Langsung ke konten utama

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Menyusuri Lorong Waktu Sejarah Kopi Espresso

Gambar oleh Soner Kose dari Pixabay

Sepintaskopi.com-Kopi, siapa yang tidak mengenal minuman hitam nan menggoda ini. Menurut sejarah yang ada, kopi ditemukan di benua Afrika tepatnya di Ethiopia. Dahulu kopi sempat menjadi minuman yang dilarang di benua biru. Namun, saat ini kopi sudah sangat menyatu dalam kebiasaan masyarakat di sana. Sebab hari akan terasa kurang jika tidak ngopi.

Usut punya usut kopi pernah mengalami masa kejayaan di Eropa. Ini dibuktikan dengan antrian panjang di setiap penjuru kedai kopi sewaktu jam istirahat. Sayangnya saat itu butuh waktu kurang lebih 5 menit untuk bisa membuat secangkir kopi. 

Ada seorang pengusaha dari Italia yang melihat masalah ini. Ia berinisiatif untuk membuat mesin dengan tujuan bisa mempersingkat proses pembuatan kopi. Setelah melalui beberapa kali percobaan akhirnya pengusaha tersebut berhasil menemukan mesin pembuat kopi cepat tersebut. Inilah cikal bakal kopi espresso dibuat.

Baca juga : Mengenal Jenis Kopi Espresso, Dasar Kopi Mancanegara

Uniknya penemu mesin kopi ini adalah seorang pengusaha bir dari Italia. Sehingga dia benar-benar harus memulai mengasah keterampilannya mulai dari nol. Berkat kerja keras dan dedikasinya, akhirnya mesin pembuat kopi berhasil ditemukan. Jika kalian ingin tahu, pengusaha ini bernama Angelo Moriondo. Alat tersebut dia patenkan dengan nama "new steam machinery for the economic and instantaneous confection of coffee beverage".

Baca juga : Belajar Menikmati Kopi, Banyak Manfaatnya Loh

Tidak hanya merubah durasi pembuatan kopi saja. Kelahiran kopi espresso merupakan awal kisah kopi-kopi modern yang saat ini bisa kita nikmati. Kemunculan kopi espresso juga melatarbelakangi lahirnya kopi modern dari Italia seperti cappucino, moccacino, latte, flat white, dan sebagainya. Harus diakui memang sebagai based coffee, espresso memang tidak ada duanya.

                                    Gambar oleh Albert Kunnen dari Pixabay

Bahan yang dipilih untuk membuat espresso disesuaikan dengan selera konsumen. Kebanyakan penikmat kopi espresso lebih suka dengan karakter yang dihasilkan oleh biji kopi arabika. Karakter yang dihasilkan kopi ini cenderung asam dengan sedikit body. Tapi tenang, untuk kamu yang lebih suka dengan kopi berkarakter body dan tingkat keasaman rendah bisa menggunakan jenis biji robusta atau bisa juga dengan memperlama proses roasting.

Nah, itulah sedikit kilas balik sejarah tentang kopi espresso. Simak terus info-info menarik seputar kopi yang diulas secara santai di sepintaskopi.com

Referensi :

https://youtu.be/DRho6WsSHxs

https://youtu.be/2jpJS2W6TG0

https://majalah.ottencoffee.co.id/sejarah-mesin-espresso/

https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/kopi-espresso-adalah/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega