Langsung ke konten utama

Kopi Luwak Hitam Jelmaan Emas Hasil Pencernaan Sang Musang

Kopi Hitam Mengandung Kafein, Apa Sih Manfaatnya?

Kopi Hitam Mengandung Kafein


Sepintaskopi.com – Sudah banyak pakar mengatakan kopi hitam mengandung kafein, banyak sedikitnya kandungan kafein ini sangat tergantung dari beberapa faktor. Salah satunya adalah proses pengolahan kopi itu sendiri.

Selain proses pengolahan kopi, kandungan kafein bisa dipengaruhi juga oleh jenis biji kopi yang digunakan. Kopi hitam mengandung kafein lebih tinggi pada jenis kopi robusta dibandingkan arabika. 

Dilansir dari klikdokter, secangkir kopi memiliki kadar kafein tidak lebih dari 100 mg. Sedangkan, jumlah kafein yang masih bisa ditolerir oleh tubuh tiap harinya pada orang dewasa sehat adalah 200-300 mg/hari. 

Lalu, apa sih manfaat kandungan kafein pada kopi hitam? Yaps, kali ini kita akan membahas tentang hal tersebut. Supaya sahabat ngopi juga tau nih manfaatnya, yuk cari tau di bawah ini.    

5 Manfaat Kopi Bagi Tubuh, Apakah Menyehatkan?

Kalau kita bicara tentang kopi memang tidak akan ada habisnya. Dari mulai cara tanamnya, jenis-jenisnya dan manfaat kopi bagi tubuh. 

Meskipun seringkali dianggap sebagai minuman yang sudah kuno, nyatanya saat ini banyak anak muda yang menggemari minuman ini. 

Manfaat kopi bagi tubuh rasa-rasanya perlu diketahui untuk menambah pengetahuan para sahabat ngopi semua. Sekalian agar tambah yakin kalau kopi yang dikonsumsi ini ternyata ada manfaatnya.

Tentu banyak dari sahabat ngopi yang sudah mengetahui kopi hitam mengandung kafein. Sebagian besar manfaat kopi bagi tubuh dilatarbelakangi adanya kafein pada kopi, apa sajakah itu?

1. Memperlambat Penurunan Fungsi Otak

Ada sebuah studi yang membandingkan kemampuan kognitif pada orang dewasa yang rutin mengonsumsi minuman mengandung kafein dengan yang tidak. 

Baca juga: Nama Latin Kopi Robusta (Coffea Canephora)

Hasilnya mereka yang mengonsumsi minuman mengandung kafein memiliki kemampuan kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak. 

Kita semua sudah tau, kopi hitam mengandung kafein, hal ini membuktikan bahwasanya kopi dengan kandungan kafeinnya dapat memperkecil resiko penurunan fungsi otak. 

Penyakit ini dikenal dengan sebutan Alzheimer. Seringkali menyerang orang lanjut usia.

Penyakit Alzheimer dapat menurunkan fungsi otak dalam mengingat sesuatu baik itu ingatan jangka pendek maupun jangka panjang. 

Saat ini, penelitian masih perlu dikembangkan kembali tentang saktinya kafein dalam mencegah penyakit Alzheimer ini.

2. Peningkatan Stamina Saat Workout

Manfaat kopi bagi tubuh juga dapat dilihat dari segi ketahanan fisik saat olahraga. Bahkan tidak jarang praktisi fitness seringkali menyarankan untuk mengonsumsi kopi sebelum melakukan workout baik itu yang bersifat kardio atau angkat beban.

Minum kopi 1-2 jam sebelum olah raga dapat meningkatkan ketahanan tubuh dalam menerima rasa sakit saat olahraga. Alhasil tubuh dapat melakukan olahraga dengan lebih produktif. 

Hal ini dapat terjadi karena kopi hitam mengandung kafein yang dapat memaksimalkan konversi lemak menjadi energi yang digunakan saat workout. 

Selain itu dapat juga dikarenakan produksi adrenalin yang dilatarbelakangi oleh kafein. Ini dapat mengoptimalkan aliran darah ke otot dan jantung. 

Sehingga saat kamu melakukan kegiatan seperti jogging misalnya, kamu dapat melakukannya dalam jangka yang lebih lama.

3. Kafein Dapat Menurunkan Berat Badan 

Meskipun belum terbukti sepenuhnya, namun saat ini sudah banyak produk-produk penurun berat badan yang memanfaatkan kafein dalam komposisinya.

Kafein dapat menurunkan nafsu makan seseorang. Dengan mengonsumsi kafein keinginan untuk makan dapat berkurang sehingga bisa menurunkan berat badan secara tidak langsung.

Tidak hanya itu saja loh, ada yang namanya proses thermogenesis yang dapat mengubah makanan menjadi panas tubuh dan juga sumber energi. 

Kopi hitam mengandung kafein, ini dapat dicoba untuk kamu yang mau menurunkan berat badan. Mungkin juga bisa dikombinasikan dengan olah raga kardio. 

Olahraga kardio bisa dilakukan dengan lari, bersepeda, melakukan olahraga seperti sepakbola, futsal, bulu tangkis, dan lain sebagainya. 

4. Kopi Mengurangi Risiko Diabetes Tipe II

Apa itu diabetes tipe II? Ini adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan. Kandungan gula ini seringkali diperoleh dari makanan berkarbohidrat tinggi.

