Langsung ke konten utama

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Peluang Usaha Kopi Luwak Mewangi

Peluang usaha kopi luwak, kopi luwak, luwak, kandang luwak, usaha kopi luwak, eksportir kopi luwak, bisnis kopi
Gambar oleh Canva

Sepintaskopi.com - Saat ini peluang usaha kopi luwak sedang besar besarnya. Kopi yang menjadi produk andalan Indonesia ini memang memiliki harga yang fantastis. Tidak heran jika banyak dicari oleh para pengusaha sekaligus penikmat kopi.

Bagi para sahabat ngopi, berbisnis kopi khususnya kopi luwak ini tidak bisa hanya didasarkan pada untung, untung, dan untung semata. Sahabat ngopi juga harus mencintai luwak sebagai makhluk hidup.

Perlu untuk memperhatikan asupan gizi luwak sebelum memulai berbisnis kopi luwak. Apa saja yang perlu dikalkulasi, berikut ulasan dari sepintaskopi.com.

Asupan Gizi untuk Luwak

Meskipun peluang usaha kopi luwak besar, tidak dibenarkan melakukan eksploitasi secara besar-besaran terhadap hewan ini. Penting untuk para sahabat ngopi saat berbisnis tetap memperhatikan kesehatan luwak.

Luwak sebagai makhluk hidup juga memerlukan makanan. Sebagai hewan omnivora, luwak tidak hanya memakan satu jenis makanan saja, sehingga perlu diperhatikan juga asupan gizinya.

1. Pisang Ambon 1 Sisir, Rp 30.000,00-Rp 40.000,00

2. Pepaya Masak 1 Buah, Rp 10.000,00-Rp 30.000,00

3. Susu Murni kurang lebih 150-250 ml, Rp 10.000,00-Rp 20.000,00

4. Paha Ayam, hanya bagian dagingnya saja, Rp 35.000,00/kg (seminggu sekali)

5. Telur Ayam 4 butir, Rp 30.000,00/kg.

Nah, itu dia makanan yang sekiranya perlu juga untuk dipersiapkan untuk si luwak. Cukup banyak, tapi kamu bisa kok memperoleh harga yang lebih kecil jika bernegosiasi.

Pemilihan Lokasi Kandang Luwak

Lokasi kandang luwak juga harus diperhatikan ya sahabat ngopi. Perlu juga mempertimbangkan jauh dekatnya kandang dengan kebun kopi, agar tidak terlalu sulit untuk memperoleh kopi. 

Baca juga : Ritual Membuat Kopi Nikmat Ala Syphon Coffee Maker

Selain itu juga menjaga kesegaran kopi yang akan dimakan oleh luwak. Ciri kopi yang pas untuk dimakan oleh luwak adalah yang sudah ranum dan berwarna merah.

Ukuran Kandang Luwak 

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk eksekusi peluang usaha kopi luwak ini adalah ukuran kandang dari si luwak. Paling tidak gunakan ukuran 2 kali 4 meter, kurang lebih untuk 5-10 ekor luwak. 

Gunakan bahan dari kayu untuk membangun kandang luwak ini. Lalu untuk memperoleh luwaknya kamu bisa meminta bantuan dengan membayar ongkos sebesar 2-3 juta rupiah untuk 10 ekor luwak.

Menyayangi Luwak Sebagai Hewan Peliharaan

Selanjutnya, sahabat ngopi juga harus tau cara perawatan luwak yang baik dan benar. Beri juga sentuhan hangat kepada hewan ini seperti dielus-elus seperti kucing. 

Selain itu juga perlu untuk mengecek kesehatan luwak setiap harinya. Bagaimana kecenderungannya? Hal ini perlu juga dipelajari lebih lanjut.

Asupan Biji Kopi untuk Luwak

Nah, untuk biji kopi sendiri, luwak tidak setiap hari dijejali biji kopi. Ada waktu tersendiri di mana luwak akan memakan kopi.

