Mengenal Jenis Kopi Espresso, Dasar Kopi Mancanegara

Mengenal Jenis Kopi Espresso, Dasar Kopi Mancanegara

Hai kawan pembaca, apa kabar? Semoga kalian selalu diberi kesehatan, kelancaran rejeki dan pastinya kebahagiaan ya. Pada kesempatan ini, saya akan mengajak kalian sedikit menggali lebih jauh tentang jenis kopi espresso yang terkenal pahit rasanya.

Meskipun memiliki rasa yang pahit, kopi tradisional negara pizza tersebut ternyata menjadi primadona loh. Di mana? Tentunya di tempat asal kopi ini dibuat dong dan negara di benua biru lainnya. Nah, untuk mengenal lebih jauh kopi pahit ini yuk simak ulasan berikut.

Proses Pembuatan Kopi Espresso

Para pembaca terutama yang ngaku-ngaku sebagai pencinta kopi harus tahu nih, kalau kopi mancanegara dengan rasa yang berkarakter ini punya metode pembuatan yang khas. Kopi mancanegara ini dibuat dengan menggunakan alat khusus. 

Awalnya barista akan memilih biji kopi terbaik yang akan dibuat menjadi espresso. Kemudian biji kopi yang telah dipilih itu akan dihaluskan, setelah itu barulah bubuk kopi ditambah dengan air panas. 

Ow iya hampir lupa, bubuk kopi tersebut akan ditambah air panas dalam keadaan tekanan tinggi. Nah, setelah itu barulah kopi bisa disajikan di sebuah cangkir.

Sesuai dengan namanya epresso yang berasal dari bahasa Italia express yang berarti cepat. Proses pembuatan kopi ini juga relatif lebih cepat dibandingkan dengan jenis kopi seperti cappucino, moccacino, avogato, dan latte. 

Manfaat Kopi Espresso sebagai Based Coffee

Bagi kamu penikmat cappucino, moccacino, avogato, dan latte harus tahu nih, ternyata untuk membuat secangkir kopi-kopi tersebut barista harus membuat espresso terlebih dahulu. Jenis kopi espresso merupakan salah satu bahan dasar pembuatan kopi-kopi yang disebutkan tadi. 

Baca juga :  Ritual Membuat Kopi Nikmat Ala Syphon Coffee Maker

Setelah espresso dibuat, barista akan menambahkan bahan-bahan yang lain seperti susu, crema, maupun es krim. Tentunya disesuaikan dengan jenis kopi yang akan dibuat ya. Jadi, sudah pada tahu dong ya, kalau kopi ini memberikan kontribusi besar pada jenis kopi mancanegara yang lain yang telah berkembang juga di Indonesia.  

Fakta Seputar Kopi Espresso 

Nah, sekarang kita lanjut lagi nih membahas fakta-fakta seputar kopi espresso ini. Yuk langsung saja kita hit the point biar nggak terlalu lama yah, selamat membaca.

1. Memiliki Kandungan Kalori yang Paling Rendah

Jika dibandingkan dengan jenis-jenis kopi yang lain ternyata espresso mempunyai kandungan kalori yang paling rendah. Wah, sangat pas nih buat kamu yang sedang diet tapi tetap ingin minum kopi.

2. Tidak Hanya Memiliki Rasa Pahit

Faktanya, jenis kopi espresso tidak hanya mengandung rasa pahit. Ada berbagai rasa yang terkandung di dalamnya. Variasi tersebut meliputi manis dan asam buah. Namun, tidak semua bisa merasakannya tergantung dari pengetahuan dan pengalaman.

3. Menjadi Minuman Favorit Warga Italia

Seperti yang telah disampaikan pada awal artikel tadi, espresso telah menjadi minuman yang populer di sana. Tidak hanya itu saja, sebagian besar warga bahkan terbiasa untuk minum kopi espresso sebelum memulai aktivitas. Unik juga ya.

Baca juga : Kenali 5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung dalam Kopi

4. Kopi yang Bisa dibilang Minimalis

Dilihat dari segi waktu pembuatannya, kopi ini tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu juga untuk menghabiskannya tidak diperlukan waktu yang lama juga. Ini karena air yang digunakan untuk pembuatan kopi hanya 30-45 ml saja. Kamu pecinta kopi yang suka hal-hal minimalis, bisa nih menikmati jenis kopi espresso ini.

5. Masker dari Ampas Kopi

Ternyata dibalik rasanya yang khas kopi espresso bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk kesehatan wajah. Coba aja deh, pasti bakal tahu sendiri rasanya.

Itulah dia sedikit pengenalan singkat jenis kopi espresso, buat kamu yang masih penasaran tentang seluk beluk kopi khas Italia ini bisa cari infonya di artikel-artikel lain ya. Saya harap artikel ini menambah wawasan kamu tentang kopi mancanegara ini.


Komentar