Langsung ke konten utama

Berapa Harga Kopi Indocafe 1 Renceng? Simak Di Sini

Peluang Usaha Kopi Luwak Mewangi

Peluang usaha kopi luwak, kopi luwak, luwak, kandang luwak, usaha kopi luwak, eksportir kopi luwak, bisnis kopi
Gambar oleh Canva

Sepintaskopi.com - Saat ini peluang usaha kopi luwak sedang besar besarnya. Kopi yang menjadi produk andalan Indonesia ini memang memiliki harga yang fantastis. Tidak heran jika banyak dicari oleh para pengusaha sekaligus penikmat kopi.

Bagi para sahabat ngopi, berbisnis kopi khususnya kopi luwak ini tidak bisa hanya didasarkan pada untung, untung, dan untung semata. Sahabat ngopi juga harus mencintai luwak sebagai makhluk hidup.

Perlu untuk memperhatikan asupan gizi luwak sebelum memulai berbisnis kopi luwak. Apa saja yang perlu dikalkulasi, berikut ulasan dari sepintaskopi.com.

Asupan Gizi untuk Luwak

Meskipun peluang usaha kopi luwak besar, tidak dibenarkan melakukan eksploitasi secara besar-besaran terhadap hewan ini. Penting untuk para sahabat ngopi saat berbisnis tetap memperhatikan kesehatan luwak.

Luwak sebagai makhluk hidup juga memerlukan makanan. Sebagai hewan omnivora, luwak tidak hanya memakan satu jenis makanan saja, sehingga perlu diperhatikan juga asupan gizinya.

1. Pisang Ambon 1 Sisir, Rp 30.000,00-Rp 40.000,00

2. Pepaya Masak 1 Buah, Rp 10.000,00-Rp 30.000,00

3. Susu Murni kurang lebih 150-250 ml, Rp 10.000,00-Rp 20.000,00

4. Paha Ayam, hanya bagian dagingnya saja, Rp 35.000,00/kg (seminggu sekali)

5. Telur Ayam 4 butir, Rp 30.000,00/kg.

Nah, itu dia makanan yang sekiranya perlu juga untuk dipersiapkan untuk si luwak. Cukup banyak, tapi kamu bisa kok memperoleh harga yang lebih kecil jika bernegosiasi.

Pemilihan Lokasi Kandang Luwak

Lokasi kandang luwak juga harus diperhatikan ya sahabat ngopi. Perlu juga mempertimbangkan jauh dekatnya kandang dengan kebun kopi, agar tidak terlalu sulit untuk memperoleh kopi. 

Baca juga : Ritual Membuat Kopi Nikmat Ala Syphon Coffee Maker

Selain itu juga menjaga kesegaran kopi yang akan dimakan oleh luwak. Ciri kopi yang pas untuk dimakan oleh luwak adalah yang sudah ranum dan berwarna merah.

Ukuran Kandang Luwak 

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk eksekusi peluang usaha kopi luwak ini adalah ukuran kandang dari si luwak. Paling tidak gunakan ukuran 2 kali 4 meter, kurang lebih untuk 5-10 ekor luwak. 

Gunakan bahan dari kayu untuk membangun kandang luwak ini. Lalu untuk memperoleh luwaknya kamu bisa meminta bantuan dengan membayar ongkos sebesar 2-3 juta rupiah untuk 10 ekor luwak.

Menyayangi Luwak Sebagai Hewan Peliharaan

Selanjutnya, sahabat ngopi juga harus tau cara perawatan luwak yang baik dan benar. Beri juga sentuhan hangat kepada hewan ini seperti dielus-elus seperti kucing. 

Selain itu juga perlu untuk mengecek kesehatan luwak setiap harinya. Bagaimana kecenderungannya? Hal ini perlu juga dipelajari lebih lanjut.

Asupan Biji Kopi untuk Luwak

Nah, untuk biji kopi sendiri, luwak tidak setiap hari dijejali biji kopi. Ada waktu tersendiri di mana luwak akan memakan kopi.

Biasakan untuk memberi makan berupa biji kopi setiap minggu sebanyak dua kali. Kira-kira setiap ekor luwak akan memakan 500-600 gram biji kopi.

Bagaimana Menjalankan Usaha Kopi Luwak ?

Peluang usaha kopi luwak ini bisa kamu maksimalkan dengan baik. Kamu bisa memilih cara online dan offline. 

1. Usaha Kopi Luwak Online

Saat ini peluang usaha kopi secara online sangat besar apalagi dengan banyaknya market place yang bertebaran. Kamu bisa memanfaatkan market place tersebut untuk memasarkan produk kopi luwak kamu.

Selain itu kamu juga bisa memilih market place yang memang sudah terpercaya seperti tokopedia, lazada, shopee, dan sebagainya. Keuntungannya kamu sudah tidak terlalu banyak memikirkan hal lain selain berjualan saja.