Biasakan untuk memberi makan berupa biji kopi setiap minggu sebanyak dua kali. Kira-kira setiap ekor luwak akan memakan 500-600 gram biji kopi.

Bagaimana Menjalankan Usaha Kopi Luwak ?

Peluang usaha kopi luwak ini bisa kamu maksimalkan dengan baik. Kamu bisa memilih cara online dan offline. 

1. Usaha Kopi Luwak Online

Saat ini peluang usaha kopi secara online sangat besar apalagi dengan banyaknya market place yang bertebaran. Kamu bisa memanfaatkan market place tersebut untuk memasarkan produk kopi luwak kamu.

Selain itu kamu juga bisa memilih market place yang memang sudah terpercaya seperti tokopedia, lazada, shopee, dan sebagainya. Keuntungannya kamu sudah tidak terlalu banyak memikirkan hal lain selain berjualan saja.

2. Usaha Kopi Luwak Offline

Selain membuka usaha online, usaha secara offline juga tidak kalah menggiurkan. Kopi luwak memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta kopi. 

Sebelum kamu membuka toko atau cafe yang menjajakan kopi luwak ini, kamu perlu tau gimana sih pola konsumsi kopi di tempat tersebut.

Pastikan memang produkmu itu bakal diminati. Kamu juga harus menentukan kira-kira siapa sih sasaran konsumen yang kamu inginkan. Ini akan berefek pada lokasi yang akan kamu pilih juga.

3. Menjadi Eksportir Kopi Luwak

Indonesia termasuk dalam 10 besar negara pengekspor kopi. Ini juga bisa menjadi satu pilihan menarik. Pasalnya orang-orang di luar sana juga banyak yang berminat dengan kopi luwak ini. 

Bahkan, kopi luwak ini pernah mengalahkan kopi dari starbuck dalam sebuah kompetisi specialty coffee. Kamu perlu memetakan nih, di mana aja yang memang minat dengan produk ini.

Tidak hanya produknya saja ya, kamu juga harus tau gimana sih langkah-langkah untuk menjadi eksportir. Cara terbaiknya kamu bisa ikuti acara seminar yang khusus membahas ini.

Selain memperoleh ilmu, kamu juga akan mendapat banyak koneksi. Usaha akan maju dengan koneksi yang akan memperlancar jalanmu. 

Sasaran Negara-Negara Pengimpor Kopi Luwak

Kamu yang tertarik menjadi eksportir, wajib tau nih mana aja sih negara-negara yang menerima ekspor kopi luwak dari Indonesia.

1. Malaysia

2. Thailand

3. Singapura

4. Amerika Serikat

5. Jerman

6. Belanda

7. Belgia

8. Korea Selatan

9. Hongkong

10 Taiwan

11. Kanada

Apa Manfaat Minum Kopi Luwak ?

Sebagai calon pelaku bisnis kopi luwak, sahabat ngopi juga harus tau nih apa manfaat minum kopi luwak. Berikut ini manfaat minum kopi luwak.

1. Memperkecil Risiko Terkena Kanker

Mengonsumsi 3 cangkir kopi tiap hari bisa mencegah seseorang terkena kanker. Ini juga berlaku untuk perempuan yang mendekati masa menopause untuk pencegahan kanker payudara.

2. Mengurangi Sakit Kepala

Sering mengalami sakit kepala sebelah, maka kopi luwak bisa menjadi pilihanmu. Kandungan kafein pada kopi luwak bisa mengurangi rasa sakit kepalamu loh.

3. Pembunuh Bakteri Jahat Tubuh

Kopi luwak memiliki antioksidan yang berperan penting dalam menangkal bakteri jahat dalam tubuh. Sehingga kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Efek psikologis positif juga akan kamu peroleh setelah minum kopi luwak. Sehingga kamu bisa menjalani harimu dengan tenang.

5. Aman Bagi Lambung

Kandungan asam yang rendah pada kopi luwak membuatnya aman dikonsumsi terutama untuk sahabat ngopi yang punya masalah dengan asam lambung.

