Langsung ke konten utama

Kopi Luwak Hitam Jelmaan Emas Hasil Pencernaan Sang Musang

Minum Kopi Saat Batuk Pilek, Boleh Nggak Sih?

minum-kopi-saat-batuk-pilek


Sepintaskopi.comMinum kopi saat batuk pilek sebenarnya boleh nggak sih? Pasalnya, kopi kan termasuk minuman yang lebih dikenal disajikan dalam kondisi hangat. 

Kita tau saat sakit, kita butuh asupan minuman hangat, dan kopi merupakan salah satunya selain jahe, teh dan sebagainya. 

Apakah minum kopi saat batuk pilek bisa meredakan sakitnya? Nah, pertanyaan ini bakal kita bahas kali ini, supaya tidak ada lagi kebingungan yang selama ini menyita perhatian Masyarakat. 

Kopi termasuk minuman yang bisa dikonsumsi sewaktu dingin maupun panas. Jika kopi dikonsumsi dalam keadaan dingin akan mengurangi tingkat keasamannya sehingga lebih aman untuk yang punya asam lambung.

Jangan Minum Kopi Saat Batuk Pilek, Ini Alasannya

Memang kopi lebih dikenal sebagai minuman yang disajikan dalam keadaan panas. Namun, kita perlu tau nih sahabat ngopi kalau minum kopi saat batuk pilek sangat tidak disarankan.

Kopi merupakan minuman yang memiliki kandungan yang dapat memicu produksi air seni lebih banyak. Padahal saat pilek kita mengalami pengeluaran cairan yang lebih banyak dari biasanya. 

Baca juga: Lakukan Ini, Usaha Minuman Kopi dan Coklat Pasti Sukses

Pengeluaran cairan tersebut paling banyak melalui ingus yang dikeluarkan pada bagian hidung. Lalu, apa alasan lainnya kok tidak boleh minum kopi saat batuk pilek?

1. Minum Kopi Saat Batuk Pilek Berpotensi Bereaksi Terhadap Obat

Obat-obat yang diminum ketika sakit batuk pilek dapat bereaksi ketika seseorang minum kopi. Ini dikarenakan kandungan kafein pada kopi yang dapat memicu hal tersebut.

Misalnya saja pada jenis obat stimulan yang diresepkan maupun pada obat antibiotik. Untuk menghindari hal tersebut maka dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kopi terlebih dahulu.

Tidak lama kok, jadi puasa minum kopi dulu ya sampai tubuh sehat kembali. Demi kebaikan dan kesehatan jangka panjang harus bisa ditahan dulu ya minum kopinya.

Jadi inilah alasan selanjutnya kenapa minum kopi saat batuk pilek tidak diperbolehkan. Supaya obat yang diberikan tidak menimbulkan efek negatif pada tubuh kamu.

2. Minum Kopi Saat Batuk Pilek Dapat Menyebabkan Diare 

Kita semua pasti udah tau kalau kopi ini mempunyai efek diuretic yang dapat memicu saluran pencernaan mengeluarkan cairan lebih banyak baik melalui urin maupun melalui feses. 

Inilah yang harus dihindari, karena saat batuk pilek cairan yang dikeluarkan lebih banyak dari biasanya sehingga jika ditambah dengan konsumsi kopi hal ini akan memperparah keadaan.

Hindari minum kopi saat batuk pilek dapat mencegah dehidrasi pada tubuh. Justru konsumsilah minuman yang sifatnya memberikan kelembaban pada tubuh, sesederhana air putih.

Nah, selain air putih bisa juga mengonsumsi air kelapa muda yang dapat memberikan hidrasi pada tubuh, atau bisa juga minuman-minuman olah raga lainnya. 

3. Minum Kopi Saat Batuk Pilek Mempersulit Tidur

Saat sakit semua orang pasti memerlukan istirahat yang cukup bahkan lebih dari biasanya. Jika kita mengonsumsi kopi justru akan membuat susah untuk tidur karena kadar kafein pada kopi.

Agar bisa tidur dan istirahat cukup maka hindari terlebih dahulu meminum kopi saat sedang sakit termasuk batuk pilek. Istirahat yang cukup dapat mempercepat pemulihan tubuh. 