2. Usaha Kopi Luwak Offline

Selain membuka usaha online, usaha secara offline juga tidak kalah menggiurkan. Kopi luwak memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta kopi. 

Sebelum kamu membuka toko atau cafe yang menjajakan kopi luwak ini, kamu perlu tau gimana sih pola konsumsi kopi di tempat tersebut.

Pastikan memang produkmu itu bakal diminati. Kamu juga harus menentukan kira-kira siapa sih sasaran konsumen yang kamu inginkan. Ini akan berefek pada lokasi yang akan kamu pilih juga.

3. Menjadi Eksportir Kopi Luwak

Indonesia termasuk dalam 10 besar negara pengekspor kopi. Ini juga bisa menjadi satu pilihan menarik. Pasalnya orang-orang di luar sana juga banyak yang berminat dengan kopi luwak ini. 

Bahkan, kopi luwak ini pernah mengalahkan kopi dari starbuck dalam sebuah kompetisi specialty coffee. Kamu perlu memetakan nih, di mana aja yang memang minat dengan produk ini.

Tidak hanya produknya saja ya, kamu juga harus tau gimana sih langkah-langkah untuk menjadi eksportir. Cara terbaiknya kamu bisa ikuti acara seminar yang khusus membahas ini.

Selain memperoleh ilmu, kamu juga akan mendapat banyak koneksi. Usaha akan maju dengan koneksi yang akan memperlancar jalanmu. 

Sasaran Negara-Negara Pengimpor Kopi Luwak

Kamu yang tertarik menjadi eksportir, wajib tau nih mana aja sih negara-negara yang menerima ekspor kopi luwak dari Indonesia.

1. Malaysia

2. Thailand

3. Singapura

4. Amerika Serikat

5. Jerman

6. Belanda

7. Belgia

8. Korea Selatan

9. Hongkong

10 Taiwan

11. Kanada

Apa Manfaat Minum Kopi Luwak ?

Sebagai calon pelaku bisnis kopi luwak, sahabat ngopi juga harus tau nih apa manfaat minum kopi luwak. Berikut ini manfaat minum kopi luwak.

1. Memperkecil Risiko Terkena Kanker

Mengonsumsi 3 cangkir kopi tiap hari bisa mencegah seseorang terkena kanker. Ini juga berlaku untuk perempuan yang mendekati masa menopause untuk pencegahan kanker payudara.

2. Mengurangi Sakit Kepala

Sering mengalami sakit kepala sebelah, maka kopi luwak bisa menjadi pilihanmu. Kandungan kafein pada kopi luwak bisa mengurangi rasa sakit kepalamu loh.

3. Pembunuh Bakteri Jahat Tubuh

Kopi luwak memiliki antioksidan yang berperan penting dalam menangkal bakteri jahat dalam tubuh. Sehingga kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Efek psikologis positif juga akan kamu peroleh setelah minum kopi luwak. Sehingga kamu bisa menjalani harimu dengan tenang.

5. Aman Bagi Lambung

Kandungan asam yang rendah pada kopi luwak membuatnya aman dikonsumsi terutama untuk sahabat ngopi yang punya masalah dengan asam lambung.

Baca juga : Manisnya Berbisnis Kopi Tak Seperti Rasanya

Itu dia sahabat ngopi ulasan kami tentang peluang usaha kopi luwak. Semoga bisa memberikan informasi untuk kamu semua. 

Referensi

https://www.priceza.co.id/

https://www.blibli.com/

https://www.tokopedia.com/ 

http://arboge.com/

https://finance.detik.com/

https://erakini.com/

https://www.gooddoctor.co.id/

http://djpen.kemendag.go.id/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Takaran Membuat Kopi Hitam yang Pas

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi semua, lagi cari informasi takaran membuat kopi hitam yang pas? Selamat, kamu berada di blog yang tepat. Bagi para pencinta kopi, takaran membuat kopi hitam tidak boleh dianggap sepele loh. Iya, karena inilah yang akan memperkaya cita rasa kopi hitam yang kamu buat.  Pada kesempatan kali ini segenap kru sepintaskopi.com akan membahas tuntas nih mengenai takaran membuat kopi hitam yang pas.  Nah, kami berharap semoga sedikit ulasan takaran membuat kopi hitam ini bisa membantu kamu, sahabat ngopi semua untuk menemukan rasa terbaik kopi hitammu ya. Takaran Membuat Kopi Kapal Api yang Pas Rasa kopi yang spesial akan dirasakan jika mempunyai takaran yang pas. Takaran membuat kopi kapal api juga harus diperhatikan dengan baik.  Baca juga :  Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak Lalu, apa berapa sih takaran membuat kopi kapal api yang akan menghasilkan rasa kopi yang spesial? Di sinilah jawabannya. 1. Takaran Kopi Kapal Api Takaran kopi

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m