasnya karena para petani sudah mulai enggan untuk menanam kopi jenis ini, termasuk mulai ditinggalkannya cara penanaman kopi organik. 

Para petani lebih memilih tanaman buah-buahan karena mempunyai nilai keuntungan yang lebih tinggi. Selain itu harga buah-buahan juga relatif stabil dibandingkan dengan kopi. Hal ini semakin diperparah dengan kealpaan pelatihan-pelatihan untuk memperkaya kemampuan para petani kopi.

Ciri Khas Kopi Arabika Sidikalang 

Setiap kopi baik arabika, robusta, maupun liberika pasti memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Kopi khas dari pegunungan di Sidikalang ini juga memiliki kekhasannya sendiri sehingga masyarakat manca negara pun sampai tertarik untuk mengekspor biji kopi hitam terbaik dari Sumatera Utara ini. 

1. Memiliki Tekstur Khas Kopi Sumatera

Pengaruh jenis tanah yang dipadukan dengan iklim yang pas membuat kopi arabika Sidikalang mempunyai tekstur halus khas kopi-kopi Sumatera yang lain. Tekstur yang halus inilah yang menjadikan kopi arabika Sidikalang favorit dikalangan pencinta kopi. 

2. Kadar Kepahitan Kopi Tinggi

Jika Kamu penggemar kopi-kopi dengan tingkat rasa pahit yang tinggi maka kopi arabika Sidikalang wajib Kamu coba. Meskipun pahit, Kamu tetap bisa menemukan adanya cita rasa coklat yang samar-samar dan tentunya akan menambah kenikmatan saat menyeruput kopi.

Baca juga : Kopi Arabika Temanggung, Kopi Specialty Lokal Berkualitas Tinggi 

3. Acidity yang Rendah

Kamu bisa merasakan rasa masam buah-buahan di segelas kopi arabika Sidikalang salah satunya citrus. Kopi ini sangat disarankan untuk Kamu yang menyukai kopi tapi memiliki masalah dengan lambung.

4. Long After Taste

Kamu bisa menemukan rasa kedua pada kopi arabika Sidikalang. Setelah Kamu minum kopi ini akan sangat terasa cita rasa yang ditinggalkan sang kopi di mulut dalam waktu yang cukup lama. 

Luas dan Produktivitas Perkebunan Kopi Arabika Sidikalang

Sidikalang yang dikenal dengan kotanya kopi ternyata memang tidak salah. Faktanya kopi arabika khas dari daerah yang terletak di Pegunungan Bukit Barisan ini memiliki luas hingga 5.771 hektar. Lahan seluas itu bisa menghasilkan kopi arabika seberat 2000 ton per tahunnya.

Potensi Pengembangan Kopi Arabika Sidikalang

Arabika Sidikalang mempunyai potensi yang besar. Buktinya, kopi ini mampu bersaing dengan kopi dari Brazil, produk kopi terbaik di dunia saat ini. Sebenarnya ini adalah peluang bagi para petani kopi dan penggiat kopi Sidikalang untuk mempromosikan lebih lagi kopi arabika khas dari Kecamatan Sidikalang ini. 

1. Agrowisata Kopi Arabika Sidikalang

Potensi agrowisata di sini juga bisa dikembangkan. Misalnya saja dengan pengadaan wisata kopi dari penanaman, cara pemetikan kopi, panen, pengolahan pascapanen bisa menjadi suatu atraksi wisata khas daerah penghasil kopi. Tentunya ini juga akan meningkatkan pendapatan petani dengan sistem yang terorganisir.

2. Penanaman Kopi Organik

Permintaan kopi arabika Sidikalang sempat menurun juga disebabkan oleh penurunan kualitas kopi. Dulu masyarakat menanam kopi tanpa menggunakan pestisida dan pupuk kimia lainnya. Namun, saat ini banyak yang menggunakan pupuk kimia dan pestisida. 


Penggunaan pupuk kimia dan pestisida sangat berpengaruh terhadap cita rasa kopi Sidikalang tersebut. Nah, sekarang ini sedang digalakkan kembali penanaman kopi secara organik untuk membuat kopi arabika Sidikalang yang berkualitas tinggi.

Nah, itulah karakteristik dari kopi arabika Sidikalang yang nikmat dan penuh rasa. Sekarang Kamu bisa cobain sendiri kopi ini dan tulis pendapat Kamu di kolom komentar ya.

Sumber :

www.minumkopi.com
www.cafebrick.co.id


  



   

   


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Takaran Membuat Kopi Hitam yang Pas

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi semua, lagi cari informasi takaran membuat kopi hitam yang pas? Selamat, kamu berada di blog yang tepat. Bagi para pencinta kopi, takaran membuat kopi hitam tidak boleh dianggap sepele loh. Iya, karena inilah yang akan memperkaya cita rasa kopi hitam yang kamu buat.  Pada kesempatan kali ini segenap kru sepintaskopi.com akan membahas tuntas nih mengenai takaran membuat kopi hitam yang pas.  Nah, kami berharap semoga sedikit ulasan takaran membuat kopi hitam ini bisa membantu kamu, sahabat ngopi semua untuk menemukan rasa terbaik kopi hitammu ya. Takaran Membuat Kopi Kapal Api yang Pas Rasa kopi yang spesial akan dirasakan jika mempunyai takaran yang pas. Takaran membuat kopi kapal api juga harus diperhatikan dengan baik.  Baca juga :  Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak Lalu, apa berapa sih takaran membuat kopi kapal api yang akan menghasilkan rasa kopi yang spesial? Di sinilah jawabannya. 1. Takaran Kopi Kapal Api Takaran kopi

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m