Sehingga istirahat menjadi faktor yang penting untuk diperhatikan. Sebisa mungkin tidur dalam jangka waktu yang cukup dan hindari begadang agar imunitas tubuh meningkat dan batuk pilek bisa mereda.

Secara psikologis minum kopi saat sakit juga diperparah dengan timbulnya perasaan gelisah sehingga mempersulit untuk tidur dengan tenang.

Nah, itulah kenapa minum kopi saat batuk pilek sangat tidak dianjurkan. Lalu, selain batuk pilek apalagi ya sakit yang tidak boleh minum kopi.

Sakit yang Tidak Boleh Minum Kopi, Ada Apa Aja Ya?

Ternyata tidak hanya batuk pilek saja loh ya, ada yang lainnya juga. Padahal kopi ini merupakan minuman primadona bagi para kaum muda saat ini.

Tapi kalau kamu lagi sakit seperti yang akan sepintaskopi.com sebutkan, sebaiknya dihindari dulu ya. Tunggu sampai sembuh, baru deh bisa minum kopi lagi.

Nah, ini dia sakit yang tidak boleh minum kopi dari sepintaskopi.com.

1. Covid-19

Covid dapat tersebar karena paparan droplet dari penderita covid itu sendiri. Untuk gejala ringan covid dapat sembuh dalam hitungan 2-4 minggu. 

Selalu disarankan saat terkena covid, setiap orang harus melakukan isolasi, baik secara mandiri maupun terpusat. Ini berguna untuk memotong rantai penyebaran covid itu sendiri.

Bagi penderita covid-19 sebenarnya masih boleh mengonsumsi kopi asal tidak berlebihan. Namun, sebaiknya dihindari dulu jika kamu termasuk pengonsumsi kopi manis. 

Penambahan gula terlalu berlebihan di kopi justru akan memperlambat proses untuk meredakan batuk yang kamu alami. Apalagi penambahan es batu juga ikut memperparahnya.

2. Diare

Diare disebabkan oleh bakteri yang secara tidak sengaja masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan yang dikonsumsi. 

Higienitas makanan menjadi salah satu kunci untuk menghindari diare. Selain itu juga bisa dikarenakan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas.

Akibat dari diare itu sendiri adalah frekuensi buang air besar menjadi lebih sering dari sebelumnya. Selain itu bentuk feses juga cenderung lebih cari dari sebelumnya.

Seperti topik minum kopi saat batuk pilek, kopi memberikan efek diuretik yang dapat membuat produksi feses berbentuk cair lebih banyak keluar.


Tentunya mengonsumsi kopi saat diare justru memperparah keadaan sehingga minum kopi saat diare sangat tidak dianjurkan. Sebisa mungkin dihindari terlebih dahulu deh minum kopinya.

3. Maag

Maag adalah penyakit yang menyerang bagian lambung akibat produksi asam lambung yang berlebihan. Maag bisa terjadi karena faktor psikologis maupun juga dari ketidak teraturan pola makan.

Selain itu sakit maag juga dapat terjadi karena efek penggunaan obat ya sahabat ngopi. Kalau kopi sendiri bisa juga menimbulkan maag karena kandungan kafeinnya.

Selain memicu produksi asam lambung, mengonsumsi kopi juga dapat menyebabkan risiko peradangan pada lambung. 

Kandungan kafein pada kopi dapat memicu produksi asam lambung yang dapat memicu terjadinya maag. Jadi saat kamu terkena maag dan malah mengonsumsi kopi. 

Hal itu justru membuat maag kamu semakin parah. Oleh karena itu menghindari kopi saat maag sangat dianjurkan karena dapat mencegah maag bertambah parah.

4. Insomnia

Ini merupakan sebuah kondisi dimana seseorang sulit untuk tidur. Hal ini dapat menyebabkan seseorang kehilangan produktivitasnya. 

Tidak hanya itu saja, insomnia juga akan membuat kesehatan penderitanya terganggu. Sebab istirahat yang cukup membantu tubuh tetap sehat.

Kita tau bahwa kopi dapat membuat kita terjaga setelah meminumnya. Sedangkan insomnia adalah kondisi di mana seseorang kesulitan untuk tidur sehingga dia terjaga sepanjang waktu.

Baca juga: Waralaba Roti Kupi, Sudah Ada Dimana Saja?