Baca juga : Manisnya Berbisnis Kopi Tak Seperti Rasanya

Itu dia sahabat ngopi ulasan kami tentang peluang usaha kopi luwak. Semoga bisa memberikan informasi untuk kamu semua. 

Referensi

https://www.priceza.co.id/

https://www.blibli.com/

https://www.tokopedia.com/ 

http://arboge.com/

https://finance.detik.com/

https://erakini.com/

https://www.gooddoctor.co.id/

http://djpen.kemendag.go.id/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Brand Kopi Lokal yang terkenal di Manca Negara

Gambar Oleh Birgl dari Pixabay Sepintaskopi.com - Kopi lokal Indonesia memang sudah banyak dikenal di luar negeri. Namun, tidak hanya kopinya saja yang terkenal di luar negeri, tapi brand kopi lokalnya juga.  Beberapa kedai kopi yang didirikan anak bangsa ada yang sudah mengekspansi negara-negara di luar Indonesia. Bahkan, ada yang sudah sampai di Amerika, sarang raksasa kedai kopi berasal. Apa itu Brand ? Brand atau merek adalah suatu komponen yang harus dimiliki dan melekat pada sebuah produk. Tanpa adanya merek maka produk yang Kamu pasarkan tidak akan dikenal dengan baik.  Pakailah nama-nama brand yang sesuai dan juga dekat di hati masyarakat. Kamu juga harus menentukan siapa sasaran konsumen yang Kamu incar sebelum memilih brand untuk produk Kamu. Ini Dia Brand Kopi Lokal yang Terkenal Sampai Manca Negara Belum banyak kedai kopi lokal yang mampu membuka cabang-cabangnya di luar negeri karena harus diakui memang tidak mudah. Berkat kegigihan dan kerja keras sega

Berapa Sih Kandungan Kafein Pada Kopi?

Sumber : https://nationalgeographic.grid.id/ Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi, semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini kita akan bahas kopi dari sudut pandang sains lagi nih, khususnya untuk topik kandungan kafein pada kopi. Tentu sahabat ngopi sudah tahu ya, kopi tidak bisa dijauhkan dari yang namanya kafein. Salah satu senyawa kopi ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk setiap sahabat ngopi loh. Tapi ada syaratnya, manfaat ini bisa terasa jika sahabat ngopi tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Yuk Bahas Tuntas Kandungan Kafein Pada Kopi Setiap sahabat ngopi pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda saat ngopi. Ada yang ingin mendapatkan fokus selama bekerja atau mencari manfaat kesehatan lainnya dari kopi. Manfaat ini salah satunya disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi. Makin penasaran kan ya, yuk kita bahas satu per satu tentang kafein di dalam kopi. 1. Kandungan Kafein Pada Secangkir Kopi Sampa

4 Kopi Arabika Garut yang Bercita Rasa Unik

Sepintaskopi.com - Rasa istimewa kopi arabika mampu membuat siapa saja tergila-gila padanya. Kekhasan aroma kopi arabika menjadi sesuatu yang selalu dicari-cari oleh para pencinta kopi.   Perlu diketahui juga, jika Indonesia juga mempunyai satu kopi arabika asal Jawa Barat dengan cita rasa yang unik dan menarik. Itulah sebabnya para sahabat ngopi harus coba kopi-kopi arabika Garut berikut ini. Eits, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya bagaimana sih asal usul dari Kopi Arabika khas kota dodol ini. Kopi Arabika Garut (Java Preanger) Kopi Garut termasuk jenis kopi arabika pertama yang masuk ke Indonesia. Setelah mengalami kegagalan penanaman kopi pertama akibat diterjang banjir, Belanda langsung memindahkan lokasi kebun kopi di Jawa Barat. Bisa jadi Garut inilah salah satu titik penanaman kopi arabika tersebut. Provinsi Jawa Barat dikala masa penjajahan pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Setengah kebutuhan kopi dunia dihasilkan dari Jawa Bar