Langsung ke konten utama

Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit

Kopi Arabika Temanggung, Kopi Specialty Lokal Berkualitas Tinggi

kopi arabika temanggung
Gambar oleh Enotovyc dari Pixabay

Sepintaskopi.com - Kabupaten Temanggung terkenal dengan hasil pertaniannya berupa tembakau. Namun, selain tembakau Temanggung juga mempunyai komoditas berupa kopi. Ada kopi arabika dan robusta khas Temanggung, tapi kali ini kita akan membahas mengenai kopi arabika khas kaki Gunung Sindoro dan Sumbing.

Kopi arabika dari Kabupaten Temanggung ini digadang-gadang mampu menyaingi kopi asal Meksiko. Keunggulannya terletak pada aroma dan cita rasa yang berbeda dibanding dengan arabika lain di Indonesia maupun dunia. Inilah ciri khas kopi arabika Temanggung yang memang unik.

Ciri Khas Kopi Arabika Temanggung

Berada di kaki Gunung Sindoro dan Sumbing membuat kebun kopi arabika semakin menjanjikan. Terlebih lagi terdapatnya hutan lindung tambah mendukung perjalanan sukses kopi unik dari Temanggung ini mendapatkan pamornya. 


Ada beberapa aspek yang menarik untuk diperhatikan dari si hitam dari dataran tinggi Temanggung ini. 

1. Mempunyai Aroma dan Cita Rasa Tembakau

Kopi arabika bisa menghasilkan varietas-varietas baru saat ditanam di daerah yang berbeda. Hal ini juga berlaku untuk kopi arabika Temanggung. Aromanya khas dengan aroma tembakau. Bahkan Kamu juga bisa merasakan cita rasa tembaku saat menyesap kopi ini.

Ini dikarenakan kopi memang tidak ditanam sendiri di lahan tempat asal. Justru kopi bukanlah tanaman utama. Tembakaulah yang menjadi tanaman utama di lahan pertanian di Temanggung. Inilah yang menyebabkan kopi beraroma dan bercita rasa tembakau. 

2. Cita Rasa Coklat dan Karamel

Kamu juga bisa merasakan cita rasa coklat dan karamel pada kopi arabika Temanggung. Keunikan ini bisa saja diperoleh dari proses pasca panen dari si kopi itu sendiri. 

3. Body Medium

Kopi ini memiliki body medium artinya tidak terlalu pahit di mulut. Kamu yang tidak menyukai kopi dengan kepekatan tinggi bisa coba kopi khas Temanggung ini.

4. Ditanam Pada Dataran Tinggi

Seperti arabika pada umumnya, kopi arabika dari Kabupaten Temanggung ini juga ditanam di dataran tinggi tepatnya di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut atau lebih. Kerentanan arabika terhadap karat daun membuatnya harus ditanam di ketinggian tersebut. 

5. Meninggalkan Rasa Asam di Mulut

Rasa akhir dari kopi ini bisa meninggalkan asam di mulut. Sensasi ini sangat berbeda dengan kopi-kopi arabika yang ada di daerah lain.

Pertanian Kopi Arabika di Kabupaten Temanggung

kebun kopi arabika temanggung
Gambar oleh Skeeze dari Pixabay

Petani di Kabupaten Temanggung belum fokus melakukan tanam kopi di lahan yang mereka garap. Hutan lindung salah satunya, yang kini telah dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Hanya saja pemanfaatan lahan hutan lindung untuk kebun kopi masih perlu dimaksimalkan lagi.

Lahan yang ditanami kopi arabika baru seluas 1404,29 hektar. Produktivitasnya pun masih rendah yaitu 201,03 ton per tahun. Ada beberapa petani yang sudah melakukan pengolahan kopi menjadi bubuk juga loh, meskipun sebagian besar masih dijual dalam bentuk biji basah. 

Indikasi Geografis Kopi Arabika Temanggung

Kopi arabika Temanggung ini sudah mengantongi indikasi geografis. Indikasi geografis akan menjelaskan di mana asal muasal suatu biji kopi ditanam. 


Kamu bisa tahu bagaimana sih identitas dari kopi yang mereka minum. Tidak hanya sekedar itu saja, dalam dokumen IG, Kamu juga bisa mengetahui score kopi yang dinikmati. 

Harga Kopi Arabika Temanggung

Harga biji kopi sempat mengalami kenaikan untuk jenis arabika gelondong basah sebesar Rp 2.500,00. Mula-mula Rp 7.500,00 ditahun 2017, lalu mengalami kenaikan ditahun 2018 menjadi Rp 10.000,00 per kilo gramnya. 

Harga jual kopi arabika Temanggung lebih tinggi dibandingkan dengan robusta Temanggung. Kopi arabika dari kaki gunung Sumbing dan Gunung Sindoro ini dinilai pantas untuk bersaing dengan kopi-kopi arabika dari Meksiko yang sudah terkenal kualitasnya.

Sumber :

www.cafebrick.com
www.kompasiana.com
www.kopitemanggung.com
temanggung.dosen.unimus.ac.id
media.neliti.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Berapa Sih Kandungan Kafein Pada Kopi?

Sumber : https://nationalgeographic.grid.id/ Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi, semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini kita akan bahas kopi dari sudut pandang sains lagi nih, khususnya untuk topik kandungan kafein pada kopi. Tentu sahabat ngopi sudah tahu ya, kopi tidak bisa dijauhkan dari yang namanya kafein. Salah satu senyawa kopi ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk setiap sahabat ngopi loh. Tapi ada syaratnya, manfaat ini bisa terasa jika sahabat ngopi tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Yuk Bahas Tuntas Kandungan Kafein Pada Kopi Setiap sahabat ngopi pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat ngopi. Ada yang ingin mendapatkan fokus selama bekerja atau mencari manfaat kesehatan lainnya dari kopi. Manfaat ini salah satunya disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi. Makin penasaran kan ya, yuk kita bahas satu per satu tentang kafein di dalam kopi. 1. Kandungan Kafein Pada Secangkir Kopi Sampa

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa Bar