Apabila kamu insomnia dan mengonsumsi kopi, hal ini dapat memperparah insomnia yang kamu alami. Sehingga sangat dianjurkan untuk menghindari kopi saat insomnia.

Meskipun kopi perlu dihindari saat sakit di atas, namun kopi juga punya banyak manfaat loh. Salah satunya untuk meningkatkan konsentrasi dan energi, jadi saat kamu sehat jangan lupa minum kopi ya.

Itu dia, semua hal tentang sakit yang tidak boleh minum kopi dan dampak dari minum kopi saat batuk pilek. Bagaimana, semoga ini dapat membantu ya.

Sumber:

https://www.alodokter.com/
https://hellosehat.com/
https://www.halodoc.com/






Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintas Kopi

Ide nama cafe dan artinya, Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Lagi cari ide nama cafe dan artinya. Di sinilah tempat yang tepat untuk para sahabat ngopi semua. Ada sebuah ungkapan nama adalah doa, maka pemberian nama tidak boleh sembarangan ya. Kali ini sepintaskopi.com akan menyajikan dan merekomendasikan 10 ide nama cafe dan artinya spesial untuk kamu. Semoga saja bisa membantu kamu yang sudah punya niat untuk membuka usaha dan bisnis kopi . 10 Ide Nama Cafe Dan Artinya Rekomendasi Sepintaskopi.com Nama cafe bisa menjadi brand yang menjual nantinya, untuk itu perlu dipikirkan dengan baik. Sahabat ngopi bisa coba menggunakan nama-nama cafe berikut ini. 1. Arion Cafe Resto And Bar Ide nama cafe ini cukup mudah diingat meskipun menggunakan bahasa asing. Arti dari arion adalah memesona.  Harapannya para pengunjung bisa terpesona dengan berbagai sajian dan pelayanan di kedai kopi kamu atau bisnis kopi apapun yang kamu jalani. Baca juga :  Best Seller Kopi Kenangan, Menu Terfavorit Di

Takaran Membuat Kopi Hitam yang Pas

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Halo sahabat ngopi semua, lagi cari informasi takaran membuat kopi hitam yang pas? Selamat, kamu berada di blog yang tepat. Bagi para pencinta kopi, takaran membuat kopi hitam tidak boleh dianggap sepele loh. Iya, karena inilah yang akan memperkaya cita rasa kopi hitam yang kamu buat.  Pada kesempatan kali ini segenap kru sepintaskopi.com akan membahas tuntas nih mengenai takaran membuat kopi hitam yang pas.  Nah, kami berharap semoga sedikit ulasan takaran membuat kopi hitam ini bisa membantu kamu, sahabat ngopi semua untuk menemukan rasa terbaik kopi hitammu ya. Takaran Membuat Kopi Kapal Api yang Pas Rasa kopi yang spesial akan dirasakan jika mempunyai takaran yang pas. Takaran membuat kopi kapal api juga harus diperhatikan dengan baik.  Baca juga :  Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak Lalu, apa berapa sih takaran membuat kopi kapal api yang akan menghasilkan rasa kopi yang spesial? Di sinilah jawabannya. 1. Takaran Kopi Kapal Api Takaran kopi

Cara Buat Kopi Hitam Yang Pas Dan Mantap Pastinya

Gambar oleh Canva Sepintaskopi.com - Cara buat kopi hitam yang pas pasti berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang suka kopi hitam tanpa gula, ada yang suka kopi hitam pakai gula, ada juga yang suka kopi hitam pake susu.  Sahabat ngopi, semua orang mempunyai caranya masing-masing untuk menikmati secangkir kopi hitam . Pada dasarnya cara buat kopi hitam yang pas sangat tergantung dari selera sahabat ngopi semua. Namun, sekarang ini sepintaskopi.com mencoba untuk menguraikan secara sederhana cara buat kopi hitam yang pas versi kami. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi buat sahabat ngopi semua ya. 5 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Pas Jika ingin menikmati secangkir kopi hitam yang mantap maka perlu tau juga apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuatnya. Alat-alat yang dibutuhkan adalah cangkir, sendok, panci, alat penyaring, dan grinder. Baca juga :  Cara Bikin Kopi Hitam yang Enak Selain peralatan maka dibutuhkan juga bahan yang meliputi kopi (bisa kopi bubuk atau biji kopi), air m