Langsung ke konten utama

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Mengenal Jenis Kopi Espresso, Dasar Kopi Mancanegara

Mengenal Jenis Kopi Espresso, Dasar Kopi Mancanegara

Sepintaskopi.com-Hai kawan pembaca, apa kabar? Semoga kalian selalu diberi kesehatan, kelancaran rejeki dan pastinya kebahagiaan ya. Pada kesempatan ini, saya akan mengajak kalian sedikit menggali lebih jauh tentang jenis kopi espresso yang terkenal pahit rasanya.

Meskipun memiliki rasa yang pahit, kopi tradisional negara pizza tersebut ternyata menjadi primadona loh. Di mana? Tentunya di tempat asal kopi ini dibuat dong dan negara di benua biru lainnya. Nah, untuk mengenal lebih jauh kopi pahit ini yuk simak ulasan berikut.

Proses Pembuatan Kopi Espresso

Para pembaca terutama yang ngaku-ngaku sebagai pencinta kopi harus tahu nih, kalau kopi mancanegara dengan rasa yang berkarakter ini punya metode pembuatan yang khas. Kopi mancanegara ini dibuat dengan menggunakan alat khusus. 

Awalnya barista akan memilih biji kopi terbaik yang akan dibuat menjadi espresso. Kemudian biji kopi yang telah dipilih itu akan dihaluskan, setelah itu barulah bubuk kopi ditambah dengan air panas. 

Ow iya hampir lupa, bubuk kopi tersebut akan ditambah air panas dalam keadaan tekanan tinggi. Nah, setelah itu barulah kopi bisa disajikan di sebuah cangkir.

Sesuai dengan namanya epresso yang berasal dari bahasa Italia express yang berarti cepat. Proses pembuatan kopi ini juga relatif lebih cepat dibandingkan dengan jenis kopi seperti cappucino, moccacino, avogato, dan latte. 

Manfaat Kopi Espresso sebagai Based Coffee

Bagi kamu penikmat cappucino, moccacino, avogato, dan latte harus tahu nih, ternyata untuk membuat secangkir kopi-kopi tersebut barista harus membuat espresso terlebih dahulu. Jenis kopi espresso merupakan salah satu bahan dasar pembuatan kopi-kopi yang disebutkan tadi. 

Baca juga :  Ritual Membuat Kopi Nikmat Ala Syphon Coffee Maker

Setelah espresso dibuat, barista akan menambahkan bahan-bahan yang lain seperti susu, crema, maupun es krim. Tentunya disesuaikan dengan jenis kopi yang akan dibuat ya. Jadi, sudah pada tahu dong ya, kalau kopi ini memberikan kontribusi besar pada jenis kopi mancanegara yang lain yang telah berkembang juga di Indonesia.  

Fakta Seputar Kopi Espresso 

Nah, sekarang kita lanjut lagi nih membahas fakta-fakta seputar kopi espresso ini. Yuk langsung saja kita hit the point biar nggak terlalu lama yah, selamat membaca.

1. Memiliki Kandungan Kalori yang Paling Rendah

Jika dibandingkan dengan jenis-jenis kopi yang lain ternyata espresso mempunyai kandungan kalori yang paling rendah. Wah, sangat pas nih buat kamu yang sedang diet tapi tetap ingin minum kopi.

2. Tidak Hanya Memiliki Rasa Pahit

Faktanya, jenis kopi espresso tidak hanya mengandung rasa pahit. Ada berbagai rasa yang terkandung di dalamnya. Variasi tersebut meliputi manis dan asam buah. Namun, tidak semua bisa merasakannya tergantung dari pengetahuan dan pengalaman.

3. Menjadi Minuman Favorit Warga Italia

Seperti yang telah disampaikan pada awal artikel tadi, espresso telah menjadi minuman yang populer di sana. Tidak hanya itu saja, sebagian besar warga bahkan terbiasa untuk minum kopi espresso sebelum memulai aktivitas. Unik juga ya.

Baca juga : Kenali 5 Manfaat Asam Klorogenat yang Terkandung dalam Kopi

4. Kopi yang Bisa dibilang Minimalis

Dilihat dari segi waktu pembuatannya, kopi ini tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu juga untuk menghabiskannya tidak diperlukan waktu yang lama juga. Ini karena air yang digunakan untuk pembuatan kopi hanya 30-45 ml saja. Kamu pecinta kopi yang suka hal-hal minimalis, bisa nih menikmati jenis kopi espresso ini.

5. Masker dari Ampas Kopi

Ternyata dibalik rasanya yang khas kopi espresso bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk kesehatan wajah. Coba aja deh, pasti bakal tahu sendiri rasanya.

Itulah dia sedikit pengenalan singkat jenis kopi espresso, buat kamu yang masih penasaran tentang seluk beluk kopi khas Italia ini bisa cari infonya di artikel-artikel lain ya. Saya harap artikel ini menambah wawasan kamu tentang kopi mancanegara ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Berapa Sih Kandungan Kafein Pada Kopi?

Sumber : https://nationalgeographic.grid.id/ Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi, semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini kita akan bahas kopi dari sudut pandang sains lagi nih, khususnya untuk topik kandungan kafein pada kopi. Tentu sahabat ngopi sudah tahu ya, kopi tidak bisa dijauhkan dari yang namanya kafein. Salah satu senyawa kopi ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk setiap sahabat ngopi loh. Tapi ada syaratnya, manfaat ini bisa terasa jika sahabat ngopi tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Yuk Bahas Tuntas Kandungan Kafein Pada Kopi Setiap sahabat ngopi pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat ngopi. Ada yang ingin mendapatkan fokus selama bekerja atau mencari manfaat kesehatan lainnya dari kopi. Manfaat ini salah satunya disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi. Makin penasaran kan ya, yuk kita bahas satu per satu tentang kafein di dalam kopi. 1. Kandungan Kafein Pada Secangkir Kopi Sampa

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa Bar