Jika sudah parah, diabetes tipe II dapat menyebabkan anggota tubuh yang harus diamputasi. Namun, penyakit ini dapat dicegah dengan mengatur pola perilaku dalam mengonsumsi makanan. 

Dilansir dari dunia Ade Rai, cara untuk menstabilkan kadar gula darah dapat dilakukan melalui puasa atau menunda makan dengan mengatur jendela makanan. Tentunya dengan memilih makanan yang rendah gula.

Konsumsi kopi hitam mengandung kafein dapat mengurangi risiko diabetes tipe II. Ada sebuah penelitian yang menyatakan konsumsi kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe II sebesar 29%. 

Salah satu zat yang berperan dalam menstabilkan gula darah pada kopi hitam adalah kafein. Gula darah yang stabil dapat memperkecil risiko terserang diabetes tipe II. 

Tapi perlu diingat yang dimaksud kopi di sini adalah kopi hitam tanpa tambahan gula. Manfaat kopi bagi tubuh ternyata bisa sampai segitunya ya.

5. Mengurangi Risiko Kerusakan Hati

Kerusakan hati seringkali disebut dengan sirosis, salah satu penyebabnya adalah mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. 

Selain itu juga disebabkan oleh konsumsi makan berlemak secara berlebihan, seperti junkfood yang punya kandungan lemak tidak sedikit. Jadi buat kamu yang seringkali mengonsumsi junkfood bisa dikurangi ya.

Sebuah studi menunjukan adanya pengurangan risiko kerusakan hati sebesar lebih dari 80% terhadap mereka yang mengonsumsi kopi. 

Meskipun masih perlu tindak lanjut untuk pembuktian risetnya, namun ini merupakan kabar gembira bagi sahabat ngopi. Persentase tersebut digadang-gadang mampu mencegah kematian dini.

Hal ini dikarenakan kopi hitam mengandung kafein yang dapat memperlambat proses kerusakan pada organ hati pada manusia.

6. Kafein dapat Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Kanker tentu menjadi salah satu penyakit yang mematikan sampai saat ini. Namun, ada kabar bahwa kafein dapat memperkecil risiko penyakit kanker loh. 

Kanker ini ternyata ada bermacam-macam jenisnya yaitu Kanker kulit, kanker hati, kanker endometrium, kanker prostat, dan sebagainya.

Bahkan, ada kandungan lain yang terdapat pada kopi hitam yang dapat membantu menurunkan risiko terserang penyakit kanker, yaitu polifenol dan flavonoid. 

Konsumi kopi secara wajar akan dapat mengurangi risiko penyakit kanker, karena akan memberikan proteksi bagi sel di dalam tubuh kamu. 

Baca juga: 9 Perbedaan Pohon Kopi Arabika dan Robusta 

Apabila sel mengalami kerusakan ini dapat menyebabkan penyakit-penyakit yang berbahaya, salah satunya penyakit kanker. 

7. Mampu Menurunkan Sembelit

Kopi hitam mengandung kafein dapat memberikan efek diuretic yang membuat pengeluaran feses lebih lancar.

Hal ini juga telah dibuktikan melalui studi yang menyatakan setelah mengonsumsi kopi, kurang dari 5 menit seseorang akan merasakan rasa ingin BAB.

Perlu juga diketahui bahwa setiap orang berbeda-beda dalam mereaksi kafein sehingga perlu adanya kepekaan pada setiap individu masing-masing. 

Secara general konsumsi kafein yang dapat diterima tubuh tidak lebih dari 300 mg/hari. Tapi tetap saja setiap orang bisa berbeda. Kamu perlu mengetahui hal ini.

Nah, itu dia Manfaat Minum Kopi Setiap Hari ternyata bukan sekadar mitos ya. Sudah banyak riset yang menunjukan bahwa kopi hitam mengandung kafein dapat memberikan manfaat bagi tubuh. 

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-kafein/
https://www.alodokter.com/kafein-bisa-menjadi-sahabat-sehat
https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/perhatikan-beda-jenis-kopi-beda-pula-kandungan-kafeinnya
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Takaran Membuat Kopi Hitam yang Pas

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi semua, lagi cari informasi takaran membuat kopi hitam yang pas? Selamat, kamu berada di blog yang tepat. Bagi para pencinta kopi, takaran membuat kopi hitam tidak boleh dianggap sepele loh. Iya, karena inilah yang akan memperkaya cita rasa kopi hitam yang kamu buat.  Pada kesempatan kali ini segenap kru sepintaskopi.com akan membahas tuntas nih mengenai takaran membuat kopi hitam yang pas.  Nah, kami berharap semoga sedikit ulasan takaran membuat kopi hitam ini bisa membantu kamu, sahabat ngopi semua untuk menemukan rasa terbaik kopi hitammu ya. Takaran Membuat Kopi Kapal Api yang Pas Rasa kopi yang spesial akan dirasakan jika mempunyai takaran yang pas. Takaran membuat kopi kapal api juga harus diperhatikan dengan baik.  Baca juga :  Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak Lalu, apa berapa sih takaran membuat kopi kapal api yang akan menghasilkan rasa kopi yang spesial? Di sinilah jawabannya. 1. Takaran Kopi Kapal Api Takaran kopi

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m